iklan

Minggu, 16 Desember 2018

OpiniFit#9: Alasan kenapa aku ga nikah-nikah sampai sekarang

Well,ini pembahasan yang cukup sensitif untuk ku. Lebih-lebih di usiaku. 

Pembahasan ini sudah teramat sangat sering dibahas. Kalau aku tidak salah ingat, sejak 2010. Ketika aku wisuda dari UNG. Teman-temanku bahkan sejak aku SMP udah ada yang nikah. Aku? Alhamdulillah sampai hari ini belum nikah. Hehe.

Suatu ketika, aku sedang bersama Bapak di Mobil. Kalau tidak salah di perjalanan pulang dari toko. Ada salah satu temanku yang nelpon, pembicaraan di telpon itu tentang temanku yang mau nikah. Selesai telpon Bapak bilang "Kamu jangan buru-buru nikah, cobain banyak hal dulu, kejar hal yang pengen Kamu kejar. Kalau Kamu buru-buru nikah, Kamu ga bisa nikmatin semua hal itu". Padahal itu aku umurnya udah 22 tahun loh. Umur dimana orang lain udah khawatir anaknya kok ga kelihatan tanda-tanda mau nikah, bawa pacar ke acara keluarga Aja ga. Padahal adek-adek sepupunya udah gonta-ganti pacar.

Tapi,bukan karena ada izin untuk tidak nikah dulu makanya aku belum nikah-nikah sampai hari ini. Aku sangat menikmati hidupku yang bebas. Asli. Ketakutan terbesarku untuk nikah adalah, jika hobi travelling-ku tiba-tiba hilang. 

Lagipula, nikah itu menurutku bukan soal aku sayang Kamu, Kamu sayang aku, mari kita nikah dan membangun keluarga. It's not simple as that. Nikah itu menurutku Ibadah paling panjang semasa hidup. Ga cuma soal urusan selangkangan. Nikah itu sama sekali bukan solusi. Nikah itu awal segala permasalahan. Eits...jangan protes. Kujabarkan kenapa aku bilang Nikah itu awal segala permasalahan. Berapa kali Kamu dengar kalau suami istri berantem terus ngomong "kalau tahu gini,aku ga Nikah sama Kamu!!!". Yaallah, asli...aku ga pengen sama sekali Denger ini,atau ngucapin ini ketika aku Nikah nanti. Nikah itu sekali Lagi,bukan soal senang-senang. Bukan soal bisa bobo bareng. Nikah itu berarti banyak hal yang Harus Kamu hadapi bareng. Tentang kompromi bersama. Jadi, kalau sudah siap Nikah, berarti sudah siap Bahwa suatu hari nanti (dan itu pasti) kalian bakalan berantem, tapi ga berarti menyesal sudah Nikah. 

Akad Nikah itu bukan cuma urusan restu walinya si perempuan. Hei..itu janji Kamu sama Tuhan loh. TUHAN. Waktu pas cinta-cintanya aja bilang bakalan ada terus. Kenyataannya, begitu ngerasa sudah dikit, buru-buru mau angkat kaki.

Duh..otak aku kalau ditanyain soal Nikah itu banyak indikatornya. Kalau dijabarin dari A-Z. Kenapa bisa gitu? Karena aku ga mau nanti Nikah, baru berapa tahun udah pisah, udah bongkar-bongkar aib. Pas ena ena aja seneng.

selain aku mau pernikahan aku bakalan bertahan lama, insyaallah kayak pernikahan ibu dan bapakku, jadi ya aku milih-milih lah. kalau ada yang bilang, kamu sih milih-milih. Beli sendal aja milih-milih tsay, mana yang pas dan nyaman, ini milih teman hidup loh, teman suka dan duka, ya masa' iya asal comot.

Nikah itu menurutku satu perkara besar. Maka aku harus siap secara mental. dan calonku juga harus siap secara mental. Harus mapan? ga juga. Rezeki udah ada yang ngatur. Ga usah terlalu ngekhawatirin itu. yang penting 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar