iklan

Rabu, 24 September 2014

Desa walima

Hallo...

Mari kita membahas tentang liburan saya barusan. Dimana? Dimana? Di kota tercinta dong. Hulondhalo lipu’u a.k.a Gorontalo kampungku.

Letaknya dari rumahku Cuma setengah jam. Iya, setengah jam doang, 30 menit, tapi jalannya mendaki gunung lewatin lembah (Ninja hatori banget). Pastiin motor atau mobil lagi dalam kondisi bagus kalau pengen kesini, jalanannya kecil Cuma muat buat 1 mobil, kalau pas-pasan susah, naik turun gunung, aspal sih aspal tapi ya masih suka ada bolongnya, plus ada bonus sebelah kiri laut dan sebelah kanan gunung. Adventure banget bro.. haha

Oh lupa ngasih tahu kemana wisatanya. Maaf, saking bersemangatnya. Kemana kita? Ke Desa walimaaaaaaaa. Aku udah pernah ngebahas tentang walima kan? Di liat aja, oh iya masih ada hutang ngebahas tentang kue kolombengi, nanti ajalah. Gampang :p

Lanjuuuutttttt...

Temen-temenku sih udah pada kesana, tahu sejak diresmikan kali. Katanya sih diresmiin pas tanggal 12 bulan 12 tahun 2012. Berarti hampir 2 tahun sejak diresmiin, aku baru kesini. Nah, aku kan suka iri gitu kalau liat foto orang liburan, apalagi kalau tempatnya deket dari rumah. Gregetan pengen ngeliat lansung pake mata kepala sendiri.

 

Ini foto yang bikin penasaran

Berangkat dari rasa penasaran sama Desa Walima, berangkatlah aku nih, minta dianterin sepupu. Nah, aku udah cerita jalannya kan, sekarang tempatnya. Desa walima-nya sih gampang aja ditemuin, wong ada gerbang masuk dengan walima guede banget jadi hiasan gerbangnya, ga bakalan salah deh. Masalahnya itu, tempat yang ada gubuk-gubuknya kayak difoto itu dimana? Ga ada plangnya sama sekali teman-teman. Kalau kalian males nanya, cukup ikutin naluri, atau baca petunjuk dariku. Haha. Nanti, lewatin jembatan gitu,sebelum nemuin jembatan, mending lurus aja jangan belok belok, ntar nemuin pertigaan, belok ke kiri, yang jalannya yang ga diaspal itu . Disitu ada plangnya? Ya gaklah, orang aku aja kebablasan, kalau bukan anak muda sekitar situ yang bilang. Jadi daripada kalian ngikutin jejakku, lebih baik kayak lagunya noah, menghapus jejakmu. Eh mulai ngawur, oke lanjut lagi...

Udah masuk jalan ga diaspal itu kan. Nahhhh, nyari tempatnya deh. Tempatnya dimana? Belakang rumah orang saudara saudara sebangsa dan setanah air! Sueeerrr... Ini aku masuk lewat pager rumah orang, jalan ke belakang, dan nemu deh itu gubuk-gubuk itu. Pager warna pink, kalau petunjuk anak muda disana. Sebelah kiri jalan, gampang kok ditemuin, liatin aja yang pagar warna pink, ga jauh dari pertigaan itu.

Isinya gimana? Nah kalau kamu pernah ke candi prambanan atau ga candi borobudur, pasti suka ngeliat batu- batu yang ditata gitu kan? Ngehias halaman, nah disini ada juga. Gorontalo bisa olo (Dibaca: Gorontalo bisa juga, itu salah satu lagu anak muda gorontalo, yang sempat ngehits dibawain kripik hulondalo, grup rap lokal). Batu tapi bentuknya kayak kayu. Warna-nya juga. Tapi aku lebih nyaranin ke gubuk-gubuknya itu deh.


Ini hasil fotoku, entah karena aku bukan fotografer atau emang kondisinya udah jauh beda

Dari tadi aku ngomong gubuk mulu. Kayak lagu dangdut aja, gubuk derita. Haha. Oke lanjut. Gubuk yang difoto diatas, bagus kan? Ya siapa juga yang ga penasaran. Nah, tahu ga gubuknya itu tahu ga ada berapa? Empat doang! Iya Empat doang!!! Bagus? Yailah.. Bagus kalau buat foto, tapi udah ga sebagus foto diatas.

 Rame? Hmm, karena aku pertama datangnya hari minggu, ya rame, pas kedua kali datang hari selasa. Sepiiiiiiiiiiiiii banget, bahkan warung yang jualin makanan burung aja tutup. Warung satu-satunya disitu. Oh iya, selain gubuk, ada burung dara juga disini. Burung dara-nya cantik-cantik, yang warna-nya hitam itu pengen dibawa pulang, tapi sayang ga bisa ditangkap. Dimarahin? Ga tahu juga ding kalau dimarahin apa ga, tapi beneran susah ditangkap, wong ngasih makan di tangan aja burungnya pada waspada gitu. Ngerti kali, aku sama sepupuku niat jahat. Haha

 




Lumutan bro

Dipikiranku itu, tempat wisata ini, guede. Hah, aku kecewa, karena ternyata tempatnya kecil, dan kolamnya udah ga ada airnya. Keriiiinggggggg, entah karena emang lagi musim kemarau, atau karena tempatnya yang ga ke-urus. Iyap, tempatnya memang tidak ter-urus. Mungkin karena kesini tidak dipunggut biaya alias gratis, jadi untuk pemeliharaanpun tak ada dana. Atau mungkin karena ini udah 2 tahun berlalu? Entahlah. Padahal, asli loh sumpah, ini tempat bagus banget. Ya kalau Cuma buat foto sih masih bisa banget, dari 1 sampe 10, aku kasih nilai 7-lah.

Nah, selain gubuk-gubuk, burung dara dan kolam yang kekeringan, Desa walima juga masih punya masjid walima. Ya wajib punya masjid lah, Gorontalo itu serambi madinah man. Kalau Aceh, serambi mekah, Gorontalo serambi madinah-nya. Gorontalo bisa olo. Kubahnya itu dari walima bapak bapak ibu ibu semuanya. Tapi, sekali lagi jalannya nanjak, tapi ya bisa naik sepeda sih, wong pas itu ada 6 orang yang naik sepeda. Gokillll, padahal aku naik motor aja, udah berdoa banget jangan sampe motornya mundur, atau pas turun, ga meluncur bebas, nahan rem terus. Haha, maklum masih amatiran gitu bawa motornya.


Masjid walima, itu yang warnanya kuning-kunig itu walimanya

Selain Masjid walima ada juga satu obyek yang bagus banget buat foto. Pemandangannya juara bangetttttttt. Apa ya menyebutkannya? Hamparan laut sama pemandangan gunung itu asli keren banget. Tapi kesini jangan terlalu sore, gelap, dan selain hari minggu mending jangan deh kalau cewek-cewek doang, sepiiiiiiiiii bangettttt. Jangan nyari penyakit deh, beneran.


Bagus kan pemandangannya. Itu sepupuku modelnya

Kalau yang ini, udah jelas narsis


Selain pemandangan itu, ada undakan yang bisa dari semen gitu yang ditulisin hari, dari kiri ke kanan. Hari jum’at,kamis,rabu,selasa,senin,ahad,dan sabtu. Maksudnya apa? Entahlah, di kesempatan pertama aku dan sepupuku beranggapan kalau maksud hari itu adalah hari kelahiran kami, karena aku lahirnya hari senin, aku foto diatas batu hari senin. Di kesempatan kedua, kata bapak-bapak yang disitu, katanya foto sesuai hari kedatangan, karena kami datangnya hari selasa, jadi foto di batu selasa. Padahal foto disemua hari juga bebas-bebas aja sih. Haha,tergantung maunya aja.

Aku sih ga keberatan kalau misalnya tempat wisata ini dipungut biaya masuk. Minimal aja deh, Rp 2.000,- per kepala, dan duitnya dipake buat pemeliharaan. Dicat gitu, dibersihin, dirawatin, diramein, kan bisa jadi tujuan wisata. Jalannya? Perjuangan dikit buat ke tempat bagus kan ga masalah, kalau ada dananya, aspal sekalian jalannya, pakein lampu jalan kalau perlu. Apalagi kalau sampai dikelola dengan baik, kan bisa nambah penghasilan daerah. Tempatnya disarankan banget kalau pengen foto profil baru.

 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar