iklan

Minggu, 13 November 2016

Dataran Merdeka



Berhubung aku dari Batu Caves, jadi aku kudu balik ke KL Sentral dulu, dengan ongkos yang sama yaitu RM 2,60 kemudian pindah moda transportasi yaitu pake LRT. Nah, LRT itu sami mawon, podo wae, beda tipis, hampir sama dengan KTM. Beli tiketnya pakai mesin juga. Caranya... agak sedikit berbeda dari cara beli tiket di mesin KTM. Pilih mesin yang ada tulisan RapidKL-nya. Biasanya ada di depan pintu masuk LRT.

Pertama-tama pilih bahasa melayu, ya kalau situ suka pake bahasa Inggris sih, it’s oke. Up to you.

Nah, di layar bakalan muncul 4 kolom gitu, aku rada lupa apa-apa aja di layar, tapi kamu kudu pilih kolom ke 2. LRT Putra Line gitu. Nah, pilih deh kamu tujuannya kemana. Prinsipnya sih sama aja kayak KTM. Berhubung aku mau ke masjid jamek, maka tujuannya ke mesjid Jamek. Bayar Tunai, ongkosnya RM 1,60. Dan kembaliannya sama lagi-lagi koin plastik yang keluar, dan menuju platfom lagi.

Dari KL sentral Cuma 2 pemberhentian menuju mesjid jamek, pertama Pasar Seni a.k.a Central Market dan yang kedua, mesjid jamek. Keluar dari stasiun yang akan kamu temui adalah.... pasar dekat masjid India. Subhanallah, aku sampe muter-muter ga jelas nyari masjid jamek tuh dimana. Kayaknya sih aku emang ada sisi sama bangunan yang di renovasi, waktu di belitung di Vihara Dewi Kwan Im di revovasi, di Batu Caves di renovasi, nah ini masjid jamek juga di renovasi. Walhasil, aku bukannya ketemu mesjid jamek, malah ketemu Dataran Merdeka. Sebenarnya sih mesjid jamek sama dataran merdeka tuh satu kompleks, akunya aja yang ga ngerti, plus inget aku ga bisa google maps karena paket dataku ga berfungsi di Malaysia. Kartu-ku aja yang biasanya Telkomsel, jadi My Rapid kok. Maka semuanya sampai bisa nemu tempat-tempat tuh emang modal nekat dan bergantung kepada keberuntungan.


Penampakan Masjid Jamek dari Jembatan menuju Pasar Seni

Nah masih di seputaran kompleks itu ada Sultan Abdul Samad Building, dan sekali lagi aku muter-muter gara-gara jalanan ini tuh di tutup lagi di bangun stand-stand gitu, kayaknya sih untuk Hari Deepavali lagi. Bayangin aku siang-siang lagi mengandalkan nekat dan keberuntungan sok-sok foto selfie di depan bangunan yang aku ga tahu apa, pokoknya foto. Sementara turis lain bawa peta sebagai petunjuk, aku sok-sok-an mengandalkan insting.




Masih satu kompleks sama dataran merdeka, mesjid jamek dan Sultan Abdul Samad Building itu ada Muzium Tekstil Negara (National Textile Museum), ada Galeri Kuala Lumpur, dan Museum Musik. Kalau ga pengen masuk, cukup foto-foto aja di depan gedungnya. Bagus buat backround foto. Hehe.






Nah, berhubung udah siang, dan tadi di penginapan aku sarapannya Cuma pake nescafe sama roti lapis, udah naik turun tangga 272 anak tangga, udah muter-muter nyari mesjid jamek. Lapar dong. Iyalah. Pas turun dari LRT sih yang langsung kelihatan tuh Burger king, tapi kok ya males ya makan kentang goreng sama burger lagi, berasa bule. Cari nasi dong. Makanan indonesia tujuanku, karena pas nyebrang jalan, tadi sempat ngebaca tulisan “Nasi campur, bakso, dan ada bandung juga, aku lupa apa, tapi ada Bandungnya. Oh kalau Bandung, jelas Cuma punya Indonesia, orang Indonesia pasti yang punya. Seleranya bisa masuk lah. Nah, aku jalan dari museum textile, ngelewatin lapangan merdeka yang lebar itu, untuk sampai di tempat makan itu, dan TUTUP SAUDARA-SAUDARA. Oh tuhan, aku udah lapar banget, mana kaki-ku rada lecet lagi. Maka dengan sisa-sisa tenaga aku datang ke pasar yang tadi aku lewatin turun dari LRT itu, nyari makan lihat ada tulisan ‘Briyani Ayam Madu’... Hmmm, Nasi Briyani ada di list makanan yang harus aku coba. Ga pake lihat harga, langsung pesan Nasi Briyani Ayam Madu dan Teh tarik.

Kalau kamu mengharapkan nasi putih, maka siap-siap menelan pil kekecewaan. Nasinya campur-campur gitu. Ayam madu-nya manis banget (iyalah madu, mana gede banget pula), ada sayur dan santan. Maka, Cuma karena lapar aku bisa makan beberapa sendok makanan itu. dan lagi berjuang makan nasi dengan campur-campuran itu, pokoknya dalam hati ngebayangin nasi putih, pake dabu-dabu sagela dan sayur kangkung aja biar bisa ketelan, ada ibu-ibu sama bapak-bapak masuk pesan nasi putih dan lauk. DAMN!!!! Selera makanku yang emang ga ada, langsung bubar jalan. Udahlah yang penting udah makan pokoknya. Mungkin buat orang lain Nasi Briyani itu enak, buatku aku lebih suka yang simpel-simpel. Nasi putih pake telur goreng dan sambal juga udah enak banget itu. Oh iya, harganya yang aku bayar RM 14,20. Hitung sendiri rupiahnya berapa ya. RM 1 tuh Rp 3.250.

Nah, berhubung udah ada sedikit tenaga dari makan nasi briyani ayam madu (disebut terus biar kalian pada pengen) aku jalan-jalan di pasar itu dan ngeliat plang nama “Masjid India”. Aku Cuma foto-foto di depan, ga berani masuk. Bukan karena ga diizinin, tapi karena aku-nya yang emang ga bisa masuk. Yang cewek-cewek ngertilah.




Abis dari Masjid India, aku mau ke Pasar Seni. Naik LRT lagi? Ga usahlah, jalan kaki lagi, ngelewatin dataran merdeka yang luas itu lagi. Nemu? Ga juga. Ketutupan sama banyak gedung-gedung tinggi soalnya. Tanya polisi aja yang jaga. Nah kalau malu aku kasih sedikit gambarannya. Kamu udah di dataran merdeka, ketemu sultan abdul Samad building kan, jalan aja lurus sampe ketemu lampu merah, nah di lampu merah itu kamu belok kiri. Susurin aja jalan itu sampe sebelum lampu merah lagi belok kanan. Bangunannya warna biru, ada tulisan gede PASAR SENI. Mau masuk dari pintu depan kek, pintu belakang kek, sami mawon. Masuk aja, kamu udah di Pasar Seni. Nah, ngapain di pasar seni? Beli Oleh-oleh. Nawar-nawar boleh kok, anggap aja kamu lagi di pasar beringharjo apa di pasar senen gitu. Takut mereka ga ngerti bahasa kamu? Tenang aja...mereka punya translator sendiri dalam otaknya buat ngartiin bahasa kamu. Jadi kamu ngomong...ada proses loadingnya 4-5 menit sebelum dia menjawab. Tapi kalau mau lancar sih ya ngomong british aja. Haha.



Pintu utama Central market a.k.a Pasar Seni


Disini kamu mau nyari cokelat, gantungan kunci, kaos, pokoknya bejibun disini, suka-suka isi dompet kamu lah. Ada atm juga kalau pengen narik duit, tapi ikutin kurs hari itu ya. Aku pas narik kena RM 1 jadi Rp 3.270. kalau mau langsung nukerin duit juga di money charger, aku kebetulan punya duit Rp 100.000,- dan di tuker, Lumayan dapat RM 31,60. Jadi 1 RM-nya Rp 3.160. jadi terserah kamu sih mau tuker duitnya dimana.



Bukti transaksinya..buat kenang-kenangan aja, duitnya udah abis

Nah, abis belanja. Dan berhubung sudah capek, pengen buru-buru mandi. pulanglah kita. Siap-siap mau ke menara kembar a.k.a petronas nanti malam. Masa’ ke Malaysia ga ke menara kembar coba. Besok kan udah mau ke Melaka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar