iklan

Selasa, 05 September 2017

Solo Backpacker ke Thailand


Kali ini aku mau cerita tentang solo backpackerku ke Negara Gajah Putih atau kita sebut saja Thailand. Negerinya Mark Maurer, si pria tampan di film True friend yang membuatku berprasangka kalau semua pria Thailand itu cakep-cakep. Bermodalkan tiket PP Promo dari Air Asia, berangkatlah aku dari rumah ke Jakarta, delay 2 jam dari jadwal dan dikompensasi dengan nasi kotak, terbanglah aku dari Jakarta ke Don Mueang Thailand.

Jam 10 lebih aku keluar dari imigrasi. Dengan pengetahuan nihil tentang Thailand. Yang pertama kulakukan adalah mengantri untuk membeli kartu sim Thailand, biar google mapsku bisa terus berfungsi. 5,5GB untuk 7 hari seharga 199 bath. Kurs waktu itu Rp 475,-/1 bath.

Udah ganti nomor waktunya ke penginapan. Jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, aku udah booking hotel lewat aplikasi Traveloka. 2 malam di FourSons Place di daerah khaosan Road. Cara gampang bin murah untuk ke Khaosan Road dari Don Mueang, cukup naik bus A4. Dari pintu keluar bandara udah tinggal nunggu aja, ga lama busnya udah datang.

Naik, dan menyebutkan tujuan. 50 bath ongkosnya.

Nyampe di khaosan Road. Blank langsungan. Sumpah, FourSons tuh di google maps tinggal jalan semenit dari tempat aku turun dari bus A4. Setelah muter-muter nanya sana sini, akhirnya aku nyampe jam 1 malam di penginapan. Luar biasa kan. Semenit, dan akhirnya aku baru tiba 2 jam kemudian, itupun udah pengen nangis karena ga ketemu-ketemu, capek karena butuh istirahat, udah deh nano-nano.

Kenapa susah ditemukan? Karena Penginapannya tuh ga di khaosan Roadnya, jalan lagi dari arah turun bus tus, sampe nemu sturbuck, lurus lagi, ketemu seven eleven, nah sebelahnya seven eleven tuh ada lorong kecil hampir ga kelihatan kalau itu lorong, masuk situ biar ketemu hotelnya.


HARI KE-2

Tujuannya MBK,Siam Discovery,dan  Jim Thompson House, serta Madame Tussaud.

Masih berbekal info dari internet, aku berjalan meninggalkan penginapan menuju tempat untuk menunggu Bus. Bus nomor 47. Nah, kali ini aku udah siap-siap nyebutin tujuan MBK ke kondekturnya. Dan, Saudara-saudara, kondekturnya bahkan ga gerak sama sekali dari tempat dia duduk, sementara orang yang naik bus tuh naik turun sesuka hati. Gratis berarti yah. Seneng dong naik bus yang gratisan, masalahnya adalah,aku ga tahu bakalan turun dimana. Bismillah pokoknyalah.

Setelah muter-muter,akhirnya aku ngelihat...MBK? Bukan. National Stadium, dan ada fly over. Busnya belok kanan dan eh itu, MBK tulisan gede di atas. Di halte selanjutnya aku turun dan mulai naik ke atas fly over. Dan tadaaaaa....disini kamu bakal lihat pemandangan payung-payung dengan mural super duper keren. Nah di sekelilingnya tuh ada MBK, sama Siam Paragon. Aku berada di tempat yang tepat berarti.

Aku ga ada niatan buat beli di mall yah. Aduh, duitku bisa seketika habis kalau beli barang-barang di Mall, meskipun lonely planet di lantai 6 dekat madame Tussaud itu menggoda banget. Mungkin karena aku datangnya kepagian, madame Tussaudnya masih sepi. Tiket masuknya 800 bath. Mahal emang. Kalau pengen  murah beli online yang early bird, sekitar 600-700bath, tapi kudu masuk sebelum jam 12 siang, dan kamu kudu memastikan punya kartu kredit, kalau ga, ya beli manual aja 800 bath.

Nah, belum sampai jam 12 siang, aku ke Jim Thompson House. Ga usah naik apa-apa, turun aja jalan atas tuh, sejejeran sama siam discovery, ketemu pertigaan belok kiri. Lurusss ajaaaa, sampe ketemu plang Jim Thomson Museum House, tiket masuknya 150 bath, dan kamu bakalan ditanyain ikut tour yang pake bahasa inggris apa pake bahasa thailand. Dua-duanya aku ga mudeng, ya udah aku ngambil yang bahasa inggris.



Setelah menyimpan barang, mulailah aku mulai mengikuti tour. Mulai dari rumah pembantu, sampai ke kamar inti si Jim Thompson. Aku doang yang jalan sendiri, aku doang yang pake jilbab. Di akhir tour, adzan terdengar, kebetulan hari itu hari Jumat. Tour guide-nya sampe berhenti sejenak katanya ada adzan, dan dia ngucapin terima kasih khusus ke aku karena udah ikutin tournya hari ini. Yaallah,aku sampe speechless. Di Indo..ah, gitulah pokoknya kamu pasti ngerti.

Selama ikutin tour ini, kita dilarang keras foto-foto di dalam rumah. Ga boleh. Aku sampe di tegur karena pengen foto patung budha di dalam rumah.

Setelah selesai tour, aku segera nyari masjid. Pas sholat subuh tadi pagi, aku ngarang arah kiblatnya. Masjidnya tuh ada di belakangnya museum. Kita tinggal jalan lurus sampe mentok dekat sungai, ngikutin sungainya ke arah kiri, naik ke jembatan penyeberangan, trus belok kanan. Bakalan ada plang kecil tapi notice kok kalau masuk lorong lagi masjidnya. Masjidnya asri. Adem. Warganya ramah-ramah. 



Sayang aku ga bisa lama-lama, harus buru-buru cari minum buat teman makan roti.

Lah aku kenapa ga nyari makanan yang layak? Emang kenyang kalau makan roti doang? Hmm...ga juga sih, tapi namanya juga penghematan. Yang penting tiap hari aku makan nasi pokoknya, dan ga bakalan sakit. Aku memutuskan untuk beli thai tea with milk di bawah jembatan penyeberangan seharga 68bath buat nemenin roti cokelat. Rasanya enak banget, sumpah. Seger-seger gimana gitu.Pokoknya kamu kudu cobain thai tea with milk. Enak pake banget. Tapi kalau kamu mau nyari makanan yang berat-berat bisa makan di MBK lantai berapa gitu, lupa aku, ada makanan halalnya kok.


warnanya aja udah menggoda gini

Udah abis makan, batrei tinggal dikit. Waktunya pulang ke penginapan. Tadi pulangnya naik bus 47 kan? Berarti pulangnya naik bus yang sama lagi dong. Tetoottt!!! Salah pemirsa. Aku diturunin entah dimana, sama supirnya ngomong pake bahasa thailand yang aku ga ngerti apaan, dan dengan modal batrei yang hampir habis aku nyari info buat pulang ke penginapan tuh dengan cara gimana sampe batreiku habis, aku ga nemuin cara pulang.

Cara selanjutnya, nanya orang. Berhasil? Ga sama sekali, aku makin nyasar. Udah 3 jam muter-muter dengan hp mati, akhirnya aku memutuskan untuk naik tuk-tuk. Pas ditanyain ngasih berapa sampai ke Khaosan road dari tempat aku nyasar, yang aku aja ga tahu itu sebelah mana, aku langsung nyebutin 100bath, bapak yang bawa tuk-tuknya langsung oke. Naik, dan sampailah aku di jalan khaosan road. Dengan langkah setengah diseret, aku nyampe ke penginapan. Ngidupin AC, mandi sekalian ngecars.

Apakah aku capek? Banget! Tapi di dorang rasa lapar dan musik dari cafe-cafe di khaosan road yang udah mulai terdengar, aku keluar lagi. Dan makan malamku jatuh kepada mango sticky rice. Nasi ketan dipakein mangga, yang rasanya enaaaakkkkkkkk bangetttttttttt. Sumpah, aku sampe ketagihan. Selain thai tea, kamu harus nyobain ini juga. Halal? Kalau kata aku sih iya, toh Cuma nasi ketan sama mangga doang.

 



Setelah kenyang, dan membeli satu tas. Aku pulang dan tidur

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar