iklan

Selasa, 09 April 2019

Backpacker ke Toraja (part 2)

kete kesu

Kurang lebih sekitar jam 4 atau jam 5 pagi aku terbangun dari tidurku. Aku tidak bisa memastikan waktu karena hp-ku mati, di bus ada colokan tapi ga berfungsi. Mungkin karena ini bus paling murah, haha... gak apa-apa udah syukur dikasih selimut. Jadi ga usah protes.

Langit masih gelap, dan kami sudah tiba di terminal Makale. Patung Yesus yang terkenal di Toraja itu udah kelihataaaannnnn banget. Kayak manggil-manggil gitu. Tapi berhubung aku masih ngantuk, jadi aku tidur lagi. Hehe, dan langit masih gelap. Kalau di rumahku, jam segini udah terang cuy, mataharinya udah mulai terbit.

Bus baru benar-benar berhenti di Perwakilan Bus di pusat Rantepao. Buat yang ga familiar sama nama perwakilan bus, itu tuh kantor bus-nya. Jadi kalau mau beli tiket disitu, mau ngirim-ngirim paket disitu, mau naik dan turun dari bus juga disitu. Tapi jangan pernah nyobain toiletnya. BURUK!

Tanpa clue, masih ngantuk, semua penumpang turun. Termasuk aku dan Ririn. Asli clueless banget, dan hp mati. Untungnya hp Ririn tuh masih ada batreinya. Emang dah Nokia itu paling the best banget buat travelling. Kami nyebutin, Sesean, sama kondektur busnya pas ditanyain mau turun dimana, sama kondekturnya disuruh sewa mobil dong. Padahal tuh penginapannya kalau via google maps tuh asli dekat. Untuk informasi, jangan pernah pake tampang clue less di perwakilan, asliii kamu bakalan dikerumunin sama supir taksi (mobil pribadi yang digunakan untuk melayani satu trek tertentu), abang-abang ojek, abang-abang bentor, rasa-rasanya pengen nabok orang pagi-pagi. Orang masih muka bantal banget ya, berusaha nelponin penginapan dengan batrei yang udah sekarat, dan bapak-bapak ini sama sekali tidak membantu. Dan setelah dapat informasi dari yang punya penginapan, dia bilang dekat kok jaraknya. Naik bentor aja.

Bayarnya berapa? Masih dengan clueless, pas abangnya minta Rp20.000,- langsung oke. Padahal nih ya kalau pake tarif bentor tempatku, jarak segitu mah bayarnya Rp3.000,- aja. Nasib backpacker clueless. Jadi kalau kamu yang baca blog ini pengen juga ke Toraja dan nginepnya si Sesean Guest House, bayar aja Rp5.000,- udah cukup deh. Patokannya apa? Indomaret ke-2. Asliiiii, awalnya aku kesel kenapa dikasih patokan Indomaret, indomaret itu kan banyak banget pasti. Eh ternyata setelah aku keliling-keliling rantepao, asliiii...indomaret di Rantepao itu Cuma 2 doang. Nah, Sesean Guest House itu pas di samping kanannya Indomaret ke-2 ini. Ga ada papan nama, ga ada petunjuk apa-apa. Pokoknya lihat aja bangunan 2 tingkat, ada pagar pas mau naik tangga. Atau kalau kamu pusing nyarinya, telpon aja hotelnya, mbak-mbak yang jagain penginapannya bakalan langsung keluar di teras lantai 2 dan melambai-lambai.

Penginapannya booking via Traveloka. Rp 177.000,-/ malam. Kamar mandi dalam. Dapat sarapan, dan bisa nyuci baju saudara-saudara. Yang paling luar biasa dari penginapan ini adalah, kamu bisa check out lebih dari jam 12. Aku dan Ririn check out jam 6 malam coba. TANPA BIAYA TAMBAHAN. Kamarnya Gede. 1 tempat tidur gede. Ga ada kipas, tapi ya lumayan lah, ga gitu panas kok. Jadi amaan.

Pas masuk kamar langsung kepikiran buat ngecharger hp, dan barulah aku sadar kalau charger aku ketinggalan di bus. Nyusul ke perwakilan, busnya udah ga ada. Yah.. alamat beli charger barulah aku. Jadi, jalan-jalannya hari ini mengandalkan hp-nya Ririn. Hp Nokia Ririn memang jadi pahlawan di backpacker kali ini.

Abis mandi, sekitar jam 8 atau jam 9 kami keluar. Langsung nyari tempat sewa motor. Nyari via google, langsung telpon, booking. Kami kesana naik bentor, bayararnya Rp 15.000,- berdua. Jadi, buat sewa motor tuh, tinggal ke lapangan aja. Banyaaakkkkk banget tempat sewa motor. Sehari-nya Rp 100.000,-. Waktu itu kami sewa motor di aduh aku lupa namanya lagi, pokoknya di lapangan tuh, di cafe. Disitu sewa motor juga, recomended dah. Nanti aku cari tahu lagi deh namanya. Lupa, asli.

Udah nih dengan motor sewaan, langkah pertama adalah... ngisi bensin dong. Motor rentalan gini suka ga ada bensinya. Ngisi pertalite, bayarnya Rp 30.000,- full. Dan mulailah perjalanan hari ini. Tujuan utama adalah kete kesu.

Kete kesu itu, rumah adat toraja. Ada museumnya, tapi pas kesini, orang yang megang kunci museumnya lagi pergi katanya. Lah, kenapa dibawa juga kalau tahu mau pergi. Aku kan jadi ga tahu itu isi dalamnya rumah adat itu tuh apa. Tempat tinggalkah? Mayat-kah? Atau apa. Jadi, aku dan ririn Cuma foto-foto saja disini. Tiket masuknya Rp 15.000,-


 

Berikutnya pindah ke Londa. Londa ini goa yang dalamnya kuburan. Pas kami kesini, di gereja depannya, ada yang lagi nikahan. Penerima tamu-nya anak-anak kecil yang pake baju adat, tapi pengantinnya pake gaun. Padahal kan penasaran mereka tuh kalau nikah pake baju adat ga sih.

Masuk ke Londa, bayar tiketnya Rp 15.000,-. Terus ga bayar lagi? Kata siapa. Aku dan Ririn sampe harus ngehindarin bapak-bapak yang bawa lampu petromaks gitu karena harus bayar Rp50.000,- untuk sewa lampunya doang, dan harus ngasih tips juga ke bapaknya. Ga bisa kita sendiri yang bawa lampu petromaks-nya padahal ya dalam gua juga ga ada tuh 30 menit. Kenapa ga sekalian aja tarifnya pas beli tiket masuk. Kan kayak dijebak gitu ya. Tiket masuknya aja dinaikin. Rp50.000,- kek gitu. Udah sama sewa lampunya. Ya kalau perginya rame-rame sih ga masalah bayar sewa lampu Rp50.000,-, kalau berdua apalagi sendir. Duh...kok mahal amat ya jatohnya.



Jadi di dalam gua Londa itu, kamu bakalan disuguhin kuburan dengan tengkorak-tengkorak tanpa sensor dan macam-macam sesajen di dalamnya. Kamu bakal tahu yang mana mayat lama dan mayat baru dari petinya. Ada yang udah membusuk, dan ada yang masih baru. Jadi konsepnya itu, peti ditumpuk-tumpuk. Ga ada anak kecil di bawah 5 tahun, karena anak kecil di bawah lima tahun disimpan di dalam pohon. Mereka masih suci soalnya.

Menyeramkan ga? Aku bisa bilang ga. Bau ga? Ga juga. Aman-aman aja pas masuk. Ga horor karena masuknya tergolong masih pagi, coba aja masuknya kalau udah malam, dikasih duit dan tiket keliling duniapun aku ga bakalan mau. Ogah kali.

Selesai Londa, kami pindah ke Lemo. Nah, disini beda lagi kuburannya. Disini ga ditumpuk-tumpuk, disini lebih artistik. Jadi gunung itu, dipahat seukuran petinya, baru dimasukin petinya ke dalam gunung batu itu. Jadi lebih kelihatan rapi. Makanya disini disebut kuburan buatan, karena memang dibuat dengan sengaja. Pas aku dan ririn kesini, ada yang lagi ngerjain kuburan, pake tangan, dan bapaknya bilang kira-kira butuh waktu 4 bulan untuk 1 kuburan. Wadiwaw. 





Satu yang juara di Lemo ini. Pemadangan sawahnya, ijoooooooooo banget. Jadi depan gunung kuburan itu, ada sawah yang gila banget bagusnya. Adem bangetlah. Tapi sepi. Ya sepi, namanya juga kuburan. Tiket masuknya Rp 10.000,-. Jadi kalau kamu dikasih tiket warnanya biru, kamu kudu bayar Rp 15.000,- kalau tiket warna putih, bayarnya Rp 10.000,-

Udah 3 tempat wisata nih, padahal belum jam 12 siang. Lanjut dong, kami pindah ke Buntu Burake. Landmark-nya toraja. Jalannya...subhanallah, ini jalan buat syuting tokyo Drift kali ah, gilaaaaaa...susah banget. Belokannya nanjak terus dong. Berasa naik tangga spiral tapi pake motor. Jadi kalau baru belajar bawa motor, terus ke Burake, pulang-pulang kamu udah bisa ikut moto GP ngelawan Valentino Rossi.

Tiket masuknya warna putih. Rp 10.000,- berarti yah. Buntu Burake ini daya tariknya kan patung Yesus tertinggi ke-2 di dunia, sama jembatan kaca itu. Kalau patung Yesus, aku dan ririn udah sering lihat, pas lewat Citraland manado juga bisa. Gaya-nya aja yang beda. Dan karena tempatnya terbatas, plus kamera kami bukan kamera para pro, ya ga bakalan keambil semua deh patungnya.



Satu lagi yang disayangkan, jembatan kacanya itu ditutup. Entah karena siang trus kacanya jadi mudah rapuh atau kenapa. Tak ada penjelasannya. Padahal kalau dibuka, ya Ririn yang nyobain, aku belum tentu. Udah anginya kencang, berdirinya Cuma di atas kaca tanpa pegangan, wah...ngajak bercanda malaikat maut kayaknya.

Setelah puas foto-foto, saatnya makan siang. Tujuannya ke Makale. Dan...kami salah jalan saudara-saudara, hampir balik ke Makassar. Jadilah kami baru makan siang di Makale, udah mau jam 2. Makan tepat di samping masjid Makale. Aku pesan sup, dan ririn nasi campur. Tak ada makanan khas. Kenapa? Toraja itu mayoritasnya Kristen, dan makanan khasnya rata-rata dari Babi. Jelas aku dan Ririn tidak bisa makan. Jadi, makan yang ada aja.

Abis makan, kami mampir beli charger. Gila dong, charger doang harganya Rp95.000,- dan ga ada jaminan kalau bisa ditukarin kalau ternyata ga masuk. Hp aku itu udah drop banget batreinya. Aku minta cobain, sampe muncul logonya. Eh ga muncul-muncul dong padahal udah setengah jam. Ya udahlah, beli aja, daripada hp-ku mati terus.

Charger udah kebeli, waktunya pindah ke tempat wisata selanjutnya.. Bori Parinding. Ini asli dah, aku sok-sok pake ingetan setengah sadarku pas di bus tadi pagi, karena mau hemat batreinya ririn. Hasilnya apa? Kami udah di jalan yang benar menuju MAMASA. Oke, muter balik dan jauhhhhhhhh banget nyasarnya ya Allah. Tapi pada akhirnya kami nyampe ke Bori Parinding juga.

Tiketnya Rp15.000,-. Disini lengkappppppp banget. Ada kuburannya kayak di lemo, ada batu-batu megalitik, yang ternyata tiap satu batu itu milik pemuka adat yang kalau meninggal kudu nyiapin 24 kerbau dulu, wadaw.. ada kuburan anak kecil yang di pohon itu. Pokoknya lengkap dah. Mayan banget kan kalau bayar Rp15.000,-. Yang ga bagus itu aksesnya kesini, sumpah ini jalanan kecil dan banyak rusaknya. Dan di jalan ini kamu bakalan sering ketemu kerbau yang diajak jalan-jalan sama pemiliknya.



Udah 5 tempat, dan langit masih terang. Satu tempat lagi yang dekat dengan bori. Tempatnya mirip Bori Parinding, tapi ga keurus, dipinggir jalan setapak tempatnya, namanya lupa. Pokoknya batu-batu megalitik juga, plus ada nama-namanya.



Kami tiba di penginapan sudah hampir magrib. Keluar malam Cuma untuk nyari makan di sekitar Rantepao, dan tidur. Muka aku sampe gosong. Gila aja, sehari bisa 6 tempat wisata, itupun pake acara nyasar sampe mamasa. Mampir beli charger. Kenapa? Karena tempat wisata di Toraja itu banyak sekali dan dekat-dekat

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar