iklan

Rabu, 27 Juli 2016

Napak tilas kehidupannya Ikal,Lintang dan Mahar


Jam setengah tigaan setelah batreiku terisi 50% dan aku sudah kenyang dengan nasi ayam robe serta segar dengan 2 gelas jeruk kunci, berangkatlah aku meninggalkan Manggar menuju Gantong. Tujuannya? Apalagi kalau bukan Sekolah rewot paling legendaris sedunia. SD MUHAMADIYYAH GANTONG, tempatnya ikal, mahar, lintang sekolah, yang kelasnya Cuma 2, dan hampir roboh, disanggah pake pohon aja. Kesanalah tujuanku.

Tapi sebelum itu, aku ke museum kata dulu. Museum punya Andrea Hirata si penulis favoriteku. Pas aku kesana, pintunya lagi di pugar, aku sampe harus muterin 2 kali untuk meyakinkan tempatnya dimana, karena kata GPS tuh udah nyampe, tapi kok ga ada pintu masuknya gitu.

Pas markir motor, letakin helm, ada rombongan bus gede yang tiba disitu juga. Loh ini kan supir-supir yang tadi. Aku kenalan dengan salah satu supir, namanya Pak Hepi, sebelum aku masuk ke dalam museum kata, ngikutin rombongan entah dari mana itu. Disini sih ga ada biaya masuknya, tapi di depan pintunya ada kotak yang buat perbaikan gitu, Rp 2.000,- aja kok, ga banyak, aku masukin duit, kan buat pemeliharaan, kalau yang rombongan itu ga ada yang masukin duit, nyelonong masuk aja, ada yang ngedekat, tapi Cuma foto aja.

Di museum kata ini kayaknya semua sudut bisa dijadiin latar belakang foto. Lantainya banyak tulisan-tulisan inspirasi, dindingnya banyak foto-foto yang isinya tentang film laskar pelangi, tentang kata-kata inspiratif, tentang buanyak hal keren. Di belakang ada cafe, ada toko souvenir, bisa kirim pos juga. Keren pokoknya.





Aku keluar pas adzan ashar. Di depan museum kata ada masjid, jadi aku sholat disitu. Habis sholat, dengan izin Pak Hepi yang bilang “Awas hujan” karena langitnya yang sudah gelap, berpindahlah aku ke tujuan utama SD MUHAMADIYAH GANTONG.

Kalau kamu naik motor, sama kayak aku. Ada petunjuk jalannya, tapi pas di depan SD-nya kamu ga bakalan tahu. Lagi-lagi aku muterin tempat itu 2 kali, gara-gara sekolahnya ketutupan sama pohon-pohon gitu, kirain tuh di pinggir jalan gitu. Disini ada retribusi masuknya, Rp 3.000,-, dan seketika bulu romaku berdiri dan brambang pas lihat gedung sekolahnya, padahal itu aku masuknya ga dari depan loh, dari belakang. Yaalah ini sekolah tempat orang-orang keren sekolah. Andrea aja tuh udah terkenal banget sekarang, lintang yang jenius itu. aduh, aku bisa nangis kalau ingat isi buku laskar pelangi dan sekarang sekolah itu ada di hadapanku. Kalau ga inget banyak orang yang foto-foto disitu juga, aku nangis beneran kali.

 


Liat Plang ini aja udah bikin aku brambang. SUMPAH!



Pas selesai aku mengagumi bangunan sekolah legendaris itu, bus-bus gede rombongan pak Hepi datang, dan lagi-lagi aku pamit sebelum pindah ke tempat berikutnya. Ini sih sebenarnya ga masuk itternity, tapi tempatnya bagus, tepat depan sekolah laskar pelangi. Katanya sih itu namanya “keong mas”, anyaman bambu gitu, tapi keren banget, tempatnya ada di atas danau gitu yang tenang, jadi tempat ngumpulnya anak muda sekitar, dan ada yang pacaran juga,




Tak berlama-lama aku segera menuju tempat terakhir yang menjadi tujuanku. Bendungan PICE. Bendungan ini, guedeeeeee banget, ada tamannya, dan banyak yang foto serta mancing. Aku curiga ini tempat andalan cowok-cowok kalau mau nembak cewek saking enaknya tempat ini. Hehe.





Tapi aku tidak berlama-lama disini, langitnya udah gelap beneran, dan aku harus kembali ke tanjung pandan dengan motor. Nyampe di penginapan tepat setelah adzan magrib dikumandangkan, sampe lupa ngisi bensin lagi karena ngejar magrib. Hehe.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar