iklan

Senin, 20 Mei 2019

Sa'dan: Pusat Pengrajin Kain Toraja yang ga ada pengrajinnya

Aku adalah orang yang kalau jalan pasti nyari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan aku kunjungin. Dan juga, orang yang selalu berusaha untuk nyari sesuatu yang khas di tempat itu. Dan salah satu tempat yang khas di Toraja itu adalah Sa’dan. Salah satu pusat pengrajin kain khas toraja.

Setelah dari Bori, kami menuju Sa’dan. Dan tahu tidak, jalannya jauuuuhhhh. Naik-naik tapi ga separah Buntu Burake atau lolai sih, tapi yang bikin kecewa double adalah sudah jauh-jauh ke Sa’dan, ban bocor pas nyampe, dan tidak ada sama sekali pengrajin ketika kami datang. Kosooooongggg. Di depannya malah ada anak remaja yang nyuci motor, ketika kami tanyain kemana para pengrajinnya, adeknya malah mau ngelihatin hasil kerajinannya. Padahal kan kami mau lihat cara mereka nenun tuh gimana.

Ada sih satu alat tenun dan kain yang ada di teras rumah, lagi proses pengerjaan, tapi ga ada pengrajinnya. Lah.. kan tujuannya mau lihat proses pengerjaannya. Aku sih tidak ada niatan untuk beli kainnya karena aku tahu harganya tidak akan cocok di dompet missqueen aku, yang udah habis banyak banget buat beli tiket doang

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar