iklan

Rabu, 01 Juni 2016

Sekali pergi, dua tiga pulau didatengi



Jadi sesuai sama judulnya. Sekali pergi, dua tiga pulau di datengi itu karena aku kalau backpackeran tuh suka sekalian. Biaya tiket pesawat tuh muahaaalllllll dari manado atau Gorontalo untuk kemana-mana, jadi daripada udah bayar tiket mahal-mahal terus Cuma datang ke satu tempat aja, ya kan rugi banyak bandar. Untuk itu kenapa liburanku terakhir tujuan utamanya sih Belitung emang, tapi ya jakarta sama Bangka jadi tujuan juga biar bisa banyak foto liburanku. Hahaha.

Bangka udah 2 hari. Jadi pindah ke Belitung. Nyebrang pake jetfoil dengan tiket ekonomi seharga Rp 142.000,- dan tambahan di pelabuhan Rp 7.000,- jadi di total Rp 149.000,- dengan tempat duduk yang nyaman dan tontonan gratis.

Dari penginapan melati ke pelabuhan, kamu punya 3 pilihan. Pertama naik angkot merah dengan tarif Rp 10.000,-, kedua naik taksi dengan harga Rp 30.000 – Rp 35.000,- ketiga minta dianterin orang penginapan, gratis, ga perlu bayar. Untuk yang terakhir kayaknya bakalan susah, tapi aku..emang dasarnya lagi beruntung kali. Yudo yang lagi-lagi nawarin diri nganterin sampe pelabuhan. Ya seneng dong aku. Gratis. Ya aku mau-mau aja.

Nyebrang dari bangka ke belitung tuh isinya kebanyakan backpacker. Dengan tas-tas backpacker gede, dan rame. Katanya emang lebih rame dari bangka ke belitung daripada belitung ke bangka. Perjalanan dengan jetfoil tuh butuh 4-5 jam. Nyaman kok, jadi ga terasa. Kalau lapar bisa beli pop mie dengan harga Rp 15.000,-/ cup-nya. Aku tidak beli, karena pagi tuh udah sarapan kue di penginapan, dan makan bubur ayam juga, jadi daripada makan pop mie, aku memilih nyari makan di belitung aja.

Awalnya film yang ditayangin di layar tuh tentang bencana alam gitu, yang kapal tenggelam-tenggelam gitu. Astaga!!! Ini pengalaman pertamaku naik kapal gede, terus ditayangin yang model gini. Udahlah aku istigfar terus sampai ketiduran. Bangun-bangun pas mau ditayangin Batman vs Superman. Ya udah melek lagi, nonton lagi. Oh ya, sedikit saran, kalau pengen beli pop mie. Cepat-cepat, soalnya stoknya terbatas.

 


Sampai di Belitung, tuh pengen nangis. Akhirnya nyampe juga di negeri laskar pelangi. Kebetulan aku punya temen yang suaminya kerja disini, jadi dia yang datang menjemputku di pelabuhan, dan sebelum mengantarkanku ke hotel, kami ke pantai tanjung pendam dulu. Jaraknya deket, bisa jalan kaki kok, tapi aku ga tahu berapa lama.

Ga dapat sunset :(

airnya lagi surut banget

Aku tuh rencananya nungguin sunset disana, tapi mataharinya ketutupan awan, abis ujan soalnya. Jadi aku, ade, fathi dan faiz (anaknya ade)  makan aja di salah satu cafe yang banyak di sepanjang pantai ini.

Puas makan dan udah mau magrib maka kami pindah mencari hotel yang sudah ku-booking dari jauh-jauh hari itu lewat aplikasi traveloka. Hotel Citra 21 di jalan Sriwijaya. Kata ade itu mah deket sama rumahnya. Berarti ga susah dong nyarinya. Kenyataannya? SUSAH!!! Kenapa? Hotel ini ga ada papan namanya, patokannya depan KFC aja deh sama sebelah kirinya ada toko bakery gitu. Ade sampe berkali-kali memastikan kalau aku nginep di rumahnya aja daripada nginep di penginapan ini. Tapi kan udah keburu di bayar, eman-eman duitnya. Udah gratis sehari gara-gara ga ada jadwal jetfoil, dan aku harus nambah bayaran penginapan di bangka, untung Cuma Rp 55.000,-.

 

Kalau susah,lihat ini aja petunjuknya

Kfc depan Hotel Citra

Setelah meyakinkan berulang-ulang kali ke ade, akhirnya dia melepaskan aku nginep di hotel citra juga. Menurut aku tuh, tidur ya dimana aja, asal bisa lurusin badan aja. Kalau ade ya dia ngeri kali lihat temennya nginep di tempat yang dia ga tahu gimana, padahal bisa nginep di rumahnya.

Akhirnya aku check in juga. disambut sama si ibu-ibu punya hotel. Langsung dianterin ke kamar, dan hebatnya hotel ini aku disuruh pilih mau ngambil kamar yang mana, ada yang single bad, sama yang two bad. Aku milih yang two bad lah, yang depan mushola, lagian ga perlu nambah bayaran ini.



Hotelnya bersih, ga mengecewakan, ibunya baik, kemana-mana deket, dan yang paling penting murah. Apalah arti sebuah nama kalau kata shakerspear mah. Lagian aku tuh backpack bukan suitcase. Udah bayar tiket pesawat mahal, mau bayar penginapan mahal juga? bangkrutlah awak.

Setelah sholat magrib, aku keluar cari makan. Kalau rekomendasi ade yang udah 2 tahun tinggal di bangka, tempat makan yang enak itu di Rumah Makan Diva, yang kebetulan tempatnya sebelahan sama KFC, yang notabene-nya ada di depan penginapanku. Setelah melihat menunya aku memilih sapo tahu, nasi putih dan jeruk kunci. Harganya Rp 50.000,-. Terbayarlah sudah aku Cuma makan mie ayam tadi pagi. Porsinya buanyaaakkk banget, padahal aku udah kelaparan dan alhasil sapo tahu-nya masih juga belum habis. Saran sih kalau mau makan sapo tahu disini, mending ajak-ajak temen, porsinya bisa buat 2 orang. Oh iya, sapo tahunya enaaaaakkkkk bangettttt, dan jeruk kunci yang jadi minuman khas belitung tuh enak. Manis manis gimana gitu, tapi aku lebih suka es jeruk biasa deh.

 


2 komentar:

  1. Ngulang baca lagi. Semangat saye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie yg mau liburan ke Belitung. Jadi tulisan 2017 dibaca lagi 🤭🤭

      Hapus