iklan

Rabu, 22 Agustus 2018

Puncak Rurukan




Hallo..hallo...

Sudah lumayan lama aku libur dari soal menulis. Padahal mah tiap hari aku masih ngecekin blog, tapi ya gitu, lagi ga ada ide mau nulis apa. Hmm...koreksi, ide sih sebenarnya banyak. Bahan kali yang ga ada. Asli...sejak terakhir kali ke air terjun tumimperas sebelum puasa, sampe tadi lebaran idul adha, aku baru bisa main lagi.

Jadi..cukup intro-nya...mari kita ngebahas tentang puncak rurukan. Tempat yang beberapa kali pengen aku kunjungin, tapi gagal terus, dan baru terlaksana hari ini. Aku bakalan ngegambarin puncak rurukan ini dalam 3 hal.

1.        Adem

Ini tempat luar biasa ademnya. Kenapa? Karena ini di puncak. Sama halnya kayak tempat wisata lainnya di daerah Tomohon yang emang bersuhu dingin. Kamu cobain deh ke puncak rurukan sore-sore pas anginnya lagi banyak-banyaknya. Asliiiii...adeeemmm banget. Kebetulan banget pas kesini, ga pake jaket yang tebal. Pesen kopi aja, aku masih ngerasa dingin.

Untuk orang-orang yang suka tempat adem, dan ga gitu rame. Aku nyaranin tempat ini banget. Karena meskipun banyak orang disini, tempatnya yang lumayan besar dan banyak spot-spotnya, jadi orang ga ke fokus ke satu titik, jadi bisa aja nemuin tempat buat nyantai.

 

2.       Tari Cakalele

Belakangan tari ini lagi terkenal, di moment 17 agustusan di istana presiden aku sempat liat ada suguhan tari cakalele, bahkan ada beberapa paspampres yang pake baju ala-ala penari cakalele. Khas banget pakaiannya, dan disini, di puncak rurukan ini, kamu bisa foto bareng sama mereka. Mereka ada di tengah-tengah spot puncak rurukan. Ga bakalan susah nyarinya, pakaian mereka teramat sangat mencolok dengan dominasi warna merah.

Aku ga begitu tahu kalau untuk foto bareng mereka ini gratis atau ada tarif tertentu, karena aku ga foto. Hehe. Tapi feelingku sih bilang kalau bayar deh, seikhlasnya, soalnya ada kotak gitu di depan mereka. Mungkin uangnya masukin situ. Selama aku disini, aku ga lihat ada yang masukin, tapi aku juga ga lihat banyak orang yang foto sama mereka. Ada sih yang foto, tapi masukin uang sesudah foto atau sebelum foto tuh ga aku perhatiin, aku pusing sama anginnya dan ademnya.

 

3.       Pemandangannya bagus

Seperti yang sudah ku bilang di poin 1. Puncak rurukan ini punya banyak spot. Mau foto pas di tulisan puncak rurukannya, boleh. Bareng penari cakalele-nya, boleh. Ngambil view kota tomohonnya, ga kalah oke. Ngambil view gunung lokon juga, luar biasa bagusnya. Siapin aja kapasitas memori yang banyak buat foto.

 

Selain 3 hal yang menjadi garis besar tentang Puncak Rurukan itu. Aku juga punya sedikit informasi, untuk kesini, dan kalau ga tahu arahnya, google maps aja. Ikutin aja, kamu bakalan ngenalin kok begitu udah mendekati tempat wisatananya, atau kalau sayang kuota, nanya aja, orang yang kamu tanyain selama mereka ngerti tempatnya, mereka bakalan ngasih tahu jalannya kok, trust me. Aku beberapa kali nyari arah di daerah tomohon, dan tiap kali nanya, orang-orang sana selalu sedia membantu.

Karena tujuannya puncak, jadi otomatis kamu bakalan ketemu jalan yang naik-naik ke puncak gunung. Tapi tenang, jalannya ga se-ekstrim kalau naik ke bukit doa kok, rame pula. Disimi ga ada gerbang “selamat datang di tempat wisata pucak rurukan”. Kamu hanya akan bertemu satu jalan yang ga diaspal, seukuran satu mobil, ada semacam sebuah kontener di depan dengan orang jaga, nah..udah...udah itu deh jalan masuk ke puncak rurukannya. Tanya aja ke orang yang berdiri di depan itu, selama kamu ga nanya, mereka juga ga bakalan manggil. Itu aku sampe nanya ke orangnya, kalau pintu masuknya beneran disitu. Terus pas aku mau pulang, ada rombongan motor juga yang udah di depan banget puncak rurukan, ga nanya ke petugas karcisnya, padahal petugas karcisnya udah di depan mereka, mereka akhirnya malah muter balik, ga jadi masuk. Budayakan aja bertanya yah, toh bertanya ga bayar ini.

Tiket masuknya Rp 10.000,-/orangnya. Waktu kesini, kami berlima. Aku, nurul, amat, mega dan farhan. Tapi farhan di-gratisin. Bayar 4 orang aja katanya, mereka berdua ga sadar aja kalau farrhan tuh udah kelas 4 SD, disangka masih bocah kali. Selain bayar tiket masuknya, ada biaya parkir juga. Motor Rp3.000,- kalau mobil Rp 5.000,- minibus Rp 7.500,-

Terus ga ada gratis-gratisan. Kalau beberapa tempat wisata di tomohon itu menggratiskan secangkir kopi/teh, plus ada yang ngasih bonus pisang goreng segala, disini, blasss...ga ada sama sekali. Jadi kudu beli. Untuk pisang gorengnya se-porsi Rp 15.000,-, minumnya berkisar di Rp 7.000,- sampai Rp 10.000,-. Anw, sedikit saran, pastikan harganya sebelum memesan. Pas kami, di menu-nya nutrisari-nya ditulis Rp 8.000,- tapi pas ngitungnya jadi Rp 10.000,-/ gelasnya. Naik Rp 2.000,- karena katanya pake es. Iya kali, pesan nutrisari pake air biasa.

Kalau ada yang mempermasalahkan kenapa aku protes masalah Rp 2.000,- doang. Maaf, maaf kata nih, sebagai anak akuntansi yang baik dan benar, selisih segitu bisa bikin otak meledak kalau ga balance kredit sama debitnya. Haha...

Akhir kata... kalau ke manado, dan kebetulan bisa meng-explore tomohon. Aku merekomendasikan tempat ini untuk didatengin.

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar