iklan

Rabu, 30 Januari 2019

BacaanFit#5: Yang Fana adalah Waktu

Jadi,novel yang fana adalah waktu adalah novel ketiga dari trilogi Hujan Bulan Juni Karya seorang guru besar Sapardi Djoko Darmono. Ini novel terakhir berarti ya. Dan fyi, aku belum baca 2 Buku sebelumnya, yaitu Hujan Bulan Juni dan Pingkan Melipat Jarak. Sudah nonton filmnya? Belum juga. Belakangan aku jarang main ke bioskop, tapi aku tahu kalau yang memerankan Sarwono itu Adipati Dolken dan yang memerankan Pingkan itu Velove.  Cukup sepertinya. Hehe

Belum baca novel pertama dan kedua serta ga nonton filmnya,jadi apa yang membuatku memutuskan beli novel ini. Siapa sih yang ga akan jatuh hati dengan cover Buku yang sederhana ini? Dan judulnya? Kayak "if you're a piece of wood, I'd nail you to the floor".

Novel ini bakal menjungkir-balikkan persepsi Selama ini kalau baca novel. Biasanya ada banyak Tanya (") untuk menandakan percakapan biar tulisannya jadi panjang. Oleh Bapak sapardi ini malah diceritakan dalam satu paragraf dengan tulisan miring untuk obrolannya. Singkat, padat dan jelas, kayak bimbingan skripsi. 

Obrolan lain juga anti mainstream. Seperti obrolan di telpon, di email, di twitter, tapi ajaibnya bakalan cepat dimengerti media obrolannya dan siapa yang tengah berbicara. Alur ceritanya ngalir, dan bahkan bisa ngerti apa isi di novel pertama dan keduanya. Tapi sebaiknya aku Harus beli juga novel pertama dan keduanya.

Cerita ini masih fokus soal pingkan, sarwono, katsuo dan noriko. Hubungan mereka rumit, tapi dikisahkan dengan sangat cair. Buku ini enak banget. Dan mungkin ini adalah ndilalah iku kersaning Allah aku menjatuhkan pilihan bacaan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar