iklan

Sabtu, 01 Mei 2021

Backpacker ke Bali #1

Hallo...

Akhirnya aku bisa nulis part Bali yang sengaja di skip karena nyeritain backpackeran ke Labuan Bajo dulu. Seperti udah aku mention di awal, kalau Bali itu hanya kota transit di perjalanan kali ini, tapi karena sehari makanya bisa untuk bikin satu part sendiri. Dua part sih jadinya sama bagian pulang dari Labuan bajo dan masih transit 3 jam juga.

Baiklah kita mulai ceritanya...

Jam 10.30 nyampelah akhirnya aku dan Ririn di Ngurah Ray. Langsung siap-siap menuju penginapan. Nama penginapannya Aeston Hotel. Bukan Aston ya, aku ga kuat kalau disuruh nginep Aston. Aeston aja yang cuma Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) per malamnya udah cocok buat aku. Lah Cuma buat tidur ini. Kayaknya kalau dikasih kesempatan ke Bali lagi aku bakalan nginep disini lagi.

Kamarnya pake AC, kamar mandi dalam, dan paling penting dekat sama bandara. Bisa sih kayaknya jalan kaki aja. Tapi aku dan Ririn memutuskan untuk naik taksi online aja, toh kita ga ngerti tempatnya ini. Biasanya sih kalau aku solo, suka ku bablas jalan kaki aja, tapi karena berdua, jadi ongkos taksinya kan bisa dibahagi 2. Dan mengurangi resiko nyasarnya sih.

Abis naroh barang dan sholat, kami keluar. Pinjem motor. Tanyain aja ke resepsionistnya. Nanti ada orang rentalan yang bakalan datang bawain motornya, siapin aja KTP buat jaminan. Dan motornya langsung bayar ya, Rp 80.000,-/ hari. Ngisi bensin 2 liter Rp 20.000,-. Jadi per-orangnya jadi Rp 50.000 ya.

Motor udah ada, ya waktunya mainlah. Tapi karena kami naik pesawatnya pagi banget. Jam segitu udah lapar ya pasti. Makan dulu deh. Di bali mau makan apa? Ya makan ayam betutu-lah. Lumayan dekat dari penginapan. Kalau yang ini ga usah coba-coba jalan kaki, langsung naik motor aja.

Aku makan ayam betutu kuah dan sate lilit. Jadi disini tuh ayamnya dijual per bagian itu, mau yang 1 ekor, ¾ ekor, setengah ekor atau ¼ ekor. Jadi kalau mau pesan sesuaikan sama kebutuhan dan seberapa orang yang makan ya. Nasi dijual terpisah. Abis makan sih sebenarnya mau ke museum, tapi udah dekat waktu tutup, juga belum tentu kami nyampe tepat waktu, aku berani taruhan kalau aku bakalan nyasar dulu pasti. Jadi sudahlah kita lupakan saja itu museum, insyaallah kalau ada kesempatan transit lagi aku bakalan ke Museum.

Nah selain makan ayam betutu, di Bali otomatis tentang pantai kan. Nah tujuannya mau ke pandawa nih, eh setengah jalan menuju pantainya tiba-tiba turun hujan, dan kami ga ada mantel hujan (iyalah, motor rentalan gini, jarang banget nyedian mantel hujan kan) jadi kami menghindari hujan dong pasti. Ngelihatin langit mana yang terang, dan yang terang itu ya Cuma di bagian bandara dan kuta. Muter-muter ga ngerti lagi deh mau kemana. Satu-satunya yang aku inget selain pantai ya Cuma monument bom bali, aku hapal jalannya malahan. Jadi kesanalah kami, foto-foto sambil memutuskan akan kemana berikutnya. Sampai kita mutusin, udah nih langitnya udah mulai terang di bagian Pandawa. Gaskeun lagi kesana.

Karena jalanan ke Pandawa tuh ngelewatin GWK, ya sudah kami ke GWK dulu, eh udah di depan malah tutup. Lanjutin lagi, ke Pandawa pastinya. Sampai pandawa-nya, sumpah kosong banget. Entah karena emang mau Nyepi pas aku kesana, atau karena pandemic. Tapi seingatku waktu aku ke Bali terakhir kali, kondisinya jauh berbeda dengan ini. Mungkin emang covid deh.

Di pandawa kami tidak terlalu lama, foto-foto dan pindah tempat. Selain karena panas ya wak, juga karena ga tahu lagi mau ngapain, ga ada bule yang bisa dilihatin juga. Ya udah balik lagi.

Di jalan pulang kami akhirnya menemukan Puja Mandala. Ririn lebih tepatnya yang menemukan. Kebetulan juga waktu ashar udah masuk, jadi selain ngelihatin bagaimana 5 tempat ibadah bisa berdiri di 1 lokasi, aku juga sekalian sholat. Di Pura dan Candi ada keterangannya ga bisa masuk, jadi kami Cuma foto-foto di depan. Takut juga sih sebenarnya karena ada yang jaga, takut dikira teroris.

Nah berkaitan dengan dikira teroris ini terjadi pas balik dari Puja Mandala. Bali kan lagi persiapan nyepi ya. Besok malam udah mulai nyepi nih, jadi pura tuh udah pada rame, banyak yang ibadah. Di jalan balik kita ketemu 1 pura yang sementara ibadah, sebagai orang yang ga pernah ngelihat cara mereka ibadah, penasaran dong pasti. Markir motor lah, mendekat mendekat, tapi kok segan. Takut pula karena ada bapak-bapak yang kayaknya keamanan gitu ngelihatin kita mulu, pandangnya ga ramah gitu. Aku mau minta izin ngambil gambar juga langsung ciut. Ga berani sumpah. Padahal kata ibu-ibu di tempat makan pas di depan pura tuh, barongnya baru aja keluar. Ya Allah makin penasaran kan, tapi sumpah si bapak tuh pandangannya ke kita terus.

Akhirnya setelah 10 menitan maju mundur maju mundur ga berani minta izin, baiklah kita lupakan saja ngelihatin ritual itu. Daripada berabe dan akhirnya kita beneran dikira teroris karena mencurigakan, ye kan. Jadi kami berdua melanjutkan perjalanan. Kemana? KUTA.

Dan kuta kosong pemirsah. Kosongggggg bangetttttttt. Sepanjang kuta tuh aku merasa kosong. Ingatan terakhir aku di kuta tuh jam 6 apa 7 pagi kuta tuh udah dipenuhi manusia, baik yang jualan, yang belajar surfing, dan banyak kegiatan lainnya. Sekarang yang ada hanyalah para pedagang, yang dengan putus asa mencoba menjajakan dagangan mereka ke para pelancong, yang sialnya pelancongnya modelnya kek aku. Aduh, aku ga ada niatan beli sama sekali. Ririn juga khawatir karena langit udah gelap.

Eh beneran, hujan di tengah jalan abis dari pantai kuta. Neduh bentar nunggu hujan reda di pertokoan. Kalian kalau pernah ke Bali, pasti tahu kan jalanan yang dari pantai kuta belok kanan. Itu sentra oleh-oleh kan, ramai para penjaja oleh-oleh khas bali. Hari itu, sumpah kosong. Hanya 1 atau 2 toko yang masih berusaha buka, padahal juga belum tentu ada yang beli.

Covid nih bukan Cuma bikin aku ga bisa jalan-jalan lebih dari setahun, tapi banyak banget orang yang kehilangan pekerjaan. Ya Allah aku tuh jadi ngerasa malu, ga jalan-jalan setahun aja stress-nya kayak apaan tahu, ini banyak banget yang ga bisa makan karena ga ada yang beli dagangannya.

Kalian pasti sering dengar di atas langit masih ada langit, nah di bawah tanah tuh masih ada tanah. Nah, di backpackeran kayak gini tuh yang jadi makin menyadarkan aku, aku tuh masih kurang bersyukur sama hidupku. Banyak kehidupan yang tidak aku tahu karena aku ada di zona nyaman.

Hujan reda, lanjut.. nah disinilah kejadian menarik di mulai. Kami tuh bingung mau kemana. Mau nyari  makan malam. Pilihannya adalah sate placing. Sumpah itu Kuta kami ubek-ubek buat nyari sate plecingnya. Sebagai 2 orang yang mengandalkan maps, kami akhirnya masuk tol, ga bawa kartu tol.

Udah di depan pintu tol, kami berdua bingung gimana cara lewatinnya, sementara kita ga bawa kartu e-money. Punyaku entah kenapa akhirnya ga bisa dipake dan digunting. Sementara antrian tol udah panjang nih. Ada petugasnya disitu, tapi petugasnya Cuma bilang bayar Rp5.000,-.

Sumpah dengan polosnya ku masukin itu duit goceng ke mesin, tapi pintunya ga kebuka juga. Panik ga? Paniklah masa’nggak. Untung aja ada pengemudi di belakang yang udah mau ikhlas tap-in 2 kali kartunya. Dan lanjutlah kami di tol. Eh, ternyata salah jalan. Hahaha. Muter balik dong, dan sumpah disitu aku merasa uji nyali banget, bisa-bisanya di tol lawan arah. Tapi setelah drama itu, akhirnya kami keluar tol dengan selamat.

Apakah sate plecingnya ketemu? Alhamdulilllah tidak. Udah lapar, capek, ga ketemu pula itu sate plecing. Nyari makan bebek tepi sawah, udah di depannya, eh tutup. Muter lagi nyari makan, sampe akhirnya kami memutuskan untuk makan di wong solo.

Aku semacam addict dengan kwetiaw, jadi kalau ada menu kwetiaw di tempat makan itu, ku pasti pesan kwetiaw, juga lemon tea. Totalnya Rp 50.000,-. Perut kenyang waktunya kembali ke penginapan.

Besok paginya setelah memastikan motor sudah diambil oleh rentalannya. Kami check out. Makan angkringan pas di depan gang. Seporsinya Cuma Rp 6.000,-. Lumayanlah ya, buat ganjel perut sebelum terbang menuju Labuan Bajo.