iklan

Jumat, 08 Agustus 2014

Balada Delay dan Nasi Kotak

Jadi, mari kita mulai cerita kita.

Ini tentang aku yang akan balik ke Yogyakarta, ga kayak biasanya yang lewat Manado, aku memilih lewat Gorontalo, padahal udah jelas lebih mahal Gorontalo. Tapi ya sudahlah, aku memilih pergi lewat Gorontalo karena lebaran ketupat, biar aku ga bolak-balik di jalan.

Singkat cerita, tibalah hari dimana aku harus berangkat. Check In pukul 09.40, pesawatnya jam 11.20, dan bakalan nyampe surabaya jam 15.55. Aku sampe udah mesen travel dari Surabaya ke Jakarta yang bakalan berangkat jam 17.00 waktu setempat. Rencana aman.

Kenyataannya?

Oh oh.. tidak semulus itu kawan.

Dari rumah ke bandara, aku naik bentor dianter mama dan adikku, sebenarnya bisa pake motor, tapi berhubung helm di rumah cuma 2, dan yang bakalan pergi 4 orang, jadi diputuskan untuk naik bentor saja. Sekalian. Hemat bensin. Jam 9 kami udah mulai perjalanan, dan setelah menjalani ternyata dari rumah sampai ke bandara itu butuh 1 jam 15 menit pake bentor. Mampussss!!! Aku check in-nya jam berapa. Jangan sampai tragedi juanda yang dulu terulang kembali.

Begitu nyampe bandara, langsung masuk dan Check in. Oke, dengan ini saya menyatakan bahwa saya orang Gorontalo asli tanpa campuran, malu luar biasa dengan bandaranya. SEMRAWUT!!!. Aku tahu itu bandara kecil, tapi heiiii... budayakan antri. Aku diantrian lebih dari setengah jam buat check in doang, dan ga maju sama sekali, karena antriannya ke belakang, tapi petugasnya ngelayanin yang dari samping. Porternya yang didahulukan. Mama sampe nelponin aku nanyain aku check in apa check pesawat sekalian karena ga keluar-keluar, padahal di Manado, aku cuma butuh waktu 10 menit meski dengan antrian yang banyak untuk check in, karena apa? Antriannya berfungsi dengan baik. Sumpah malu banget punya bandara semrawut kayak gitu, bahkan aku sampe bilang ke adikku untuk ga usah naik pesawat pertama kali di Gorontalo, lewat Manado aja lebih oke.

Mungkin pelayanan berbanding lurus dengan retribusinya ya? Retribusi murah untuk pelayanan yang murahan? Aku sudah terbiasa dengan retribusi Rp 40.000,- di Adi sucipto, Sepingan, Sutta, Djuanda dan Sam ratulangi. Udah biasa banget, sampai aku udah nyiapin duit Rp 50.000an di kantong, dan akhirnya aku paham kenapa bandara tempatku itu jelek, retribusinya cuma Rp 11.000,- yah jelas butuh waktu banget untuk bikin Djalaludin sekelas Sam Ratulangi, jangan dulu berharap sekelas Hasanudin apalagi Djuanda. Jauuuhhhhhh panggangan dari api.

Naik pesawat akhirnya, nyampelah di Hasanudin yang sangat berbeda jauh dari Djalaludinku tercinta. Nunggu, harusnya pesawatnya berangkat jam 14.25. Harusnya? iyap, seharusnya, karena kenyataan berkata lain. 15.30 kami penumpang SJ 563 diminta berkumpul, kirain bakalan naik pesawat, eh malah dikasih nasi kotak per-orangnya. Delay mameneee, sampe 16.20. Lumayanlah aku bisa dapat makan siang gratis, masalaaahhhnya saudara-saudara sebangsa dan setanah air, apa kabarnya travel yang di Surabaya? Masa' iya aku mesti terlunta-lunta lagi di Djuanda. Oh TIDAK!!! Untungnya pihak travelnya mau mengerti, dan akhirnya mereka mau nunggu. Entar deh aku kasih kontaknya, kali-kali aja ada yang butuh gitu.

Nah, karena udah cerita tentang Delay dan Nasi Kotak, disini inti dari tulisan ini. Kalian yang udah sering naik pesawat pernah kan ngerasain yang namanya Delay? PERNAHHHH!!! nah aku tahu itu kalian. Hehe :). Aku udah lumayan sering ngegembel di bandara gara-gara jadwal keberangakatan yang di tunda. Tapi baru kali ini dikasih nasi kotak. Pertama kalinya, karena aku naik Sriwijaya, bukan L*on seperti biasanya. Hah, kapok aku sama L*on kalo soal Delay, sumpahlah aku pernah terlunta-lunta di Djuanda, mau ke Jogja selama lebih dari 5 jam, jangankan nasi kotak, air putih segelas aja ga ada. Jangan deh air putih, permen 1 biji aja kagak ada.

 

Masih soal Delay Delay itu. Terlambat 4 jam jika kesalahannya dari pihak penerbangannya, kami disogok nasi kotak, bahkan ada yang tidak memberikan apa-apa karena harga tiketnya yang murah. Ga pulang modal mungkin kalau ngasih kompenasasi keterlambatan penerbangan. Tapi bukan itu masalahanya. Terus apa? Masalahnya itu adalah kenapa kami cuma di sogok nasi kotak, padahal kalau kami penumpangnya yang telat check in 5 menit aja, tiketnya hangus. Ga adil kan?! Aku malah hampir nangis waktu tiketku hangus karena terlambat check in dan mesti beli tiket lagi, kena potongan harga sih, tapi kalau harus bayar 90% dari harga tiket ya podo wae, sami mawon, beda tipis, ya sama aja boong kan?!

Setelah pemikiran panjang soal Delay ini, akhirnya aku mendarat di Djuanda dengan selamat pukul 18.30 waktu setempat, dan siap melanjurtkan perjalanan dengan travel sampai ke Jogja, karena bapaknya masih nungguin saya ternyata.

Nomor Travelnya : 085385755758, namanya ga tahu siapa. Hubungin aja, bukan tipu-tipu kok. Oh iya, dan sedikit saran, jangan lupa tanyain harga sewa-nya berapaan, soalnya supir yang ngejemput beda sama orang travelnya. Kalo kalian ga tahu harganya bisa-bisa kayak aku yang dimintain Rp 170.000,- padahal biasanya Jogja-Surabaya Rp 110.000,- paling barter Rp 125.000,-. Jadi, daripada duit Rp 50.000,- yang bisa buat nasi telur 10 piring di Jogja dikasih percuma ke supir travel yang udah punya gaji emang, mending ditanyain dulu sewanya. Okeh?

Jadi, kesimpulan dari tulisan ini adalah istilah 'pelanggan adalah raja' tidak berlaku untuk tiket pesawat. Anda terlambat, tiket melayang. Pesawat mengalami keterlambatan, ya tergantung anda membeli tiket maskapai mana. Kalau si singa terbang itu sebaiknya segera keluar dari ruang tunggu, nyari tempat makan, atau ga cari tempat roti boy deh yang harganya murah tapi mengenyangkan, tapi lebih aman lagi kalau bawa makanan sendiri, ga usah malu diliatin orang, mereka ngeliatin karena iri, kenapa mereka ga bawa makanan juga kayak kamu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar