iklan

Rabu, 05 Februari 2014

Borobudur yang tertunda



Borobudur yang tertunda? Judul apa lagi itu?



Tenang..tenang... ini tentang Borobudur dan kedatanganku yang tertunda.

Gimana sih?

Baiklah ku jelaskan dengan lebih rinci.

Tau borobudur kan? Tahu dong. Masa’ ga tahu salah satu bangunan yang pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Gilaaaaaa man, satu dari tujuh keajaiban dunia. Mantep ga tuh. Orang luar negeri aja, berlomba-lomba datang ngeliat sendiri gimana itu bentukan borobudur aslinya. Gimana orang indonesia sendiri?

Nah.. disini dia masalah tertunda, tertunda itu.

Aku udah belajar tentang Borobudur sejak aku masih ingusan, masih SD, masih dicekoki kalau jadi orang indonesia harus berbangga hati karena satu dari tujuh keajaiban dunia ada di Indonesia, yaitu Borobudur, dimana letaknya? Indonesia!. Indonesia sebelah mana? Bagian Jawa, dan aku di sulawesi. Butuh duit banyak dan waktu untuk nyampe ke pulau jawa dari sulawesi yang ada paling utara lagi.

Ada alasan kan kenapa melihat satu dari tujuh keajaiban dunia itu ditunda. JARAK!!! Padahal orang luar negeri aja bela-belain datang ke Indonesia, Cuma buat ngeliat Borobudur. Ahh, alasan jarak menjadi tidak berarti. Ampun dah. Maklum, saya kere ._.v

Eh, aku kan lagi di Jawa. Jogja lebih tepatnya. Terus udah ngeliat borobudur dong? Kan deket.

Nah, disini lagi masalahnya.

Sebagai orang yang tinggal di Jogja setahun lebih, aku baru saja ke Borobudur.

BARUUUUU????

KEMANA AJA SELAMA SETAHUN LEBIH DI JOGJA???!!!!

Ampun ampunnn...

Masalahnya itu.. ya ada aja alasannya. (ngeles lagi)

Padahal temen-temenku dari Manado dan Gorontalo yang Cuma beberapa hari di Jogja udah pernah ke Borobudur.

Semua itu indah pada waktunya. Tsahhhhh.. alesan lagi ini.

Dulu pernah mau pergi, dalam rangka gratisan. Saya kan pecinta gratisan. Haha. Tapi ga jadi, orang yang ngajakin masuk borobudur gratis, keburu pindah kosan.

Terus, kapan aku perginya?

Di tanggal yang cantik dong. Tanggal 2 bulan 2 tahun 2014.

Haha.. semua indah pada waktunya kan?

Jadilah aku, dengan sedikit memohon, mengiba, dan meminta belas kasihan ke temanku, agar mau ke Borobudur denganku yang jaraknya sebenarnya tidak terlalu jauh dari kosanku. Ke utaraaaaaaaaa terus, belok kiri. Udah nyampe. Haha

Kesan pertama pas nyampe borobudur itu.

Topi, Payung, Panas dan rame, Wowwww...

Topi itu karena, ada jutaan orang yang menjajakan payung disini. Jalan dikit, udah ada yang nawarin Topi. Topinya macam-macam lagi bentuknya. Tinggal pilih disesuaikan dengan uang yang anda punya. Tapi berhubung saya kere, dan topinya terlalu feminim, jadilah saya tidak tergoda dengan bentuk topi berbunga-bunga itu.

Payung.

Sama kayak topi, tapi jumlahnya mungkin ribuan. Ada yang nawarin jasa peminjaman payung. Beda sama topi yang ada macam-macam bentuknya, disini payung satu warna doang. Abu-abu, dan ukurannya cukup besar. Mungkin bisa untuk 3 orang atau bahkan 5 kalo badannya se-irit saya.

Panas.

Nah, ini ada hubungan sama kenapa ada banyak sekali penjaja topi dan penyewaan payung. PANASSSSSSS banget cui. Sumpah, ga bo’ong. Panasnya luar biasa. Apa karena kita makin mendekat ke matahari yah? Kan Borobudur naik naik naik sampe stufa paling gede itu, dan ga ada pohon buat berteduh. Plaakkkk, iyalah, mana ada pohon yang setinggi borobudur coba. Haha.

Tapi beneran deh, panas banget, beda banget sama hawa sepanjang jalan menuju magelang yang cenderung adem. Saking panasnya, malah ada yang mengubah fungsi jarik (sepotong kain) yang biasanya diikat di pinggang kalau masuk kawasan candi menjadi tutup kepala. Padahal unik loh pake jarik itu, ga perlu bayar lagi, udah termasuk sama tiket masuk kok.

Ga usah takut kehabisan jarik kalau disini. Ada banyakkkkkkkk banget jariknya. Tinggal dipilih tinggal dipilih, yang umur 16 tahun keatas wajib pake. Gitu sih pengumumannya, tapi ada anak kecil juga yang ikutan make saking banyaknya jariknya. Ikatan cewek di kanan, dan cowok di kiri. Kalau ada yang lihat cowok ngiket jariknya sebelah kanan, mungkin nalurinya cewek. Ups. Habisnya tetep aja ada yang salah make, padahal udah diumumin berkali-kali pake pengeras suara. Entah denger apa ga.

Jariknya dicuci ga? Iyaiyalah.. aku pernah liat foto temen-temenku pas liburan ke borobudur, jariknya warnanya putih, aku pas kesana warnanya ungu. Cantik banget deh, jariknya.

Oke, next ke kesan pertama pas di borobudur.

Rame.

Sumpah, kamu hitungin lah jumlah orang keluar masuk borobudur per-hari tuh. Buanyaaaakkkkkkkkk bangetttttt. Mulai dari perataran parkir, sampe ke dalam tuh. Ada banyak banget. Beda banget sama Prambanan, yang cenderung sepi. Borobudur, rame-nya pake banget. Yang jualan makanan, yang jualan oleh-oleh, petugasnya, pengungjungnya. Itu semua karena Borobudur itu salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Mantan. Aku kesananya pas Borobudur udah bukan lagi satu dari tujuh keajaiban dunia. Aku lupa kapan diubahnya, tapi sekarang udah diganti ke pulau komodo tuh. Kapan aku ke pulau komodo????

Sadar!!!

Oke, lanjut borobudur lagi.

Sebagai mantan kekasih yang tak dianggap. PLAKKKK, malah nyanyi!

Sebagai (mantan) satu dari tujuh keajaiban dunia. Borobudur tetap punya daya tarik tersendiri untuk mengundang berbagai jenis orang untuk datang melihat langsung keindahannya. Malaysia, Korea, Thailand, Cina, India, ahhh..banyak banget lah yang datang, jadi jangan heran kalau ngedengar ada yang tiba-tiba lewat entah ngomong apa, itu bahasa mereka. Santai saja. Bahasa bukan halangan untuk menikmati keindahan.

Masuk dan keluar daerah candi. Di halamannya, ada banyak banget yang jualan. Makanan, minuman, cemilan, oleh-oleh, tukang foto, kerajinan, salak, mainan, banyak banget jenisnya, bahkan aku sempat melihat aki-aki jualan daun kamboja. Daun kamboja gitu, buat apa?

Dan kesan terakhir tentang borobudur. WOWWWWWWWW...

Kalau bisa koprol, aku koprol beneran deh.

Borobudur itu cantiiikkkkk luar biasa.

Entah bagaimana jaman dulu membuatnya, Tapi beneran deh, Borobudur itu cantik, lepas dari semua hal-hal diatas. Pantas kalau dia menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia. Relief di dinding-dinding candi yang bagus banget. Meski aku ga ngerti maksudnya. Sempat ngintilin si tour guide yang pake ngejelasin satu persatu makna relief itu ke bule entah dari mana, tapi aku ga ngerti omongannya apa, jadilah aku jalan terus. Emang sebaiknya ada tour guide sih, tapi berhubung aku Cuma berdua sama temenku dan bukan rombongan, apalagi bukan orang yang ga ngerti bahasa indonesia, jadi singkirkan pikiran untuk dapat tour guide yang ngejelasin makna relief-relief itu apa.

Udah gitu aja? Nikmati borobudur aja terus pulang? Ohh, jangan kecil hati dulu. Di kawasan borobudur itu, ga Cuma borobudur doang yang bisa dilihat. Ada bukit Hill, ada kandang gajah, ada Museum kapal samudraraksa, ada museum borobudur, dan ada Galeri Unik Seni Borobudur.

Baik, aku jelaskan satu persatu tempat-tempat ini.

Kandang Gajah?

Di borobudur ada kandang gajah? Bukannya mereka ada di kebun binatang aja. Oh, kalian salah kalau berpikiran gitu. Di Borobudur ada gajah-gajah yang siap mengantarkan anda jalan-jalan kalau punya uang. Kalau sekedar foto sih gak apa-apa, gratis, foto ini, gratis. Aku juga ikutan foto, meski jaraknya jauh banget dari si Gajah, ngeri aku liat ukurannya, ntar kalau aku deket-deket dia pikir aku makanan, belalainya melilit aku, hhh..batal deh ngeliat borobudurnya.

 

Numpang narsis bareng si gajah

Bukit hill? Ah, aku tidak kesini. Karena katika turun dari candinya sambil nikmatin cemilan dan es teh, si ibu yang jualan, menyarankan aku dan temanku tidak usah ke bukit hill, entah kenapa, dan pas lewat situ juga sepiiiii banget, kayak ga ada yang kesana. Cemen? Yah bisa dibilang gitu, apalagi aku jalannya sama temen yang percaya banget sama hal mistis, daripada daripada ya sudahlah kita lewati saja Bukit hill itu.

Museum Kapal Samudraraksa. Gratis. Tenang aja, masuk museum ini gratis, tinggal nulis nama doang di pintu masuk, dan adeeemmmm. Museum kapal samudraraksa-nya pake AC. Beda banget sama di Borobudurnya. Ada sejarahnya tuh, kapal-kapal yang dipake nenek moyang kita, bahkan ada lukisan-lukisannya yang dari 1000 tahun gitu.

Didalamnya gitu doang? Kapalnya?

Ada dong. Kapal samudraraksanya ada di dalam gedung. Gede. Cantik. Boleh masuk ke dalam, tapi nyiapin duit Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah). Sekali lagi saya kere. Jadi foto saja, dan menikmatinya dari luar. 


Museum Borobudur. Nah, disini ada sejarahnya tuh kenapa borobudur bisa jadi cantik banget kayak gitu. Bangunnya pake batu apa, bahkan ada batu-batu yang belum sempat dipake. Dan karena masuk museum ini aku tahu kalau borobudur itu pernah di pugar tahun 1907. Masuknya gratis juga kok. Adem pula.

Yang mahal itu, yang jualan minuman. Masyaallah, minute maid pulpy, dan freshtea botol harganya Rp 10.000,- per botolnya. Spontan aku langsung di kampret-kampretin temenku karena ngajakin dia beli disitu, padahal tadi di daerah candi borobudurnya ada yang jualan minuman gitu juga dengan harga Rp 5.000,- Dua kali lipatnya coba, mana ga dikasih sedotan gitu. Pengalaman ._.

Galeri Unik Seni Borobudur.

Tempat ini ga sepopuler candi, musem kapal samudraraksa, atau museum borobudur. Tapi ini tempat paling menarik setelah borobudur dan kandang gajah kalau menurutku. Akupun tahu tempat ini gara-gara si ibu tempat aku beli es teh dan cemilan yang ngasih tahu, kalau disini ada manusia terpendek yang memecahkan rekor muri. Awalnya kami nanya bukit hill, tapi malah disarankan kesini. Dan ga mengecewakan sama sekali.

Disini bayar, beda sama musem kapal samudraraksa, sama museum borobudur yang gratis, disini pake tiket masuk. Anak-anak Rp 2.000,-, pelajar Rp 3.000,- dan dewasa Rp 5.000,-. Harusnya dewasa sih, tapi karena saya kere, dan saya masih pelajar/mahasiswa, jadilah ngambil yang tiket pelajar. Lumayan Rp 2.000,- bisa buat beli es teh lagi.

Didalam sini ada apa?

Banyak!!!!

Selain si manusia terpendek yang mecahin rekor MURI, dan aku sempat foto dengannya. Di dalam sini ada berbagai jenis pengetahuan, dan barang-barang unik.

 


ini nih,si manusia pemegang rekor Muri (sebelah kiri, yg sebelah kanan ga ada apa-apanya)

kecillll banget, yang gede piguranya

tulisannya aja masih tempoe doeloe

lukisan dari sabun. Keren kan



origami 1,5cm. aku bikin yang besar aja ga bisa

Ada patung budha emas yang keciiiiiilllll banget. Panjangnya 5mm, Lebarnya 4mm, dan Tingginya Cuma 8mm. Ngeliatnya pake kaca pembesar dan itupun masih keciiill banget. Dibuat tahun 2009 oleh Cipto Purnomo S.sn.
patung budha emas terkecil di Indonesia

Selain patung budha super kecil itu, ada lukisan borobudur ukuran 1 x 1 cm. Ada loro blonyo terkecil dan gede banget, ada lukisan dari sabun, ada lukisan yang dibikinnya pake rokok dan obat nyamuk, teknik lukisan yang pertama kali ditemukan oleh orang indonesia, dengan nilai lukisan Rp 9.000.000,-, ada keris kecil, banyak banget deh hal-hal unik disini, ga sebanding sama tiket masuknya yang cum Rp 3.000,-


Lukisan pertama di dunia yang pake obat nyamuk sama rokok

Dan disini ada yang jualan baju juga. lumayan harganya Cuma Rp 15.000,-. Bisa dapat 7 potong malah kalau beli Rp 100.000,- sekalian. Dibanding di malioboro yang harganya Rp 30.000/potong, itupun udah tawar menawar dulu sama pedagangnya.

Jadi, ga ada alasan untuk ga ke Borobudur.

Ngeliat gajah, tambah pengetahuan di museum.

         Wajib kalau udah di Jawa, dan aku nyesel baru kesana setelah setahun lebih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar