iklan

Rabu, 25 April 2018

Kembali ke Aceh dari Sabang





Hari ke-4

Pagi banget, aku dan Gita sudah bangun dan packing. Jam 4 pagi karena katanya Pak Bambang nyampe-nya jam setengah 6. Kenyataannya? Pak Bambang baru datang jam setengah 7. Setelah bang Hadi (si resepsionis) menyarankan untuk dianterin aja pake motor yang disewa kami. Oh iya, pagi itu juga aku dan Gita akhirnya melunasi pembayaran kamar dan motor. Motornya tetap dihitung Rp100.000,- padahal mah hampir 2 hari kami pakenya. Hehe. Dan sewa kamarnya Rp 350.000,- gegara kami ngincer jemuran yang ada di kamar itu, dan Plus TV. Kamar sebelumnya ga ada tv-nya soalnya.

Pak Bambang ngebut lagi, dan kami nyampe pelabuhan bahkan sebelum loket tiket kapal cepat-nya dibuka. Disini banyak calo, tapi ga ngoyo orangnya menawarkan. Mereka cuma ngasih tahu kalau kamu harus nyiapin ktp. Mereka cuma Bantuin kalau kamu malas ngantri. Yang ngantri buat aku dan Gita adalah Gita. Aku sempat ngantri juga, tapi duluan Gita yang dapat. Harganya Rp 80.000,-/ orang dan Rp 2.000,- sebagai retribusi.

Kami menunggu sampai kapalnya datang dari Aceh, kemudian kembali lagi ke Aceh. Hehe. Disini ada kejadian rada ga enak pas naik kapal. Di tiket kan udah ada nomor bangkunya. Pas kami nyari, eh udah ada yang menempati. Saat kita tanyain tiket ke ibu-nya, ibu-nya bilang cari aja yang kosong. Lah? Trus ngapain ditulisin nomor kursinya kalau gitu? Akhirnya kita ngehubungin petugasnya, dan petugasnya yang minta ibu-nya pindah. Ibu-nya sempat ngomel kenapa kami datang telat? Astaga...tidak ada hubungannya antara kedatangan cepat atau lambat dengan nomor bangku. Ternyata selidik punya selidik tuh, ibu-nya itu beli 1 tiket aja. Sementara dia bareng anaknya yang udah rada gede. Sekitar kelas 4-5 SD gitu. Ya kali dipangku. Capek kan? Ini kenapa bisa kejadian? Aku ga gitu paham juga sih.

Begitu dapat tempat kami yang seharusnya. Aku dan Gita langsung tidur. Kami butuh tidur banget. Eh, ga berasa udah di pelabuhan Ulee Lheeu lagi, padahal kami tidur aja baru. Keluar pelabuhan aku lihat bus Koetaraja lagi parkir di terminal. Nah, ini bus yang gratisan kata bang mukhlis tanpa Alatas waktu itu. Naik itu akhirnya aku dan Gita. Berhentinya di  terminal mesjid raya a.k.a masjid Baiturrahim. 

Kami kan belum sarapan nih? Pas banget di depan terminal itu ada mie kocok Aceh dan nasi goreng. Aku gan Gita akhirnya memutuskan untuk sarapan disitu. Aku makan nasi gurih pake telur. Gita makan mie kocok. Tempat ini rame. Banyak banget yang datang. Sekedar minum es campur atau makan mie kocok dan nasi gurih seperti kami berdua. Meja-nya terisi penuh. Tapi yang paling penting sih, disini ada colokan. Aku dan Gita numpang ngecharge. 

Beres makannya. Aku dan Gita menuju tempat oleh-oleh. Asliiii..kami belum beli oleh-oleh sama sekali. Dan kami akhirnya kalap. Di toko oleh-oleh ini, ada kali sejam kami doang yang dilayani. Ga ada pengunjung lain. Apa karena terlalu pagi dan hari Senin ya? Tapi itu justru baik buat kami. Nama tokonya pocut souvenir. Banyak banget pilihannya. Plus masih bisa nego-nego dikit. As always kalau aku jalan-jalan, ya oleh-oleh aku itu kopi. Apalagi ke Aceh. Kopi Gayo kan terkenal banget. Nge-hits. Jadi itu pilihan oleh-oleh ku.

Beres belanja. Pake GO-JEK kami menuju bandara. Nunggu sampai sore. Sampai jadwal terbang kami. Untungnya ga delay. Yang lucu tuh pas transit Medan,disuruh turun dulu,diburu-buru trus aku dan Gita duduk di tempat yang sama lagi. Yaallah. Ya kali. Dan setelah drama diburu-buru naik, tapi lama terbangnya. Aku nyampe Jakarta dengan selamat jam setengah 10. Gita langsung naik bus menuju Depok. Aku mau ke tempat Tri di Grogol. Aku memilih naik kereta dibandingkan naik ojek. Kereta bandara nih dari bandara ke stasiun batu ceper, di batu ceper aku hampir salah naik kereta yang harusnya aku ke arah duri, malah mau naik ke arah Tangerang. Balik ke bandara lagi dong. Untung Gita ngasih tahu disaat yang tepat. Akhirnya aku nyampe stasiun Grogol. Naik ojek ke tempatnya tri.

Gila yah.. hari itu semua noda transportasi aku coba. Becak, kapal ,bus, mobil, pesawat, kereta, motor. Gimana ga remuk-remuk coba badan aku.

 

4 komentar:

  1. Halo mba fia, salam kenal dari Ririn. mba fia org gorontalo juga yah? kebetulan saya juga org gtlo tapi lahirnya di manado. hehehe. saat blogwalking "backpackeran ke aceh" kebetulan nemu blognya mba fia. seru sy bacanya, karena kebetulan bucketlist sy insha allah ke aceh. mba nanya dong di aceh aman gak kalo backpackeran sendirian? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Ririn. Aman bgt klo menurut aku. Orang Aceh dan Sabang senang membantu kok 🙂 Kalau kemana-mana sendiri dan takut bawa motor sendiri,pake ojol aja atau hubungi beberapa Nmr yg aku sertakan. Semoga backpackerannya disegerakan dan lancar ya

      Hapus
  2. Mba Fia kok harga kapal pergi dan pulang beda jauh? 25.000 dengan 80.000?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perginya pake kapal feri mas. Waktu tempuhnya 2 jam. Pulangnya aku naik kapal cepat. Waktu tempuh 40menit

      Hapus