iklan

Minggu, 19 Januari 2020

Mengurus Umroh Sendiri

Beberapa waktu yang lalu, Allah ngasih rezeki yang banyak sekali sampai akhirnya aku bisa mengurus Umroh. Hehe, click bait banget ya. Tapi beneran aku ngurus umroh sih, meski bukan aku yang pergi. Ibu dan Bapak.

Iyap... Ibu sudah lamaaaaaaa sekali ingin pergi umroh, uangnya sudah lama sekali disimpan untuk mimpinya itu. Tapi ibu ga mau pergi sendiri. Mau sama bapak. Tapi bapak suka bilang belum ada waktu dan rezekinya. Hingga pada November akhir, tiba-tiba Bapak bilang, ayo pergi di Januari 2020. Mepet memang.

Kebetulan ada kenalan yang emang ngurusin Umrah gitu. Sistemnya mirip abu tour gitu-lah. Tapi ini kenalan. Aku segera ngehubungin, dan Kadarullah, ada jadwal yang emang berangkatnya di awal Januari. Mulailah aku sibuk-sibuk ngurusin semuanya.

Pertama, setelah kita bayar booking seat, nanti kantornya bakalan langsung ngirimin koper sama surat rekomendasinya. Nah surat rekomendasinya tuh buat Kementrian agama dan Kantor Imigrasi. Fyi, ibu dan bapak belum punya passport. Jadi otomatis harus bikin yang baru kan? Nah disinilah letak kesibukanku dimulai.

Biar dapat surat rekomendasi dari Kementrian untuk dibawa ke Imigrasi, kita harus menyiapan berkas berupa:

1.      Fotocopy KK

2.      Fotocopy KTP

3.      Fotocopy buku nikah/ akta kelahiran

Nah, poin 3 ini yang kemudian menjadi masalah buatku. Ibu dan Bapak sudah tidak punya akta kelahiran. Hilang ketika banjir gede jaman aku masih kecil. Buku nikah? Adaaaa sih, tapi datanya salah-salah. Ya Allah, aku entah berapa puluh kali bolak balik di catatan sipil demi melengkapi berkas ini, hingga akhirnya akta kelahiran baru ibu dan bapakpun keluar.

Setelah ketiga berkas ini namanya sama semua, akhirnya keluarlah surat rekomendasi dari kementriannya. Sampai satpam kementrian hapal aku saking seringnya aku ngisi buku tamu. Haha.

Udah nih beres di kementrian, tinggal ke Imigrasi. Datanglah aku nemenin ibu dan bapak ke Imigrasi. Jadi sekarang tuh ternyata harus daftar online dulu dong, ngantri online gitu. Jadi nanti dikasih tahu kalau kapan kita harusnya datang. Kebetulan lagi ada kuotanya, jadi bisa langsung hari itu. Beres urusan itu, bayarnya Rp 350.000,-, bisa langsung bayar di mobil pos yang ada di depan kementrian. Dulu pas aku bikin passport harus nyari bank dulu. Sekarang sudah lebih praktis. Seperti biasa, passport bakalan keluar 3 hari setelah pembayaran.

Maka singkat cerita, 3 hari setelah pembuatan. Ibu dan Bapak pergi sendiri untuk mengambil passport, sekalian mau suntik meningitis. Kartu kuning (tanda kita sudah suntik meningitis) ini penting, karena ini adalah salah satu syaratnya. Nah, ternyata suntik meningitis ini juga harus daftar online dulu. Mampus, ibu dan bapak ga bisa yang kayak gitu. Aku rasanya pengen nangis karena ga ikut ibu dan bapak ngurus itu. Aku harus jaga toko soalnya. Tapi Alhamdulillah petugasnya (kata ibu) yang bantuin, sampai akhirnya kartu kuningnya keluar. Sehari aja bikinnya.

Nah udah semua nih. Tinggal ngirim data-nya aja ke kantor umroh-nya.

Datanya:

1.     1. Passport

2.     2. Kartu kuning

3.     3.Foto copy KTP

4.     4. Fotocopy KK

 

Ibu dan bapak kemudian tinggal berangkat. Alhamdulillah

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar