iklan

Sabtu, 23 Maret 2019

Rammang-Rammang

Beberapa tahun belakangan ini, aku sering ngelihat temenku upload foto di IG,tentang rammang-rammang. Fotonya tebing nan menjulang tinggi. Jadi di pikiranku rammang-rammang itu ya gitu. Sampai akhirnya aku punya kesempatan untuk datang sendiri ke tempat itu. Ternyata oh ternyata rammang-rammang itu suatu tempat di pegunungan karts a.k.a kapur. Tapi ga kayak gunung kapur di Gorontalo. Beda banget.



Sebelum cerita lebih jauh. Rammang- rammang itu Ada di Maros, sulawesi selatan. Cara kesananya, via darat dulu terus dilanjutkan pake perahu. Kemarin aku nginep di dekat mesjid raya makassar, kalau naik taksi online, tarifnya Rp 190.000,-. Ini sungguh melukai dompet missqueen aku. Ya kali, harga sekali jalannya sama kayak harga penginapan aku semalam. Ya cara murah meriah pilihanku, ya naik Pete-pete a.k.a mikro a.k.a angkot. Murah meriah meski ga efisien waktunya. Bayangin bedanya banyak bangetttttt. Pake Pete-Pete cuma Abis Rp 15.000,- sampe Rp 20.000,- lama, lama dah bodo' amat, yang penting murah.


Jadi, naik Pete-Pete nih ambil yang ke terminal Daya. Kalau pas naik, sebutin aja "Daya", ga usah pake terminal. Biar supirnya tau kalau Kamu anak lokal. Pas waktu aku sih nyebutin terminal daya, trus nyesel karena yang berikutnya ibu-ibunya nyebutin Daya doang. Lamaaaaa banget baru nyampe ke terminal, dalam terminal. Dan aku kecewa pemirsa ketika nyampe di terminalnya, ya Allah, kamu ga bakalan nyangka itu terminal, sepiiiiiiiiiii... Ada sih Mobil Mobil ngetem, tapi kayak ga beroperasi gitu terminalnya. Jadi aku keluar dong. SARAN: kalau naik Pete-Pete ga usah masuk terminalnya. Tahu terminalnya dari mana? Selama mobilnya jalan lurus, trus kemudian belok kiri masuk dalam, buruan bilang "kiri" deh, biar ga bablas sampe dalam terminalnya.

Kembali ke ceritaku. Udah depan terminal kan, tiba-tiba si Bapak angkot yang aku dan ririn tumpangin dari mesjid raya itu berhenti di depan kami berdua. Nanyain tujuan Kami berdua kemana sebenarnya. Bilanglah kalau pangkep. Kan emang kalau ke rammang-rammang pake Pete-Pete tuh ga bisa langsung, mesti 2x Pindah Pete-Pete. Bapaknya langsung bilang ayo naik. Naik dong kita berdua. Dianterin dong sama bapaknya ke angkot Arah pangkep yang udah siap berangkat. Bapaknya ga mau di bayar Lagi, cuma Rp5000 yang pas turun di terminal tadi doang. Makasih Bapak ya.

Udah nih, Pindah ke Pete-Pete yang arah pangkep. Ditanyain kan mau turun dimana. Bilang dong, mau ke rammang-rammang, bapaknya ngangguk aja. Nah ini lebih gila Lagi jauhnya daripada Pete-Pete yang pertama. Eh, ga taunya kita dianterin sampe ke pertigaan antara dermaga 1 dan dermaga 2 rammang-rammang. Padahal itu bukan jalanan umum buat Pete-Pete. Biasanya diturunin pas di jalan mau masuk, kami berdua dianterin dong. Bayarnya Rp 15.000/orang. Keberuntungan kedua.

Nah udah sampe kan nih di dermaga. Masalahnya adalah dermaga mana yang Harus Kami datangi? Dermaga 1 jaraknya tinggal 50m. Dermaga 2, 2km. Ya kami milih yang 50m lah. Siapa juga yang mau jalan kaki 2km kalau ada yang dekat. 

Udah nih, nyampe di dermaga 1. Ga usah nawar harga naik perahunya. Harganya udah segitu, kalau 1-4 orang bayarnya Rp 200.000,-. Ga dikurangin barang seribu. Karena kami cuma berdua jatuhnya Rp 100.000,-/orang kan. Duh, jiwa ogah rugiku muncul. Aturannya dari dermaga 1/2 itu kita dianterin ke dermaga 3, jalan-jalan disana. Ada beberapa tempat disana, tapi kita merasa kurang, bilangnya nanti mampir kesini ya, ke situ ya. Deal udah nih, mau dianterin sama namanya Kak Rusli, yang sepanjang trip kami panggil bapak, padahal mah kayaknya dia belum bapak-bapak. Haha.


Mulailah perjalanan naik kapal menuju rammang-rammang. Rasanya kayak ngusurin sungai di kalimantan. Kiri kanan banyak pohon, dan ada Monyetnya juga. Sibuk foto-fotolah kita, udah ga peduli sama matahari yang Lagi gila banget diatas. 

Sampailah di rammang-rammang. Udah ga bayar? Jangan sedih pemirsa. Ada tiket masuknya Lagi Rp 5.000,-/ orang. Dannnnn...rammang-rammang itu guedeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee banget tempatnya. Jadi antara 1 tempat dan tempat lainnya tuh jaraknya jauh. Kudu nyusurin sawah, naik turun bukit. Aturannya tuh kalau masuk rammang-rammang ke gua berlian terus muter ke batu kingkong trus balik. Apalah, ke batu kingkong aja kita udah kecapean banget. Seenggaknya masuk gua ya, ga cuma gunung karts-nya yang di foto. Dih, segitu aja bangga.

 




Nah udah kan. Segitu udah capek. Keluar dong dari rammang-rammang situ. Tapi dasar jiwa missqueen yang ga mau rugi, kita mampir ke telaga bidadari. Gratis? Ya gak lah. Bayar Lagi Rp 5.000,-/orang, trus masuk dalam naik naik masuk gua segala. Ditemenin kak Rusli lah, gila aja berdua cewek disuruh ke dalam-dalam gitu. Ngeri kali. 




Abis itu pas ditawarin mampir ke cafe yang sempat di pake buat shouting the naked traveler, kami berdua kompak menolak, padahal ya ga begitu perahu disandarkan ya udah cafe. Tapi Kami berdua terlalu lelah. 

Tiba-tiba kak Rusli menawarkan diri untuk nganterin kami sampe ke Jembatan biar ga susah nyari Pete-Pete-nya balik ke makassar. Ya siapa yang nolak. Maka dermaga 1 terlewati, dan jauuuuuhhhh kesana Lagi sampai akhirnya nyampe di dekat jembatan yang katanya mau dijadiin dermaga tapi belum atau bahkan ga bakalan diteruskan. Bayarnya nambah? Jangan sedih pemirsa. Ini keberuntungan Kami yang ketiga hari itu, bayarnya cukup Rp 200.000,- susuai kesepakatan awal.  Jadi, sekiranya kalau ada yang mau ke rammang-rammang bisa ngehubungin kak Rusli. Nomornya 085338464609.


Jadi Saran aku kalau mau ke rammang-rammang dengan cara hemat, naik Pete-pete aja tsay dan hubungin kak rusli. Oh iya, sama datang pagi biar bisa banyak tempat yang didatangi. Bawa air juga. Biar ga dehidrasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar