iklan

Sabtu, 21 September 2024

Backpacker ke Ambon #3

Hari pertama di Ambon.

Eh kedua ding harusnya, kemarin kan udah nyampe di Ambon-nya, udah tidur juga. Seperti kemarin pas pindah hotel, kami disambut hujan, begitu juga pagi ini. Hujan terus sepanjang pagi. Tapi sebenarnya ga ngaruh banyak juga sih, karena kami juga sebenarnya hanya mengisi waktu di Ambon sebelum ke tujuan utama kami.

Pas hujan udah reda. Kami pergi sarapan yang sebenarnya udah mau masuk jam makan siang sih itu. Kami sarapan di Café Pelangi lagi karena malas nyari tempat, juga karena makanan disitu enak-enak. Kali ini kami sudah lebih tahu arah yang lebih cepat sampai.

Begitu nyampe Cafe-nya, suasana-nya agak lebih santai dibanding semalam yang kayaknya emang selalu rame kalau malam. Tapi satu yang sama, pelayanannya agak kurang gesit. Jadi harus disamperin dulu, baru mereka datang. Ku pikir karena semalam rame, ternyata pas ga terlalu rame, gitu juga.

Kali ini kami sama-sama memesan nasi bakar. Ririn memesan Jus dan aku air mineral. Sampai kami selesai makan, air mineralku ga kunjung datang. Aku juga ga nanya sih, karena ku pikir ya kalau ga datang gak apa-apa, toh aku emang selalu bawa botol air kalau pas backpackeran gini kan.

Selesai makan. Bayar kan. Udah keluar dari daerah Cafe-nya terus Ririn lihat kalau air mineralku tetap dihitung, padahal mereka ga menyajikan. Kayanya emang mereka lupa ngasih. Jadi pas aku balik untuk konfirmasi, airnya diberikan. Jadi kalau mau makan disini, pastikan minta yang udah di catat pelayannya ya teman-teman, jangan didiemin kayak aku. Untung aku jalan sama Ririn yang teliti, kalau aku sendiri, ya aku ga bakalan sadar juga itu.

Ah, satu yang aku ingat. Kami disusulin temannya Ririn yang emang domisilinya di Ambon pas makan di Cafe ini. Namanya Bobi.

Sebelum ini kami pernah telponan ngebahas rencana kami ini yang asal main pesan tiket pesawat tanpa mempertimbangkan soal tiket kapal. Kami memang masih pemula sekali kawan soal urusan backpackeran pake kapal ini. Jadi tolong dimaklumi saja ya. Toh nantinya kan jadi pengalaman untuk backpacker backpacker di kemudian hari kalau kami memilih naik kapal lagi.

Udah beres masalah di air mineral ini, pulang kami ke penginapan kemudian  memutuskan untuk jalan-jalan, ke Museum Siwalima. Kami sama-sama suka masuk museum kebetulan.

Perjalanannya lumayan karena kami harus banyak berhenti karena hujan. Ririn bawa mantel hujan emang, aku ga, dan aku males beli karena hujannya tuh yang ga menentu gitu loh. Menurut Bobi, cuaca di Ambon udah mau setahun gitu terus. Jarang yang sepanjang hari terik. Sebentar hujan, sebentar berhenti. Gitu mulu. Mau manggil 5 mba Rara aja katanya ga bakalan ampuh kalau di Ambon. Bang Majid juga sempat mention sih kemarin, dia bilang kami datang berlibur di cuaca yang salah sekali.

Yah, karena tujuan utamanya Banda, jadi sebenarnya cuaca Ambon tidak terlalu masalah buat kami. Toh kami beneran singgah aja ini. Asalkan jangan cuaca Banda aja yang gini. Semoga.

Akhirnya kami sampai di Museum-nya dengan entah berapa kali berhenti kalau pas mulai gerimis. Jalan lagi pas udah yakin kalau ujannya ga terlalu bikin basah. Pas sampe di gerbang masuk ga ada orang, jadi kami terus aja masuk kami pake motor.

Ah sebentar. Udah ku mention kah kalau kami akhirnya sewa motor. Rp 100.000,-/ harinya. Dianterin ke penginapan kami semalam setelah kami makan malam di Cafe Pelangi. Ini yang nyari Bobi, temannya Ririn yang ketemu tadi siang itu. Normalnya sewa motor di Ambon kayaknya Rp 150.000,-an deh, soalnya Ririn sempat nyari.

Oke lanjut soal si museum ini. Masuklah kan kami, sepiiiiiii. Benar-benar ga ada orangnya. Wajar ya wak, museum di hari sabtu. Kalau di Kotu mungkin rame, lah ini di Ambon, dan tempatnya ga di dalam kota, agak nanjak pula, di tambah cuaca yang ga tentu juga. Kalau rame juga kayaknya aneh deh.

Jalanannya nanjak yah, kami lanjut aja naik motor. Begitu ketemu meriam. Meriam yang benar-benar menghadap jalan, terus jalannya makin nanjak dan belok. Sebentarrrrrr… Naik lagi nih? Kok genre-nya tiba-tiba jadi film horror gini. Turun deh, turun. Muter balik motor, turunlah  kami lagi. Berniat nanya. Ga lucu kan kalau niatnya mau cari ilmu di museum, malah berakhir ada yang kesurupan. Ini kalau berdua aja, siapa yang nanganin coba. Mana cuaca dan suasana mendukung ye kan.

Pas lihat ada rumah di belakang museum yang ada mobil terparkir disitu, manggil kami. Rumah dinas kayaknya. Karena ada mobil, jadi pasti ada orang di dalam.

Ada anjingnya. Bodo amat. Pokoknya kami “Siang…Siang…Siang” terus sampai ada yang jawab. Nah, akhirnya bapak sama ibu keluar tuh dari rumah situ. Bapaknya bilang, kalian naik aja terus. Ada petugasnya di atas. Aku dan Ririn sempat mikir, kenapa ga dia aja yang buka pintu museumnya ya, kenapa harus naik keatas. Tapi ya sudahlah, beliau bilangnya gitu.

Pas mau naik lagi. Hujan lagi. Berteduh lagi di depan pintu museum. Nunggu pokoknya sampe hujan reda. Ga lama sih. 10 menitan kali. Hujannya gitu gitu mulu emang selama kami di Ambon. Nah, naiklah kami, ngelewatin si meriam itu lagi. Genre-nya masih horror, tapi ada sedikit keyakinan kalau di atas ada orang (Mungkin si Bapak udah berbaik hati telponin temennya yang lagi tugas, ye kan, berbaik sangka aja dulu). Sampai atas banget, mentok udah ga ada jalan lagi, lah kok malah ketemu Pura lagi direnovasi. Tapi tenang, kami tidak nyasar. Benar tempatnya berdekatan. Tempat parkirnya 1. Mau kemana lagi emang, jalannya udah mentok.

Parkir motor depan Pura. Kemudian masuklah kami ke kompleks museumnya. Apa ya nyebutnya, kan kompleks museumnya udah dari awal masuk gerbang tadi. Pokoknya itulah, si bangunan-bangunan museum itulah yang dimaksud si Bapak di bawah tadi. Masih tidak ada orangnya, pos satpamnya aja sepi, tapi kok ada suara musik-musiknya gitu. Apa ada kegiatan ya.

Musiknya bukan gamelan ya, lebih ke Disko. Kalau gamelan, fix sih emang genre-nya horror tiba-tiba ini blog. Mendekat kearah music itu, akhirnya kami ketemu Bapak-bapak yang dengan ramah nanya kami ada keperluan apa. Tenang, kakinya napak tanah.

Dan benar saja saudara-saudara, mereka baru aja ada kegiatan katanya. Kayaknya dalam rangka 17-an deh. Dan menurut si bapak, hari sabtu itu memang tutup, disuruh balik hari senin ceunah. Padahal di pencarian google, hari minggu aja yang tutup. Jadi jangan datang kesini pas sabtu atau minggu ya teman-teman. Nanti kecewa seperti kami.

Pupuslah harapan kami masuk museum-nya. Senin kan pindah ke Banda-nya, jadi tak akan sempat. Motornya Cuma di sewa untuk 2 hari. Jadi, baliklah kami ke kota. Apalagi tujuannya kalau bukan si gong perdamaian itu, ikonnya kota Ambon. Niatnya mau hari terakhir, tapi kami beneran tidak tahu lagi harus kemana.

Sebenarnya semalam, pas sama Majid itu kami udah lewat sini. Tapi kan kemarin di mobil, sekarang harus lihat dari jarak dekat. Foto kalau perlu.

Disini maceeettttnya astagfirullah. Mana di kota tuh, jalannya semua 1 arah kan. Asli, kami muter-muter, masuk gang, masuk pasar, masuk entah udah di jalan mana, sampai akhirnya aku memutuskan mending motornya taroh aja deh di penginapan, ga hujan sih emang, tapi kalau naik motor terus, yang ada kami tawaf di gong perdamaian itu, jalannya disitu-situ mulu, mending kita jalan kaki aja ke gong-nya, toh deket dari penginapan. Kalau naik motor, bingung parkirnya dimana pula.

Akhirnya motor di tinggal di penginapan, kami beneran jalan kaki aja ke gong-nya itu. Macetnya tuh karena emang lagi ada acara di lapangan merdeka-nya. Kemarin pas nyampe, udah dikasih tahu bang majid sih. Tapi karena pake motor, jadi mikirnya bisa selap selip. Oh tidak pemirsa, kemampuan naik motorku masih kurang. Jalanan Ambon kayaknya tidak untuk pemula macam aku.

Di Gong Perdamaian ini bayar ya saudara-saudara, Rp 5.000,-/ orang. Kalau ga bawa cash, bisa qris. Canggih betul orang sini. Ditempat ini, ya benar-benar Cuma Gong-nya aja yang bisa dilihat. Tapi yang antri disini banyak, meski sebenarnya ga butuh waktu lama juga untuk antri. Ya paling setiap rombongan 20-30 menitan juga dah beres. Karena Cuma foto di Gong-nya, udah selesai.

Ada tamannya sih disini. Tapi... daya tarik utamanya emang Cuma si Gong Perdamaian ini. Gong ini adalah Gong Perdamaian ke-2 di Indonesia. Yang pertama tuh di Bali tahun 2002, terus di Ambon tahun 2009. Tapi kalau secara dunia, yang Ambon nih yang keempat dibangunnya, karena urutan kedua tuh di Shandong (China) tahun 2004, sama New Delhi (India) tahun 2006.

Gong ini kenapa ada di Ambon? Karena jadi symbol perdamaian dan peringatan tragedy kemanusiaan umat beragama di Ambon di tahun 1999.

Selanjutnya yang kami lakukan adalah kelilingin itu lapangan merdeka, sampe ke taman pattimura. Terus lanjut jalan ke café sibu-sibu. Ini juga karena kami tuh muter aja ga ada tujuan, terus mikir yuk ngafe aja yuk sebelum pulang penginapan. Awalnya mau nyari tempat buat sunsetan, tapi karena udah keliling jalan kaki, kami memutuskan untuk cari yang terdekat dan recommended.

Kesanalah kami, masih jalan kaki, ke Cafe Sibu Sibu namanya. Ini tempatnya ga bisa dibilang kekinian ya. Classic gitu. Ada live music-nya. Dan banyak jajanan pasar. Kalau mau beli sagu, ada juga disini. Belakangan, menurut Bobi, café Sibu-sibu itu adalah tempat ngumpulnya orang yang lagi nyari suara. Biasalah lagi masa pilkada kan.

Anw, Aku memesan soto dan kopi Sibu Sibu pas disini. Kopi-nya enaaaaakkkkkkkk. Love banget, kayak ada potongan kenari gitu. Kami sekalian nungguin hujan reda juga, karena pas kami mulai makan, hujan turun. Emang cuaca Ambon sulit sekali ditebak. Untung bawa payung. Ririn bilang kalau cuaca Ambon tuh ada jenis kelaminnya, dia pasti perempuan. Mood swingnya parah.

Habis makan, kami langsung pulang ke penginapan. Sudah tidak keluar lagi karena jujur kami keliling tuh lama banget. Ada kali 5 jam kami jalan kaki tuh. Gempor ga tuh kaki. Mana kamar kami di lantai 3, dan ga ada lift-nya pula. Cukuplah kegiatan mengisi waktu di Ambon hari itu. Semoga cuaca besok lebih bersahabat.