iklan

Kamis, 10 November 2016

Batu Caves


Setelah sarapan, aku kembali ke KL Sentral. Bergumul dengan banyaknya manusia yang siap dengan urusan mereka masing-masing. Semalam aku sudah nyari info kalau ke batu caves kita harus naik KTM (monorail) dengan tujuan akhir batu caves. Ongkosnya a.k.a tambang kalau kata orang malaysia tuh RM 2,60.

Dan kebingungan kembali menghampiriku. Kamu ga bakal ketemu loket tiket, yang ada tuh mesin tiket otomatis. Jadi kita tinggal masukin duit aja. Aku perhatiin orang-orang kok ya sama bingungnya sama aku make mesinnya gimana. Mana ga ada petugas yang bisa ditanyain. Maka aku memberanikan diri (ini setelah berkali-kali merelakan antrianku karena takut malu ga ngerti cara pake mesinnya), pertama ngetik bahasa melayu. Nah bagian sebelah kanan atas tuh bakalan ada abjad gitu. A,B,C...dst sampe z. Nah berhubung aku pergi ke tujuan yang awalnya B, jadi pilih aja deh tuh B. Abis itu bakalan muncul tempat-tempat tujuan KTM dengan awalan huruf B, tinggal cari deh tuh Batu Caves.

Abis itu, di layar bakalan di tampilkan jumlah yang harus kita bayar. Pilih tunai dulu, terus masukin duitnya ke mesin. Kalau ga ngerti masukin duitnya gimana, nanti bagian mesin sebelah kanan bawah, bakalan kelap kelip (lampu dikota...dududu), hehe... nah masukin deh duit, misalnya nih ke Batu Caves kan ongkosnya RM 2,60. Masukin deh duit kamu, mau yang RM 1 kek, 10 sen kek, 5 sen kek, RM 5 kek, RM 10 kek, tapi jangan masukin RM 50. Nanti di mesinnya bakalan muncul tulisan “tuker duit ye?” hahaha...becanda, becanda. Mesinnya ga nerima duit RM 50. Susah mesinnya ngebalikin duitnya.

Oh iya, kalau yang masukin RM 5. Terus bertanya-tanya dalam sanubari duit kembaliannya gimana? Gampang...mesin bakalan balikin duit kamu sesuai jumlahnya, ga mungkin di korupsi. Abis bayaran nih trus kita dapat apa? Tiket? Hmmm... anda salah pemirsa. Yang keluar tuh koin plastik yang bakalan kamu gunakan di mesin buat masuk. Caranya? Tempelin aja tuh koin yang dari mesin tiket itu di pintu masuknya. Oh ya, jangan nempelin di pintu yang ada gambar x merahnya ya, itu pintu buat keluar, cari yang warnanya ijo. Tempelin, tunggu palangnya hilang dan tinggal masuk. Koin plastiknya di simpen sampe tujuan, nanti di masukin ke pintunya lagi biar bisa keluar. Ya kalo ga pengen keluar dari stasiun ya ga usah masukin ke pintunya. Simpen aja buat kenang-kenangan. Haha.

Nah, kembali ke tujuan semula. Batu Caves. Udah nempelin koin di mesin nih, aku langsung menuju ke platfom 3. Ke kereta yang menuju batu caves. Nah...ini lagi nih, soal platfom. Kudu banget dilihat tujuan kita bakalan ke mana, dan keretanya di platfom mana. Misalnya kita mau ke batu caves tuh, platfom 3, ya kudu ke platfom 3, jangan ke platfom 1, ga nyampe-nyampe batu caves-lah pokoknya. Aku cari tahu gimana? banyak-banyakin baca apapun yg di dalam stasiun. Ada petunjuk pas dari pintu masuk tuh kamu kudu ke platfom berapa. Kalau takut salah, tanyain aja petugas yang ada di bagian tengah-tengah KL Sentral, entar bakalan ditunjukin mesti ke platfom berapa.

Udah turun tangga mau ke platfom 3, aku denger kayak ada suara-suara orang Indonesia ngobrol. Pas balik badan, ada cewek berempat. Dan SKSD aku kambuh. Merasa sesama Indonesia, langsung deh nanya mereka mau kemana. Dan... Yeay...mereka mau ke Batu Caves juga. Udahlah bareng kita. Sama-sama baru ke Malaysia sekali ini. Mereka juga sama nyampe Malaysia-nya sehari sebelumnya. Hotel mereka deket sama Hotelku, sama-sama Orang Indonesia, dan sama-sama cewek. Nah, aku dapet teman akhirnya ke batu caves.

Pas turun kereta, kita kudu naik ke atas. Ngelewatin pintu (yang masukin koin plastik itu biar bisa keluar), turun tangga lagi, dan tadaaaa.... jejeran orang india jualan yang bakalan kamu temui. Terus patung nan tinggi warna emas itu dimana? Nah..susurin aja deh itu penjaja-penjaja India itu dan kita bakalan lewatin pagar yang dibuka kecil sebagai pintu masuk dan keluar ke daerah Batu Caves, dan patung Hanoman warna ijo gede bakalan menyambut. Ada kuilnya juga, pengen masuk tapi bayar RM 5. Ga jadi deh.


Patung Hanoman di sebelah kanan pintu masuk

Selanjutnya.. ya foto sama patung nan tinggi warna emas itu dong. Tapi kayaknya lagi perawatan deh pas aku kesana, ada pagar-pagar lumayan tinggi soalnya nutupin patungnya. Tapi gak apa-apa, kualitas fotomu tidak akan berkurang. Apalagi ditambah burung-burung dara yang buanyaaaakkkkknya minta ampun. Tinggal kasih makan, dan kamu bakalan dikerumunin pokoknya.




Puas foto-foto. Aku berpisah dengan teman-teman Pontianak-ku ini. Mereka tidak suka naik ke atas dan melewati 272 anak tangga, mereka mau segera ke Mesjid Jamek, dan buru-buru karena malamnya mereka harus terbang ke Bangkok. Aku juga sebenarnya mau ke Masjid Jamek, tapi berhubung aku juga pengen naik ke atas, pengen ngetes kemampuan kakiku menaiki tangga 272 anak tangga itu, jadi aku putuskan untuk bersolo travelling lagi.

Sepanjang jalan naik tangga tuh, aku malah berasa ada di tawamangu, solo. Banyak monyet a.k.a munyuk-nya, suka ngambil makanan pengunjung juga. bedanya disini, banyakan orang India-nya lagi pada (mungkin) berdoa. Sama kayak tempat-tempat suci yang pernah aku datengin, pakaian-pakaian minim tuh biasanya bakalan di kasih kain biar terlihat sopan. Aku sempat lihat ada orang-orang India yang datang, cowok khususnya diminta kesediannya ngebawa seember pasir karena di atas lagi ada pembangunan. Oh iya, mungkin karena pada tanggal 29, ada hari Deepavali. Aku juga tidak begitu tahu sih apa itu hari Deepavali, tapi kayaknya hari besarnya orang-orang India.

Naik...

Naik...

Ga berasa udah nyampe puncak, ga ngitungin sih kalau beneran ada 272 anak tangga. Pokoknya segitulah,capek soalnya. dan aku bisa bilang teman-temanku dari Pontianak tuh bakalan nyesel banget kalau sampai lihat bagian atas tuh indaaahhhhhhh bangetttttt.

  


Bagus kan?


Minta tolong difotoin anak Pekanbaru yg ketemu di atas

Jadi, saranku kalau mau ke Batu Caves, selain ngasih makan burung dara, foto sama hanoman dan patung nan tinggi menjulang itu, sebaiknya naik ke atas. Bagus. Banyak spot foto menarik dan sekalian olahraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar