iklan

Minggu, 09 Juli 2017

Nasihat Dalam Mobil

Nasihat Dalam Mobil

 

Kalau ada yang langsung membayangkan ini semacam “sing in the car”, yah...bisa dibilang konsepnya hampir sama seperti itu. Bedanya ga ada nyanyinya, yang ada nasihat, sesuai judulnya. Judul ini aku dedikasikan untuk bapak yang senantiasa memberikan nasihat setiap kali kesempatan aku semobil dengannya.

Keluarga kami jarang sekali berkumpul. Jangankan makan malam bersama atau minum teh di ruang keluarga. Hal seperti itu sepertinya memang bukan suatu keharusan untuk keluarga kami, bahkan cenderung tidak pernah terjadi. Untuk moment besar semacam lebaran saja, sangat sedkit kesempatan kami kumpul berempat lengkap. Biasanya mencar-mencar. Sekalinya ngumpul juga tak ada ritual apa-apa, setelah maaf-maafan dan makan kami langsung tidur. haha. Memang keluargaku punya banyak hal berbeda dari keluarga umumnya.

Salah satu kebiasaan yang nyatanya dari dulu selalu dilakukan bapak adalah dia selalu menyelipkan nasihat-nasihat ketika kami mengobrol santai di mobil dalam suatu perjalanan, entah perjalanan selama berjam-jam, atau bahkan Cuma perjalanan selemparan upil. Tapi aku menyukainya. Selalu ada hal yang kupelajari.

Ada banyak sekali hal yang sudah diajarkannya lewat obrolan santai di dalam mobil. Sama seperti tadi malam dalam suatu perjalanan menuju rumah. Untuk satu dan lain hal, aku dan adikku menumpang mobil bapak. Obrolan santaipun mulai memenuhi mobil pick-up bapak. Adikku yang mengemudikannya.

Sesekali bapak mengomentari cara menyetir adikku. Tapi ada satu hal yang paling kuingat ketika kami sedang membahas Usaha keluarga. Bapak ngomong dengan santainya, dengan cara khasnya

“Berusaha itu yang penting jujur, tanggung jawab, menjaga kepercayaan dan jangan memaksakan keadaan Cuma untuk dapat pujian. Cukup itu saja, tidak perlu mantra, tidak perlu ajimat, atau apapun. Kalau punya itu bukan Cuma kalian yang bahagia, keluarga kalian juga”


Bapakku ini memang luar biasa... J bahkan Cuma dengan menulisnya saja sudah bikin brambang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar