iklan

Rabu, 18 April 2018

Backpacker cewek ke Aceh dan Sabang

Hallo semua..

Aku nulis lagi akhirnya..setelah cukup lama tidak mengeluarkan si tas cokelat buat jalan-jalan. Akhirnya punya juga kesempatan dan bahan buat nulis setelah backpackeran ke Aceh dan Sabang berdua sama temen kuliah dulu. Agita.

Aceh tuh salah satu bucket list aku banget. Kalau Bangka aku pengen banget banget banget ngelihat langsung SD Muhammadiyah Gantong, kalau ke Aceh aku cuma pengen ke Masjid Baiturrahim. Kalau kamu ga Ngerti gimana kokohnya mesjid ini ketika tsunami menerjang,kamu kudu buka YouTube dan nyari tragedi tsunami Aceh.

Dengan modal tiket dibeli satu Persatu akhirnya tanggal keberangkatan pun tiba. 13 April 2018. Aku dan Gita yang emang anak Jakarta ketemu di Soetta (bandara Soekarno Hatta). Jam 12 gitu kami naik pesawat. Sekitar 2 jam ke Medan,transit doang, kemudian nyampe dengan sukses di Sultan Iskandar Muda International AirPort.

Awalnya,aku tuh agak ragu,ini pilotnya salah mendarat apa gimana. Sultan Iskandar Muda tuh ga kelihatan kayak bandara, kayak masjid. Asli. Bangunannya mesjid banget. Kubah-kubah yang biasa kamu temukan di mesjid,bakalan jadi pemandangan pertama yang kamu lihat kalau mendarat di Sultan Iskandar Muda. Apa karena itu pramugarinya pas dari Medan langsung buru-buru pake legging buat nutupin belahan rok mereka yg rada tinggi itu, dan pake jilbab. Entahlah. Kenapa aku harus memusingkan pakaian orang sementara aku dan Gita masih bingung apakah kami bisa jalan-jalan dengan bebas padahal pake celana. Aku lebih parah lagi. Celana jeans.

Nyampe bandara,kami sholat dulu. Sholat Ashar waktu itu udah mau jam 5 dan kami belum sholat. Yang lucu tuh aku sama dia berkali-kali sampe terbengong-bengong ngelihat waktu magrib di jam digital yang ditunjukkan tuh 19:35 dan isya 19:45, masa' sih sepuluh menit doang. Sementara kami  berdua terbiasa dengan sholat magrib yang sekitar jam 6-6.30 gitu. Tapi sebentar...urusan magribnya bisa belakangan, kami ke penginapan tuh gimana. Pas nyari pake aplikasi grab,Rp 49.000,- sampe penginapan kami. Masalahnya adalah,grab ga bisa masuk bandara Sultan Iskandar muda saudara-saudara. Mereka cuma bisa nurunin penumpang. Nah akhirnya karena malas naik taksi bandara yang harganya mungkin bisa lebih mahal,kamu keluar sampe di tugu keong. Ada Warung kecil, kami ngobrol sama yang punya. Ternyata suaminya tuh bawa taksi (ga usah Ngebayangin blue bird gitu, ini taksi gelap), nah akhirnya dengan kesepakatan nganter sampe penginapan Rp 70.000,- Berangkatlah kami (tetap lebih murahan grab yah)

Nama supirnya bang muchsin tanpa Alatas. Baik banget. Kami diajak muter-muter dulu. Ditunjukkin jalan ke masjid Baiturrahim, harus nyobain sate matang, dan cara gratisan ke pelabuhan Ulee Lheu kalau mau ke Sabang, dan banyak info lainnya. Kamu bisa kontak bang muchsin tanpa Alatas ini di nomer +62 823-6691-7367. oh iya kami nginep di daerah peunayong (dibaca penayong) di hotel siwah. Tapi semisalnya kamu belum booking hotel, bang muchsin tanpa Alatas akan membantu dengan nyariin hotel juga. Mantep kan.

Nyampe hotelnya tuh udah mau jam 7. Tapi belum gelap sama sekali. Dan mataharinya masih bagus banget. Jadi aku dan Gita memutuskan untuk istirahat sebentar, mandi dan sholat magrib di hotel aja. Di tiap kamarnya disedian sejadah.

Sekitar jam 8, kami keluar langsung menuju masjid Baiturrahim, ga naik grab dan sejenisnya, jalan kaki karena emang cuma Deket. Tapi kata bang mukhlis orang Aceh tuh jarang yang jalan kaki. Dan bener aja. Jaraaaaangggg banget ketemu sama pejalan kaki, dan bawa kendaraannya pada ga nyantai semua, apa karena jalanan mereka tuh lega banget ya. Ga ada macet-macetnya sama sekali. Gorontalo aja lebih rame jalanannya.

Oh iya, tapi kalau kamu malas jalan dan pengen naik motor. Bisa minta resepsionis hotel buat nyariin motor. Biayanya Rp 100.000 seharian penuh. Tapi karena kami besok siang udah ke Sabang. Jadinya kami memilih jalan kaki, toh rencananya kami memang cuma mau ke masjid dan wisata Kuliner.

Udah nih yah, ceritanya kami udah nyampe mesjid. Masih sok-Sokan pake celana karena pake baju rada Panjangan dan ga ngepress body. Tapi pas nitip sepatu, yang jaganya minta kami untuk pake rok sebelum masuk ke area masjid. Untung bawa mukena. Jadi rok mukena-lah yang jadi rok dadakan kami. Mesjidnya tuh subhanallah fabbiayyi' aalaa'i rabbikuma tukadzdibaan. Bagus banget. Aku pernah nyaksiin di TV gimana kokohnya mesjid ini pas diterjang tsunami dan ngelihat langsung yang udah bagus, megah, cantik itu rasanya inget Allah terus. Maha besarnya Dia.

Kebetulan malam itu malam Isra miraj jadi ada ceramah kami mendengarkan ceramah tak lama sambil mengagumi arsitek dalam mesjid. Bagus banget. Kipasnya ga sebanyak mesjid raya Gorontalo, tapi asli di dalam adem banget.

Abis mengagumi masjid kami pindah wisata kulineran. Tujuan pertama sate matang. Patokannya nih simpang lima. Sate matang tuh ada di jalan antara masjid dan hotel siwah. Gampang nemuinnya, kalaupun takut tersesat tanyain aja. Orang Aceh tuh baik-baik dan senang membantu.

Aku dan Gita masing- masing pesan 1 porsi sate matang. Dan kami habiskan dengan lahap. Enak. Ada kuahnya gitu juga. Pokoknya harus nyobain kalau ke Aceh. Aku ga gitu tahu SE porsinya berapa yah karena aku makan pake es teh dan Gita sama air mineral. Totalnya Rp 59.000,-

Udah kenyang-kenyangan makan sate, si Gita pengen mie Aceh Rozali. Mie Aceh paling terkenal se-Aceh. Ini Deket juga dari siwah Hotel. Pokoknya daerah peunayong tuh Deket kemana-mana. Seporsinya Rp 28.000,- sama aja yang rebus apa goreng. Mau pake udang atau cumi juga sama. Aku pesan yang rebus,Gita yang goreng. Pas mie-nya datang, kira berdua langsung saling tatap-tatapan, asli porsinya gede. Dan kita tuh udah kekenyangan banget, padahal sumpah deh menggoda banget mie-nya. Pedas dan segarnya ituloh. Tapi karena perut udah ga bisa menerima lagi. Akhirnya kami pilih dibungkus saja. Kemudian pulang ke penginapan.

Jadi, hari pertama di Aceh kami hanya ke mesjid Baiturrahim dan wisata kulineran.