iklan

Minggu, 06 November 2016

Solo Backpacker ke Malaysia,Melaka dan Penang




Jam 10-an aku udah check in di bandara Hassanudin. Penerbangannya sih jam 11 lebih, tapi ga papalah datang duluan, orang baru pertama kali ini keluar negeri, kali aja ada prosedur lain gitu.

Berhubung aku Cuma bawa 1 ransel besar, dan 1 ransel kecil yang masih bisa ku bawa-bawa tanpa harus masuk ke bagasi pesawat, aku langsung cetak boarding pass di mesin check in sendiri yang ada di dekat counter check in Air Asia resmi. Naik ke atas, ke gate 7. Passportku (BARU!!!) dicap pertama kali. Dan mari kita mulai perjalanannya.

Mulai pemeriksaan. Tas diperiksa, segala aku mesti buka sepatu ngelewatin detector segala, berasa mau masuk masjid aja, hehe. Biasanya kan ga gitu kalau naik pesawat, apa karena ke luar negeri yah, jadi jauh lebih ketat. Tas ransel kecil aman, tas ransel gede diperiksa lama banget. Dan walhasil, barang-barangku banyak yang disita, ga bisa dibawa. Susu kotak milo, ini padahal rencananya mau aku bandingin sama susu kotak malaysia karena katanya rasanya lebih enak yang punya malaysia, tapi ga bisa dibawa, ya sudahlah direlakan saja.

Yang ga bisa kuterima adalah sunblog-ku yang berupa cairan, dan botolnya rasa gede emang, ga bisa dibawa, padahal itu baru aja ku beli di oriflame. Dan dengan polosnya aku nanya apa boleh disimpan, karena seminggu berikutnya kan aku bakalan balik ke situ lagi, dan ngambilnya, dan petugasnya sambil nahan senyum bilang kalau ga boleh. Dan aku harus dengan ikhlas melihatnya masuk ke tempat sampah padahal dipake aja belum, buka segelnya aja ga :’( jadi kesimpulannya, ga usah bawa cairan apapun itu lebih dari 100ml. Aqua aja masuk tempat sampah, tapi biasanya kalau minuman gitu ditawarin dulu di abisin di luar gate, baru masuk lagi.

Sambil nunggu, aku tuh rada penasaran, aku kan beli tiketnya pp, kok Cuma dikasih boarding pass pergi doang. Pulangnya? Nah..nanya sama petugasnya, dan bilang kalau harusnya aku cetak tiket. Karena waktu boardingnya udah dekat, mereka ga bisa cetak tiket lagi, jadi mending cetak di Malaysia aja. Mampus gue, nanti gue cetak tiketnya dimana? Manalah aku ngerti bandaranya kayak gimana.

 


Maka dengan perasaan was-was, terbanglah aku dari makasar menuju Malaysia. 3 jam lebih di dalam pesawat, akhirnya jam 15.30 aku nyampe bandara.

BLANK LANGSUNG!!!!

Ini bakalan kemana aku? Pokoknya ngintilin ajalah orang-orang yang wajahnya indonesia. Ternyata tuh kita ke imigrasi dulu, ke imigrasinya ini yang jalannya lumayan, jauhhhhhhh...

Pas di bagian imigrasi. Ibu-ibu yang jaga rada judes. Aku ditanyain gini langsung. “Di malaysia buat apa? Ku jawab “jalan” ditanyain lagi “Tak pulang?!” buset...pulang bu, pulang, aku Cuma belum cetak tiketnya aja.

Nah..setelah dijutekin petugas imigrasinya, aku kan ga perlu nunggu barangku dulu, jadi langsung keluar. Tujuan utamanya adalah kantor imigrasi. Dan pas keluar bandara yang aku temui adalah... MALL!!! Maka aku mulailah mengitari mall ini, dan karena udah lumayan capek, nanya sama petugasnya dimana kantor air asia. Nah, setelah ketemu kantornya, aku langsung minta di cetak tiketku.

Tiket pulang sudah aman. Sekarang caranya ke penginapanku yang pusing. Pokoknya aku nengok ke atas terus, ngeliatin petunjuk gitu kemana busnya. FYI, KLIA ini bandara iya, mall iya, terminal bus iya, terminal kereta iya juga. jadi kamu tinggal milih mau pake transportasi apa.

Nah, karena aku sudah searching dan nanya ke Kak Jeni (yang waktu itu ketemu di stasiun kiara condong) dia ngasih tahu kalau mau ke pusat kota a.k.a KL sentral, murahan naik bus, sekitar RM 11. Berhubung aku pas tuker duitnya RM 1 itu sama dengan Rp 3.250, jadi RM 11 itu sekitar Rp 32.500 ya. Dan kamu ga perlu ragu untuk harga segitu. Busnya nyaman minta ampun. Beda sama angkutan umum di Indonesia.

 

Tiket busnya

Nah, perjalanannya sekitar 2 jam-an sampe ke KL sentral. Sampe KL Sentral BLANK LAGI. Ini mall lagi tuhan. Ini terminal bus, mall, terminal kereta juga. Oh Tuhan ini aku ke penginapannya gimana. Udah lapar pula. Cari penginapan dulu lah. Pas lihat Hp. Betapa syock-nya aku. Paket dataku ga bisa dipake sama sekali, nanti aku google maps ke penginapannya piye coba. Bentar, aku lupa sesuatu, ngasih kabar orang rumah. Sms-lah aku. Ke papa dan mama, dan syock lagi pas ngecek pulsa langsung ludes gara-gara sekali sms ke Indonesia butuh Rp6.000,-. Mampus.


Suasana KL Sentral

Lapar, panik, syock, capek, udah datang sama-sama. Jadi aku memutuskan untuk makan dulu. Makan di tempat yang ada wifi-nya, dan yang langsung terlihat begitu di KL sentral ini sih ya... burger king. Ngantri, dan ga ada menu nasi. Iya iyalah. Namanya juga burger king, masa’ iya nyari nasi. Maka daripada cacing-cacing di perutku nanti ngamuk dan membuatku pingsan, aku pun memesan burger ikan, kentang goreng dan pepsi. Semuanya RM 9,00.

Sambil makan, mulai google maps. Di screenshot karena tahu begitu keluar dari sini, ga bakalan bisa google maps lagi. Kata google maps sih, aku cukup jalan 15 menitan. Okelah, gpp. Cuma 15 menit ini. Selesai makan, aku mulai jalan keluar nyari penginapanku, dan astaga...itu tidak semudah yang aku kira. Aku tersesat. Daripada makin tersesat dan udah mau malam, maka aku memberanikan diri nanya ke akak-akak cewek jilbaban yang duduk sendiri. Dan pemirsa, dia tidak tau juga, tapi dia dengan baik hatinya mau menggunakan hp-nya untuk google maps, nah mulai aku ngintilin dia, dan ternyata google maps versinya dia juga tidak membantu, nanya-nanya, ada kali 10 orang yang dia tanyain, dan ga ada yang ngerti Joy Inn Hotel tuh dimana. Dan dia harus pergi ketemu suaminya. Aku yang ngerasa bersalah karena dia udah repot-repot nyari, mempersilahkan dia pergi dengan meyakinkan dia kalau aku bakalan ketemu penginapanku sendiri.

Tapi, entahlah aku memang beruntung atau gimana. Google mapsku antara jalan dan nggak, tapi segitiganya tuh bergerak sesuai dengan arah jalanku. Ya Allah terima kasih. Maka mulailah aku jalan, dan akhirnya ketemu juga penginapan... Pods. Dan aha, aku inget kalau Pods itu searah sama Joy inn, dan alhamdulillah wa syukurilah, aku pengen nangis pas lihat tulisan merah gede Joy Inn Hotel.

Check in-lah aku. Anw, kita kudu bayar deposit RM 50,00. Tapi tenang depositnya bakalan di balikin lagi kalo kita check out, ini jaga-jaga aja kali aja nanti kamu ngilangin kunci, pengen nambah tempat tidur, pengen pake hair dry, pokoknya buat jaga-jaga aja, kalau ga kamu pake apa-apa, ya bakalan di balikin sepenuhnya. Aman.


Struk Deposit

Setelah ngerasa cukup istirahat, aku jalan lagi. Kali ini tujuannya ke pasar seni, kalau di goggle maps tuh dari Joy Inn Hotel Cuma butuh 25 menit. Okelah. Dan yang terjadi adalah, aku sudah tidak seberuntung tadi, segitiga di google maps-ku sama sekali ga mau gerak, jadilah aku muter-muter ga jelas. Dan aku baru menyadari 1 hal, KL sentral dan penginapanku itu dekaaaaaattttttt banget. Dari KL sentral kan udah di Nu Sentral tuh (mall) nah kita tinggal cari jalan keluar aja, dan nyebrang jalan sekali, udahlah nyampe ke Joy Inn Hotel. Ngapain juga muter-muter gemporin kaki. Huh..

 Dan ternyata bukan Cuma jalan pintas ke penginapan yang ku perhatikan, teryata ada orang india juga yang memperhatikanku jalan sendiri, dan nawarin buat minum dulu. Hiiiiiii... ga perlu nunggu hitungan 3, aku langsung balik kanan balik ke penginapan. Belum juga sehari, udah aneh-aneh gini. Biarlah aku nyimpen tenaga buat ke batu caves besok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar