iklan

Senin, 08 Mei 2017

Ngantur budget buat liburan


Judulnya kok kayak aku udah expert banget gitu yah liburannya. Sampe ngasih tips Kalau mau jalan-jalan. Padahal kan aku jalan-jalannya masih yang deket-deket,dan masih suka di-sangu-in ibuk bapak pula. Hehe. Tapi gak apa-apalah,Kali-kali Ada yang suka bertanya-tanya dalam hati,kok aku ga pernah kelihatan kerja,eh..Tiba-tiba main yang jauh. Entahlah. Itu mungkin Karena doa ibuk sampe aku bisa seberuntung itu.

Sebagai orang yang berdomisili di sulawesi. Khususnya Sulawesi Utara dan Gorontalo (Karena aku suka Bolak-balik), masalah tiket pesawat sangat menyita budget travelling aku. Udah aku budgetnya minimalis. Eh,setengahnya udah buat tiket aja. Makanya aku berusaha sekali pergi itu mesti,kudu,harus dan wajib hukumnya datang ke-2 Kalau bisa 3 tempat sekaligus. Kalau satu aja,rugilah awak. Nah,itu tips pertama,ga usah liburan pas emang lagi musim liburan. Aku pernah baca dan membuktikan sendiri Kalau Bulan April,September dan oktober itu harganya bisa 1/4 dari harga normalnya. Mayan banget kanPlus tempat wisatanya lagi kosong. Nah kamu mau selfie kek, jungkir balik kek, bebas. 


Waktu liburan ke Bangka Bulan April


Nah,Kalau teman-temanku suka nanya. Habis berapa buat liburan? Aku bakalan dengan bangga bilang 3-4juta aja (AJA?!!!! Itu duit bukan daun kali. Ngumpulnya susah).. Duit 3-4 juta tuh ga simsalabim abracadabra jadi Kalau pengen jalan. Aku mesti usaha. Mesti nabung. Berbulan-bulan. Bahkan Ada yang setahun cuma buat jalan. Itupun Perginya ga lagi musim liburan,biar harga tiketnya rada murah.

3-4 juta itu kemahalan buat gaya traveling? Emang aku akui. Itu jumlah yang besar. Mahal Kalau kamu bukan dari Daerah yang tujuannya mesti transit dulu,jadi harga tiketnya bisa Lebih mahal Karena 2x terbang. Aku lagu-lagi menegaskan. Aku dari Gorontalo dan Manado,dan untuk menuju tempat-tempat wisata itu aku setidaknya harus transit dulu ke makassar,balikpapan,surabaya bahkan jakarta.

Tapi menurutku sesuai sih. Sesuai dan sebanding dengan kepuasan yang aku dapet setelah liburan. Aku liburannya aman,pulang dengan selamat,dan ga bikin khawatir ibuk. Ini faktor "kekhawatiran ibuk" adalah faktor krusial Kalo aku main. Aku harus memastikan ibuk tidak khawatir dan pastinya memberikan izin agar aku jalan sendirian. Iyap. Aku kan banyakan solo travelling. Penting nih buat aku harus seizin ibu bapak (bukan Karena alasan sangu yah) Karena restu orang tua itu membuat perjalananmu mulus. Trust me,it work.


Tiket pp makassar-malaysia yang ga lebih dari 1 juta


Nah,setelah budget liburan kesita setengah buat tiket pesawat,dan untuk meminimalisir kekhawatiran ibuk biar sejalan sama minimalisnya Dana. Aku kudu memastikan Sudah memesan hotel/penginapan/tempat tujuan begitu nyampe di suatu Daerah. Caranya aku mesen? Yaallah..aku mesti nabung sebulan buat booking kamar hotel doang. Itupun yang ga berbintang. Yang penting aman,bisa buat tidur. Kalau bisa yang harganya 55.000/malam kayak di tempatnya Yudo di Pulau bangka. Aku mau banget. Yang Kalau kebetulan Ada temen yg di Daerah itu bakalan geleng-geleng kepala lihat kondisi penginapannya,dan suka tersesat dulu pas nganterin nyari alamatnya Karena emang ga berbintang,jadi rada butuh usaha nemuinnya.

Tips aku sih Kalau pas nyari hotel, ga perlu yang mewah,cukup nyaman dan aman. Cari yang dekat jalan raya,dekat kota biar pas mau balik ke bandara ga usah pusing. Dan sebelum booking, tolonglah dibaca-baca review-nya. Ini penting nih,Karena kadang Ada hotel bagus,harga terjangkau,tapi pelayannya payah. Oh iya sama satu hal lagi,cari yang harga penginapannya sama sarapan masuk. Biar hemat duit makan.

 

Ga usah malu ngermper. Mereka ga kenal kamu, dan kamu mungkin ketemu mereka cuma sekali



Tiket Sudah. Akomodasi Sudah. Transportasi?

Nah.. Enaknya di Indonesia. Kamu bisa nyewa motor matic dengan rata-rata harga sewa Rp50.000-Rp60.000 perhari. Cuma dengan jaminan ktp. Kaloga ngerti jalannya Kalau bawa motor sendiri. Gampang. Aku selalu mengandalkan google maps untuk ini. Memang kadang jauh,Karena aplikasi ini ga ngasih saran lewat jalan tikus yang cuma diketahui Warga sekitar. Tapi percaya aja deh,kamu bakalan nyampe meski kadang nyasar dulu juga sih. Tapi Yakin aja pasti ketemu. Kan Kalau usaha pasti ada jalan. Kalau jalannya udah Ada,ya tinggal usahalah.

Selain sewa motor. Aku biasanya naik kendaraan umum. Kalau naik taksi sih simple,tapi ya itu..eman-eman duitnya. Ga sejalan dengan prinsip solo backpacker yang aku anut. Meski kadang aku suka nekat juga sih naik taksi,pake duit yg di-sangu-in ibu atau bapak. Jadi yang aku lakukan adalah nyari info tentang angkutan umum di Daerah yang aku tuju. Kan suka Ada trayek-trayeknya gitu. Jangan malas searching aja. Manfaatin waktu,kumpulin info sebanyak-banyaknya waktu ngumpulin duit buat beli tiket atau buat booking hotel. Tapi aku emang Lebih suka naik motor sih. Ga bakal di begal kok insyaallah.

 

Andalan gue banget nih. Motor matic


Nah. Konsumsi. Ini Maha penting nih. Biasanya travelling itu Selain ke tempat wisata,biasanya sepaket sama wisata kuliner Daerah tujuan. Aku biasanya seperlunya saja sama yang satu ini. Aku suka booking hotel yang Selain free wifi,juga include breakfast. Lumayan hemat makan sekali. Meski kadang cuma dikasih teh/kopi sama roti. Padahal biasanya sarapannya nasi kuning seporsi atau tinutuan yang bahkan ga tahan sampe siang,apa kabarnya roti doang. Nah disini seni-nya backpacker. Kalau mau nyaman,yah di rumah aja jangan main,Kalau mau liburan mewah,ya jangan pake gaya backpacker,sekalian suitcase noh bawa.

Yang penting makan,prinsip aku mah Kalau liburan. Kalau biasanya di rumah makan 3x. Aku ga bikin jadi 2x buat hemat-hematin budget. Kalau aku sampe sakit kan berabe. Jadwal berantakan,dan belum tentu dapet izin lagi.

Aku makan 3x. Kalau yg sarapan,makan gratis dari penginapan. Aku siang/malam makan kuliner lokal. Nah satu Kalinya masuk RM. PADANG, Ini di jamin murah dan mengenyangkan. Aku ketemu rumah makan padang kemanapun Daerah yang aku kunjungi di Indonesia.

Yang paling akhir dan biasanya ga bisa dilupain. Oleh-oleh. Buat ibuk,bapak,dan adek sih ga masalah. Buat keluargaku yang masalah. Keluargaku tuh banyaaaaakkkkk bangeettttt. Ada kali ratusan orang. Dan kamu ngerti kan harga 1 kaos yang bertuliskan Daerah itu. Larang. Mahal. Expensive. Mahale. Jadi aku saranin, Belinya jangan di toko souvenir yang udah terkenal. Terus nawar. Dan yang pasti jangan Kalap. Bisa over bagasi.

Nawar itu Ada seni-nya. Tapi lihat-lihat juga ya yg jualannya. Ada yg lihat mukannya kamu tahu Kalau kamu ga bisa nawar,dan lihat mukannya kamu tahu Kalau kamu ga Akan Tega untuk nawar. Jadi,pinter-pinter aja yah.

 

Selamat liburan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar