iklan

Sabtu, 28 Mei 2016

Bukan hanya pantai, museum timah juga ada di bangka







Setelah dapat 5 pantai sebelum adzan dzuhur dan ke BBG sebagai bonus. Sore itu masih di hari ke-2 solo travellingku ke bangka, aku nyari tempat yang adem-adem, yang tenang, yang nambah ilmu. Kenapa? Travelling itu bukan Cuma soal datang ke tempat wisata, foto-foto buat pamer di medsos, tapi kalau bisa nambah ilmu juga.

Jelas dengan travelling, pandanganmu lebih terbuka, tapi otakmu juga harus diisi. Harus di upgrade sama hal-hal baru. Jadi travelling itu bukan Cuma puas-puasin mata lihat yang indah-indah, tapi juga puasin otak sama yang bermanfaat. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui kan.

Tujuannya.. Museum Timah. Yudo sampe heran kenapa aku milih ke museum, dia yang dari lahir aja ga pernah masuk ke museum, katanya paling isinya ga ada yang menarik. Ah, anak muda.

Karena Yudo yang anak pribumi aja ga pernah masuk museum itu, jadi tidak ada gunanya nanya ke dia waktu buku museumnya tuh sampe jam berapa, jadi aku searching mbah google lagi. Museumnya tutup jam 4. Dan waktu itu udah jam 3 lewat, dan mendung. Jadi biar bisa nikmatin waktu berlama-lama di museum, akupun segera berangkat. Sendiri, Yudonya kerja, lagian kasian nemenin aku main terus.

Pas keluarin motor, eh..jalanan depan penginapan macet. Usut punya usut ada pawai gitu. Ada TNI AU,TNI AD,satpol pp, polisi, mahasiswa, murid, tumplek di jalanan depan masjid jamik. Mampus, museumnya tutup jam 4. Dan lagi-lagi kepanikanku bikin Yudo ikutan panik juga. Bentar-bentar dia ngeliatin iring-iringan tuh udah selesai apa ga. Baru setengah 4, iring-iringan itu selesai.

Hpfff..untungnya aku udah ngerti jalan ke museum tuh gimana, dan jaraknya dengan motor juga ga nyampe 10 menit, jadi aku masih sempat masuk dan menjelajah museum yang tidak terlalu besar ini.

Pas masuk, ga ada orang disitu tapi di dalam ada suara. Aku manggil-manggil ga ada yang jawab, ya udah aku masuk aja tapi ga lupa nulis nama di buku kunjungan. Pas masuk udah agak jauh, ketemu sama mbak-mbak yang lagi fotoin anak SMP 4 orang, ngeliat aku dia kaget. Dan aku jelasinlah kenapa aku nyelonong masuk aja. Yang paling aku suka dari mbak ini, lupa nanya namanya siapa, adalah mbaknya baik banget. Meskipun aku Cuma datang sendiri, dia mau ngejelasin semua yang di dalam museum kepadaku. Biasanya kan kalau aku masuk museum, penjaganya ga peduli sama pengunjung yang datang sendiri, kecuali bule. Mereka lebih suka melayani yang gerombolan gitu. Dan satu lagi, mbak-nya juga baik banget, nawarin terus “mau difoto disitu ga kak?” terus “ganti gaya kak” atau “ulang kak”.

Nah disini aku ngelihat miniatur kapal yang tadi aku liat di pasir padi, yang kata Yudo buat ngeruk belerang dari dalam laut gitu. Ada loyang-layang gitu di depannya, lucu bentuknya. Tapi aku jadi ngebayangin itu loyang-loyang itu kan ngambil-ngambilin timah di laut bangka. Berarti laut bangka tuh dalaaaammmmm banget ya. Mampus kalau sampai tenggelam, ga ditemuin kali ya, apalagi entar aku bakalan nyebrang ke belitung naik kapal. Semoga ga ada deh kejadian aneh-aneh, biar aku ga perlu menunjukkan kemampuan renang gaya batuku.

Setelah dijelasin dari awal sampai akhir sejarah timah di pulau bangka lewat penemuan-penemuan yang diletakkan di dalam kaca. Tur museum itu berakhir dengan nonton film tentang timah.

 




penggunaan timah

Aku keluar museum tepat jam 4, dan baru sadar kalau sempat turun hujan pas aku di dalam, melihat jok motor yang basah dengan air. Udara dingin tiba-tiba membuat perutku lapar, dan tujuanku adalah mie koba. GPS kembali di keluarkan, ngetik aja mie koba, dan pilihannya bakalan muncul. Aku milih yang paling dekat dari museum. 15 menit. Namanya “Mie Koba” dekat dengan kantor pemerintah gitu, aku lupa kantor apa, di gang gitu, tapi rame tempatnya. Kenapa? ENAK BANGET SOALNYA!!!

Menu disini Cuma mie koba. Tapi asli enak banget. Mie koba tuh mie biasa, tapi pake kuah ikan warnanya cokelat-cokelat gimana gitu, ini nulis aja aku udah ngebayangin mie-nya sambil ileran, sumpah enak banget, apalagi pas abis ujan gitu. Aku tidak foto mie koba wujudnya seperti apa? karena aku tidak terlalu suka foto makanan, terus di share. Bukan style-ku. Tapi untuk memperjelas mie koba itu kayak apa, aku ngambil foto di google. Anw, harga seporsinya ga tahu berapa, tapi pas aku makan mie koba sama air mineral totalnya Rp 15.000,-



Oh iya, motornya kali ini sewa Rp 50.000,- kan seharian.

4 komentar:

  1. Mantappp. Berarti dimuseumnya cm 30 menit ya??

    BalasHapus
  2. Iya,kira-kira segitu,tapi tergantung kecepatan bawa motor sih. Aku rada pelan bawa motornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dr th ini, mirip sama temenku 😆😆😆

      Hapus
    2. Lama jg ya ternyata. Kirain temenmu dulu 🤣

      Hapus