iklan

Kamis, 12 Mei 2016

Solo backpacker ke Bangka Belitung

Wohoooo...

Jadi ceritanya aku habis liburan nih. Sombong dikit sah-sah aja kan. Solo traveling. Backpackeran! Tujuannya kemana? Babel a.k.a Bangka Belitung. Itu tuh kampungnya orang-orang hebat, Andrea Hirata, Ahok, dan Yusril Mahendra (ini yang terakhir aku tahunya dari obrolan di warung kopi sama bapak-bapak warga setempat)

Ceritanya nih, liburan ini udah lama banget direncanain, tapi karena duit aku yang terbatas, jadinya berkunjung dan lihat sendiri negeri Laskar pelangi tuh kayaknya jauh banget kayak jarak bumi ke bulan. Tapi, apa sih yang ga bisa? Orang-orang juga udah bolak-balik Bulan, masak iya mimpiku yang pengen lihat sendiri Sekolah muhamadiyah Gantong (ini nulisnya aja aku udah berkaca-kaca karena di otak kebayang udah gimana perjuangan ikal, lintang sama mahar), pantai legendaris dengan batu-batu super duper besar itu, pokoknya yang berbau-berbau LASKAR PELANGI-lah judulnya, akhirnya dengan modal ‘NEKAT’ dan izin ibu sama bapak udah berangkat-lah aku ke Bangka dan Belitung.

Aku dari Manado ke jakarta, nginep semalam di daerah tanggerang, tempat temen, dan pagi-pagi berangkatlah ke Bangka. Macet macetan di tengah gerimis mengandalkan GPS karena temenku ga ngerti cara ke bandara tuh gimana. Pokoknya yang penting hemat biayalah, aku sih nyasar malah seneng. Haha. Kan mencari tersesat.

Nyampe Bangka. Blank langsung. Karena aku mengandalkan blog-blog backpacker yang ngasih info maha lengkap soal perjalanan backpacker mereka ke bangka dan belitung. Pokoknya petunjuknya Masjid Jamik. Jamik ya, bukan Jami. Karena begitu keluar dari bandara, jalan kaki aja yah, bakal ada masjid, dan namanya masjid jami. Aku sholat disitu, minta petunjuk, nanya orang juga sih, tapi orangnya yang aku tanyain ga ngerti juga. haha.

Akhirnya Bismillah aja, naik angkot warna kuning, nomornya bodo’, yang penting warna kuning aja. Pas nyegat angkot warna kuning, angkotnya kosong, dan nanyalah ‘masjid jamik ya pak’, naik sambil baca bismillah, duduk deket pintu, ransel ga dilepas biar kalau kenapa-kenapa aku bisa loncat langsung. Haha, parno aku dibawa kabur angkot, kan ga lucu niatnya liburan malah berakhir yang... amit amit jabang bayi (getok-getok meja).

Bapaknya kemudian nanya-nanya aku tuh dari mana, mau apa, ya makin parno-lah aku, tapi alhamdulillah dianterin sampe masjid jamik juga. depannya.

Masalah selanjutnya, penginapan... Penginapan Srikandi kalau kata blog yang murah. Tapi arah mananya masjid coba? Bingung lagi aku, mana haus pula. Eh aku lihat apotik, masuklah situ, beli vit c sama air mineral, hahaha...ini apalah coba hubungannya sama nyari penginapan srikandi? Keluar dari apotik, kepikiran untuk jalan ke arah kiri. Jalan, ga terlalu jauh lihat ada nama ‘PENGINAPAN MELATI’ di kaca. Masuklah udah, penginapan srikandi terlupakan sudah. Bismillah ajalah. Disambut sama cowok, lihat-lihat list harga kamar, dan aku awalnya lihat yang Rp 65.000,- yang single bad, tapi sama si cowoknya malah bilang gini, ada yang Rp 55.000,-. Wih, langsung bahagia aku, pas ditunjukin kamarnya langsung Oke, seprainya warna ijo, nyaman kayaknya dan yang penting kamar mandi dalam. Langsung aku ambil deh, kan Cuma semalam ini. 





Sama langsung nanya motor, cowoknya nanya mau kemana emang? Aku jawabnya main, cowoknya kelihatan agak ragu gitu ngeri kali motornya dibawa kabur, terus nanya emang ngerti jalannya, ya aku dengan enteng jawabnya tenang ada GPS. Dan setelah mengambil ktpku sebagai jaminan karena takut mungkin motornya dibawa kabur, dikasih-lah kunci motornya sekalian kunci kamar. Dan aku? Masuk kamar dan ngechars HP biar hp-nya bisa dipake buat petunjuk ke arah mainnya.

Jam 3-an aku keluar penginapan, dilihatin si cowok penjaga penginapan dengan tatapan seakan-akan dia bakalan berpisah selamanya sama motornya, dan aku mulai petualangan menuju Pantai Tanjung Pesona. 1 jam lebih perjalanan dengan nyasar berkali-kali, nanya ratusan kali, gerimis mengiring akhirnya aku malah terdampar di pulau yang aku tak tahu apa namanya, pokoknya ada klenteng di atasnya. 

Setelah searching ternyata nama pantainya ‘PANTAI TIKUS’, mungkin karena ini pantainya agak masuk-masuk, parkirnya sembarangan, aku sampe berkali-kali mastiin motornya aku kunci karena takut dibawa maling, foto-foto (selfie pasti karena ga ada yang bisa dimintai tolong), 


Batu-batu di pantai Tikus

Pantai tikus

dan akhirnya naik ke klenteng, yang belakangan aku tahu namanya klenteng saolin padahal tulisannya tuh Puri Tri Agung. Foto-foto lagi, dan pulang. aku udah bayangin perjalanan pulang 1jam lebih lagi dan ngeri nyampe malam ke penginapan. 






Puri Tri Agung

penampakan pulau tikus dari klenteng saolin

Tapi alhamdulillah, pas adzan magrib aku nyampe penginapan, dan si cowok penjaga penginapan menyambut dengan tatapan kangen karena lama tak berjumpa...dengan motornya tentu saja. Biaya sewanya Rp 30.000,- lumayanlah ya.

Malamnya aku minta dianterin sama si cowok penginapan. Namanya Yudo yah karena akhirnya kami kenalan. Tempatnya deket, cukup jalan kaki, kalau ga ngerti, minta anterin Yudo aja, asal pastiin kamu nginep di Penginapan Melati, dan akhirnya aku tahu dimana Penginapan Srikandi itu, pas di depan tempat pembelian tiket jetfoil. Harga tiketnya Rp 140.000,- di tambah asuransi Rp 2.000,-. FYI, aku akhirnya beli tiket yang hari kamis, padahal penginapanku di belitung udah di bayar check in hari rabu. Waktu itu jetfoilnya dari Bangka ke Belitung Cuma ada hari Senin, Kamis dan Sabtu, sedangkan dari Belitung ke bangka jetfoilnya Cuma di hari Rabu,Jumat dan Minggu. Jetfoil-nya off hari selasa, cocok sama isi blog. Yang ga cocok tuh mereka ga ngasih info kalau jetfoilnya Cuma berangkat hari-hari tertentu, Tapi sama si bapak penjual tiketnya bilang kalau mulai tanggal 4 Mei 2016, udah ngelayanin PP kok jetfoilnya. Ga lagi sekali berangkat kayak yang pas aku. Padahal udah dipas-pasin harinya biar ga selasa berangkat dari bangkanya, eh malah ditunda sehari.

Sampe penginapan aku pusing, dan bikin pusing yudo. Dia nasehatin, kenapa ga naik pesawat aja kalau ngejar penginapan. Mungkin muka-ku udah ngasihanin banget sampe-sampe Yudo-nya ikutan pusing juga aku yang ga make mikir langsung beli tiketnya. Pusing pusing berdua, akhirnya nelpon penginapan di belitung, dan ibunya baik banget bilang kalau gak apa-apa masuknya hari kamis, dan ga batal kok.

Udah aman, aku masih punya sehari berarti di Bangka. Ngapain? Main pasti. Ngobrol sama Yudo, dan dia entah karena ngeri motornya aku bawa kabur, dia nawarin diri nganterin aku ke pantai-pantai di Sungai Liat pas dia shiftnya Off. Dan malam itu, sebelum minta tolong dianterin nyari otak-otak aku juga ditunjukin arah ke museum timah dan sedikit ngeliat alun-alun kota Belitung.

Karena masih ke pasar pagi, alun-alun dan nunjukin arah akhirnya nyari otak-otaknya telat dan hampir tutup. Tapi gak apa-apalah, enak juga rasanya.

Anw, info nomor penginapan melati-nya 0717424419. Penginapannya bersih, penjaganya baik dan ramah, kamar mandinya dalam, nyaman juga, jadi recomended lah buat backpacker cewek sendiri.

 

11 komentar:

  1. Salam kenal mbak.. Seru juga petualangannya, tapi masih kurang lengkap, ga dicantumin tip/biaya utk yudo yg jd guide selama di belitung brp ya mbak? Sy jg pengen ke belitung(nabung dulu, hehehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg mba. Yudo ga dikasih tip mba. Diajakin makan aja ga mau.
      Semoga tabungannya cepat terkumpul ya mba.

      Hapus
  2. Nice info nih..kebetulan mo solo travelling ke belitung agustus ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga perjalanannya lancar ya. Have fun di Bangka belitungnya

      Hapus
  3. Inspiratif bgt. Sdh lama pengen jalan2 ke Belitung sendirian. Mudahan ntar terlaksana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinn. Jgn lupa ke danau kaolinnya,ga kalah bagus sama danau cempaka

      Hapus
  4. kalau buat 10 orang mau gk ya dianya takutnya gk ada motor kisaran kyk gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau sepertinya mas. Dibicarakan aja sama Yudo. Orangnya baik banget dan senang membantu kok. Pasti dicariin motor klo di tempatnya ga ada

      Hapus
  5. Nice info nih. Ke BaBel solo backpacker berarti aman nih yah, apalgi buat perempuan. Thx mba infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman insyaallah. Orang2 babel senang membantu kok. Sama2, senang bisa membantu

      Hapus
  6. Yuk liburan ke belitung bersama kami.. Cek website resmi kami
    Http://belitungorangesky.com
    Whatsapp : 081995555653

    BalasHapus