iklan

Selasa, 14 Januari 2014

Maulid Nabi di Gorontalo

Ada banyak hal yang kurindukan dari Gorontalo. hal-hal sepele yang dulunya tak kuperhatikan, tapi sekarang semuanya membuatku kangen. Tidak usah dibahas tentang betapa aku kangen masakannya, terutama binte biluhuta-nya yang kalo di bikin pedas dan asam nikmatnya luar biasa. Hah, nulis aja udah bikin liur meleleh.

kali ini aku pengen ngebahas tentang kolombengi, karena sekarang itu maulid nabi. Tapi sebelum ngebahas kolombengi, mari ngebahas tentang Walima.

Apa sih itu walima? makanan apa lagi itu? enak tidak?

Bukan bukan bukan

itu bukan makanan. Walima itu gunungan kalo kata orang yogyakarta. Isinya? rantai kue, dan isinya pasti di dominasi sama kue kolombengi itu, kadang ada ayamnya, telur rebus, kue cucur, dan beberapa kue tradisional lainnya. Biasanya walima tuh dibentuk kayak kubah masjid, dari bambu. Ga cuma satu walima, ada ratusan walima, dan kadang suka ada pawai gitu. Di mobil-mobil pick-up isinya walima semua. Kerennnn banget pasti kalo ngeliat lansung. Buat yang ga pernah liat, nih aku ngasih fotonya.

 

walima


ini siap-siap pawai walima. Kreatif banget kan





pawai walima


ini yang punya walima pasti tajir. segala durian dihias


Udah ngerti tentang walima kan? udah aja, kan udah liat gambarnya. Kira2 gitulah walima tuh.

Oke, lanjut ke inti. KOLOMBENGI.

ini nih yang namanya kolombengi

Kolombengi itu aku tidak tahu apa bahan dasarnya, nantilah aku tanya ke mama (dibahas di lain waktu), yang pasti, rasanya enak banget bos. Apalagi kalo sore-sore, ujan, nge-teh/kopi, terus ada kolombengi. Aih, syurga dunia banget, sumpah. Dan satu keunggulan kolombengi, bisa tahan lamaaaaaaaa bangetttt, padahal ga dipakein pengawet. Hebat kan.

Ga terhitung banyaknya kue kolombengi bertebaran di seantero Gorontalo kalau maulid nabi seperti ini. Tahun kemaren aja berdasarkan berita, yang bisa dipercaya pastinya, di desa bubohu, kecamatan Bongo, Kabupaten Gorontalo Utara, ada 60.000 kolombengi. Maaannnn, itu cuma 1 desa, gimana se-Gorontalo. Bener-bener pesta kolombengi dah.

Eh, maulid nabi di Gorontalo, bukan cuma sekedar kolombengi. Meski icon-nya emang itu ada dikili. Dikili itu bahasa gorontalonya dzikir
Sejak Isya, sampe pagi, masjid-masjid bakalan rame sama lantunan dikili.
Dulu yah, ngerasa biasa aja kalo denger dikili, orang tiap tahun denger ini. apalagi rumahku yang lumayan deket sama masjid, ya pasti kedengeran banget. Jangankan deket, jauh aja kedengeran, karena setiap mesjid menggunakan pengeras suara, dan semua-nya sahut-sahutan dikili-nya. Mann.. itu ngangenin banget.

Kalo anak kecil lebih bahagia lagi sama walima. Di walima itu, selain tusukan rantai kue kolombengi, ada bendera-bendera-nya, dan ajibnya lagi, di bendera itu ada duitnya. Hebat kan? maulid nabi di Gorontalo. Bener-bener bikin senang semua orang. Nabi Muhammad aja membawa kebahagian buat semua umat, jadi kalau memperingati ulang tahunnya juga harus semua bahagia dong. Iya dong, iya kan, iya aja dah.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar