iklan

Sabtu, 30 Januari 2016

Tugu Pers Mendur

Kali ini saya main ke Tugu Pers Mendur.


Tempat ini berada di pinggir jalan, akan mudah ditemui meski tidak mencari. Hehe, saking gampangnya ditemuin.

Tempat ini saya lihat ketika (lagi-lagi) lewat saat menuju manado. Letaknya tepat di sebelah pom bensin kawangkoan. Tidak terlalu besar, tapi patung berwarna cokelat itu seperti memanggil-manggil dan mengucapkan selamat datang ketika berada disana.

Tug Pers mendur ini sudah diresmikan oleh Presiden kita, Bapak Susilo Bambang Yudhono tanggal 11 Februari 2013. Sudah cukup lama ternyata.




Dibangunan kecil ini ada tugu pers dan sebuah rumah kecil berlantai dua, yang isinya adalah foto-foto saat jaman peperangan dulu. Foto-foto bernuansa hitam putih ini selaras dengan rumah yang menaunginya yang juga berkesan kuno.

Menurut orang yang jaga disitu, tempat ini tidak pernah tutup, pagarnya juga kecil dan selalu terbuka untuk siapa saja. Toh tidak ada yang akan hilang, dan semoga tidak akan ada tangan jahil yang dengan sengaja mengabadikan namanya disana. Entah kenapa ada budaya kita yang wajib sekali menuliskan nama dan tanggal kedatangan di suatu benda sebagai pengukuhan kalau kita pernah disan, tidak tahu kah kalian itu kalau itu tindakan vandalisme? Tapi untung saja di tugu pers mendur yang kecil tapi sarat nilai historis ini tempatnya masih terjaga bersih. Semoga akan terus seperti itu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar