iklan

Selasa, 08 Februari 2022

Torsiaje

Akhirnya aku solo backpacker lagi. Bener-bener solo loh kali ini, yang ga sampai tempatnya ada temen yang nganterin kemana-mana. Bener-bener kembali ke solo backpacker aku biasanya, yang nyari info sendiri, pergi sendiri, nyari penginapan sendiri, pokoknya solo. Titik. 3 cerita backpackerku kan ada temennya. Ke Bitung sama sepupu, ke Labuan Bajo bertiga sama Ririn dan Vian, ke Banjarmasin ditemenin 3 orang, Razma, Hisna dan Yudis. Tapi...solo backpackeran kali ini ga jauh-jauh. Aku sedang butuh liburan sebentar, yang ga perlu naik pesawat.

Tempatnya masih di Gorontalo, tapi nun jauh ke ujung. Pernah kulewatin waktu pertama kali keluar ke Palu, naik mobil juga. Seingatku waktu itu, aku naik Damri, dari Terminal jam 10.30, hampir magrib sampai di Popayato. Nah, tempat tujuanku sekarang ini di daerah Popayato juga, jadi udah ada di jalan trans menuju Sulawesi Tengah. Nama tempatnya seperti judul di atas, ke Torsiaje. Kalau kata orang-orang sini sih ke Torosiaje, atau lebih dikenal dengan pemukiman.

Sebenarnya udah lama banget aku pengen kesini, tapi waktunya selalu ga pas. Pas aku pengen, ga ada temennya. Pas temenku bisa, aku yang ga punya waktu. Jadi ga pernah bisa pas. Terus tiba suatu hari aku mikir, ya masa’ keluar negeri, yang bahasa utamanya bukan bahasa inggris aku bisa, masa di daerah sendiri, yang bahasanya adalah bahasa sehari-hariku aku ga bisa.

Sebenarnya aku bukan takut bahasanya, aku takut daerah yang akan aku lewatin itu. Banyak hutannya. Jujur aku ga berani jalan ke tempat yang banyak hutannya sendiri. Jelek-jelek gini, ya tetap aja aku cewek. Di tempat yang jarang dilewatin kendaraan gitu, apa aja bisa kejadian. Sial-lah, aku terlalu banyak nonton film nih. Otakku mulai terkontaminasi.

Tapi...kok makin hari makin kepengen aku kesana. Maka bismillah ku telpon kontak nomor sopir yang kudapatkan dari temenku yang di Paguat (ini ternyata masih jauh lagi ke popayato) yang melayani rute Popayato – Gorontalo, ku hubungilah si bapak sopir ini.

Kebetulan sekali, dia bakalan melayani rute Gorontalo – Popayato besok hari, sesuai jadwalku. Kata bapak sopir, dia bakalan berangkat jam 8 dari Gorontalo. Tapi sebelum jam 8 aku udah siap. Aku suka terlalu bersemangat emang kalau mau jalan. Udah packing, sarapan segala macam, bapaknya baru nelponin aku lagi jam 9.

Kenapa baru di telpon lagi jam 9? Biar aku ga nunggu lama di terminalnya. Keren kan. Oh iya buat yang ga tahu, itu di terminal Andalas ya. Semisal kamu naik bentor, biasanya orang bentor udah tahu untuk masuk lewat belakang, karena disana tempat mobil rute Gorontalo – Popayato sana.

Jujur aja awalnya ku pikir mobilnya tuh bakalan minibus gitu. Tidak saudara-saudara, yang sedang terparkir adalah mobil biru muda yang entahlah apa namanya di tempatmu, itu adalah angkot, pete-pete, mikro. Bener-bener makin berasa kan backpackerannya.

mobilnya Om Jois

Tepat 09.30 WITA mobil yang dikemudikan om Jois (nama supirnya) ini keluar terminal. Isinya hanya aku dan seorang ibu lagi. Penumpang yang lain akan dijemput di sepanjang jalan menuju popayato-nya. Jadi tidak usah berekspektasi tinggi-tinggi, ini angkutan umum, isinya bakalan macem-macem. Kalau mau yang nyaman, bisa sewa mobil sendiri.

Sekitar jam 2 siang, mobil berhenti di terminal marisa. Penumpang yang mau makan silahkan. Tapi jarang banget penumpang yang turun, mungkin karena mereka tujuannya dekat-dekat kali ya, jadi sekalian mikir mending makan di tujuannya aja. Aku? Gaya banget pesen lalapan segala. Alhasil semua penumpang jadinya nungguin aku yang makan. Astaga.

Sambil nunggu makananku datang, aku sempat ngecek maps. Dari terminal itu masih sekitar 2 jam lebih. Tapi karena aku naiknya angkutan umum, ya paling-paling jam 5 atau setengah 6 lah baru nyampe torsiaje-nya. Cukuplah untuk ngejar sunset.

Karena aku penumpang terakhir yang diantarkan, Pak Jois nganterin aku sampe pelataran Torsiaje-nya. Tarifnya jadi Rp 80.000,-. Kalau kata temenku biasanya sih Rp75.000,- tapi diturunin di pinggir jalan masuk ke pelataran itu. Dan sumpah, sebaiknya tidak berpikir untuk jalan kaki. Jauh cuy. Udahlah dimobil 7 jam, ya masa’ jalan kaki lagi. Bisa naik bentor. Tapi paling aman minta anterin sampe pelataran. Dan karena Pak Jois besok rutenya Popayato – Gorontalo, aku sekalian minta jemputin situ lagi. Seperti biasa, dia bilang jam 8. Diminta pastiin hp-ku aktif aja. Belakangan aku baru tahu kalau koneksi di Torsiaje itu tidak stabil. Tahu kan operator apa yang meski di pedalaman sekalipun tetap dapat koneksinya. Sebaiknya gunakan yang itu.

Torsiaje... aku datang....

Dari pelataran itu, ada jalan setapak dibuat dari beton, kiri dan kanan adalah pohon bakau. Ada tiang listrik juga. Nah...ini sebenarnya yang makin bikin aku penasaran dengan Torsiaje. Mereka tuh di tengah laut, tapi listrik dipasok langsung PLN, ga pake genset mereka. Keren kan.

Tapi kalau kata Om Jois, dulu-nya Torsiaje ini jauh lebih ramai. Kenapa? Karena dulu ada Sengkang. Manusia ikan. Dia sebenarnya manusia normal, tapi dia lebih suka dilaut, baru naik ke pemukiman ketika lapar, selebihnya dia hidup di laut, sampai akhirnya kulitnya tuh jadi bersisik. Tapi dia udah lama meninggal, entah kata Om Jois tuh kena baling-baling kapal, atau pukat. Kenapa Om Jois tahu cerita ini? Karena dia orang Popayato. Dekat sekali dengan pemukiman Torsiaje.

Lanjut...

Aku akhirnya jalan di jalanan beton itu, sampe ujungnya. Siapa sangka kalau perahu kelotok itu tidak berhenti di ujung, jadi akhirnya aku balik lagi. Kebetulan sore itu aku doang penumpangnya. Kalau kamu pernah ke Thailand, ini tuh mirip mau nyebrang ke Wat Arun. Bedanya di Wat Arun nyebrang sungai dengan kapal proper, ini nyebrang laut dengan perahu kelotok, tapi tidak usah khawatir, aman... lautnya tenang banget. aku sempat curiga kalau ini tuh sebenarnya danau atau sungai kayak di Banjarmasin, tapi mana ada rumput laut dan duri babi kalau bukan di laut kan? Di bawah rumah warga banyak sekali rumput laut dan duri babi. Kelihatan banget saking jernihnya air di pemukiman ini.

Sejujurnya aku datang ke torsiaje ini tanpa rencana dan sedikit nekat. Aku benar-benar buta. Aku cuma tahu hari ini aku ke torsiaje, nginep disana, besok pulang, udah itu aja. Nginepnya dimana? Emboh... ga tahu aku. Maka aku nanya bapak perahu, dimana penginapan berada. Alhamdulillah bapaknya mau repot-repot nyariin yang punya penginapan. Oh iya sewa perahu menyebrang dari pelataran ke pemukiman itu Rp 5.000,-/org.

Bapak perahu lumayan lama nyari si bapak, tapi ga ketemu, terus kata si bapak perahu jalan-jalan dulu, ke Alo Cinta. Aku juga tak tahu apa itu Alo Cinta, tapi aku mikirnya aku jalan-jalan aja ngiterin pemukiman ini. Toh waktuku masih banyak. Soal tidur mah gampang.

Di jalan menuju Alo cinta itu, ada ibu-ibu warga lokal yang nawarin, daripada nginep di penginapan mending di rumahnya aja. Tapi pas aku tanyain harganya, dia juga bingung. Lah aku lebih bingung lagi. Sekali lagi, aku tidak punya info apa-apa soal tempat ini. Jadi ku bilang ke si ibu, kalau sekiranya harga di penginapan tidak cocok, aku bakalan balik lagi ketempatnya.

Mulailah aku menjelajah perkampungan ini. Alo cinta itu ada di sebelah kanan pemukiman. Pokoknya paling ujung kanan. Kenapa aku bisa tahu padahal sendiri? Mataharilah yang jadi patokan, aku ngelihat ke mana mataharinya berada. Sesuai tujuanku kan, mau nyari sunset disini.

Di jalan menuju Alo cinta itu aku ngelewatin homestay, masjid, satu-satunya daratan di pemukiman ini, yang dijadikan lapangan dan sedang digunakan untuk main bola anak-anak sini. Kemudian melewati sekolah. Aku sempat mikir, ini gimana caranya anak sini kalau mau bolos sekolah ya, ibu bapaknya bisa kapan saja ngelewatin sekolahnya, kan bangunan disini terhubung satu sama lain. Oke, maafkan otakku yang suka sekali mikir tidak jelas.

Sebelum nyampe ke Alo Cinta, ada anak kecil yang nanya aku mau kemana. Kemudian dia nunjukin letak Alo cinta, yang padahal aku udah di depan pintu masuknya. Dia minta uang, kalau kamu berkenan ngasih silahkan ngasih. Abis itu dia mau kok kalau kamu suruh fotoin. Lumayan kan karena aku ga punya tripod. Lagian aku emang mencolok di tempat itu makanya dimintai duit anak kecil. Yang lain style-nya emang mau foto, aku udahlah kek gembel, bawa-bawa ransel pula.

Oh iya udah ku bilang kan kalau aku ga tahu apa-apa soal Torsiaje ini, begitupun dengan Alo cinta ini, tak ada yang pernah menyebutkan tempat ini. Sepertinya ini tempat baru. Tempat ini bentuknya love, dengan beberapa pondok di ujung-ujungnya. Dari penglihatanku ini biasanya jadi tempat pacaran, juga tempat buat foto-foto. Aku doang yang kayaknya duduk sembarangan, sendirian, ngelihatin matahari sampai benar-benar hilang dan langit jadi gelap. Sekali lagi, aku candu banget emang sama sunset.

Tapi tunggu dulu, ternyata... begitu langit gelap, tempat ini jadi makin ramai. Kenapa? Ada lampu-lampu yang dipasang di bagian yang berbentuk love itu. Pantulan lampu warna-warni di atas air laut itu cantik banget. sumpah. Pantesan aja justru semakin ramai. Tiket masuknya cuma Rp 3.000,-/ orang lagi.

Udah puas, waktunya nyari penginapan. Tadi aku ngelewatin homestay, maka kesanalah aku. Pintunya ditutup sih, tapi karena ada baliho kecil di depannya, jadi aku memberanikan diri mengetuk. Disini ada 3 kamar, kamar mandi luar. Tarifnya Rp 150.000,-/ malam tanpa sarapan. Aku sebenarnya mau ngambil yang ini, tapi sayang ketiga kamar ini udah di booking duluan Kepala Desa.

Nah, tepat sebelah homestay itu penginapan, tapi ga ada orangnya. Tidak ada plang ataupun spanduk sebagai petunjuk. Jadi aku memutuskan untuk jalan lagi, nyari lagi, lagian aku udah punya patokan harga, kalau ga ketemu, aku kembali ke tempat si ibu yang nawarin kamar itu.

Udah hampir dekat tempat makan, aku memberanikan diri nanya ke bapak-bapak yang lagi duduk main hp depan rumah. Siapa yang sangka kalau ternyata itu bapak-bapak yang sejak tadi sore dicariin bapak perahu. How lucky i’m..

Kamar di penginapan ini jauh lebih gede dari kamar yang di homestay. Kamar mandi dalam, juga ada sarapan. Harganya Rp 250.000,-. Ada juga kamar yang untuk keluarga. Rp 400.000,-/malam. Kamarnya gede banget. aku sempat mikir untuk ngajak semua sepupu-ku kalau liburan, kesini aja.  Tapi nanti, sekarang aku butuh kamar sendiri aja, jadi aku ngambil kamar yang Rp 250.000,- itu.

Kamar keluarga

Selanjutnya aku beres-beres, mandi dan keluar cari makan. Ah iya, airnya... jangan khawatir, disini airnya air PDAM, ya masa’ listrik bisa masuk sini, air PDAM ga bisa. Jadi jangan khawatir. Tidak perlu beli air bersih lagi seperti di Saronde.

Kalau tempat makannya sih ga perlu petunjuk, pas masuk pemukiman ini, letaknya paling depan sebelah kanan itu. Bangunan 2 lantai itu, sulit untuk tidak dikenali.

Disini aku pesan nasi goreng special dan teh hangat. Harganya Rp 20.000,-. Aku memilih duduk di lantai 2 sendiri, lantai 1 terlalu berisik untukku. Ada anak-anak muda yang tadi main bola di lapangan sedang berkumpul di tempat makan situ, main gitar dan nyanyi-nyanyi. Lagian dari lantai atas aku bisa makan dengan tenang sambil menikmati pemandangan pemukiman torsiaje ketika malam yang masih saja ramai, perahu silih berganti datang membawa penumpang yang datang dan pergi. Seperti semua menuju Alo cinta.

makan malamku

Selama nungguin makan, aku sempat mikir, tempat makan ini mungkin sama persis kayak punya Oding di Rapijali ya. Kapan-kapan aku harus backpacker ke Batu Karas.

Beres makan, pulanglah aku ke penginapan. Tapi seperti biasanya, tubuhku butuh penyesuaian kalau di tempat baru. Sementara pemukiman ini masih saja ramai oleh suara derik papan tiap ada yang melangkah, anak-anak muda tadi yang pulang ke rumah masing-masing sambil nyanyi, bunyi mesin kelotok di air laut. Pemukiman ini baru benar-benar tenang jam 12 lebih.

Subuhnya, aku keluar kamar dan berniat nyari sunrise. Kalau sunset di sebelah kanan, sunrise berarti sebelah kiri, sekalian aku keliling, kemarin ga kesana sama sekali. Dan sumpah... itu adalah salah satu keputusan yang tak akan aku sesali. Sunrise di Torsiaje itu bagussss bangetttttt. Rasa-rasanya aku siap menempuh perjalanan 7 jam pulang dengan bahagia.

Sarapan dari penginapannya

Oh iya kalau ada yang mau ke torsiaje juga dan ngikutin caraku. Bisa hubungin si sopir angkot ya. Namanya Jois, nomernya 085387996698. Selebihnya nanya-nanya aja, orang Gorontalo dengan senang hati akan membantu.