iklan

Minggu, 24 September 2017

Museum Tanpa Foto



Sebenarnya pengalamanku masuk rumah seseorang yang akhirnya dijadikan Museum tuh baru sekali. Di luar negeri pula. Tempat itu tidak lain dan tidak bukan Jim Thompson House dan Museum.

Jim Thompson Sendiri adalah seorang berkebangsaan Amerika yang lahir di Greenville, Delaware di tahun 1906 (alamak, bedanya sama aku hampir 90 tahun). Yang akhirnya dipindahkan ke Bangkok waktu Perang Dunia ke-II. Kemudian menikah sama orang Thailand, dan akhirnya menetap disana.

Museum ini sendiri merepresentasikan arsitektur tradisional terbaik di Thailand. Mulai dari rumah untuk pembantu sampai ke kamar utama. Semuanya bakalan dijelaskan dengan lengkap oleh tour guide yang akan menjelaskan ke kamu. Kamu bisa pilih untuk ikut tur yang tour guidenya berbahasa inggris atau berbahasa Thailand.

Ada banyak hal bagus di dalam rumah ini, mulai dari tanamannya, tata letaknya, bentuk bantalnya. Rumah ini ga punya kamar mandi, dan kamu bakalan terkagum-kagum ngelihat tempat untuk buang air yang digunakan di rumah ini. Untuk cewek beda, untuk cowok beda. Lucu. Tapi tidak ada fotonya. Kenapa? Ada peraturan kalau kamu tidak diizinkan mengambil foto di dalam rumah. Aku juga tidak tahu kenapa. Entah dijelaskan atau tidak oleh tour guidenya, yang pasti ga bisa foto.

Hal keren di rumah ini banyak, banyaaakkkkk bangettttt. Meja makannya yang tidak tradisional. Menurut tour guidenya, Jim Thompson tidak suka makan melantai seperti masyarakat Thailand umumnya. Kalau kamu pernah ngelihat film Pee Mak, yang bagian mereka makan masakannya Pee Mak tuh, pasti tahu. Lesehan lah konsepnya. Tempat tidur tamu yang super duper kecil, ada penghalang di tiap pintu ruangan yang berfungsi menjaga anak kecil, Getel anggurnya yang lubangnya di bawah, dan cara mengisinya, agar tidak dimainkan anak-anak, sampai rumah Tikus di kamar utama Jim Thompson. Sumpah rumah tikusnya bagus banget.

Semuanya bagus. Tapi lagi-lagi. Tidak ada foto. Satu-satunya yang bisa jadi bukti kalau kamu pernah mengunjungi Jim Thompson House & museum adalah plang di depan pintunya.

Diakhir tour, guidenya bakalan menjelaskan dimana Jim Thompson. Dia menghilang di Malaysia pada tanggal 26 Maret 1967, dan sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya atau apa yang terjadi padanya.

Oh iya, museum ini sendiri buka mulai jam 9.00 am – sampe jam 6.00. waktu itu aku masuk jam 11.45, tapi aku dapat regu A. Mungkin karena pengunjungnya kurang. Rombonganku waktu itu, keluarga semua. Ada ibu, ayah, anak cewek, anak cowok dan anak-anak kecil, yang kelihatannya bosan banget diajakin. Ada bahkan anak kecil yang bertanya kapan selesainya tour itu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar