iklan

Rabu, 25 September 2019

Gereja Yahudi di Tondano

Pernahkah kamu mendengar tentang agama Yahudi?

Ya..itu adalah agama asli bangsa Yahudi. Agama abrahamik kuno yang percaya kepada Tuhan yang Maha Esa dengan berpedomankan Kitab Taurat. Agama ini merangkum seluruh kepercayaan, filsafat, dan kebudayaan Yahudi.

Selama ini aku hanya berpikir bahwa agama ini hanya ada di Yahudi sana. Tapi setahun belakangan ini kalau semua pemahamanku itu ternyata salah saudara-saudara. Adikku sempat bilang kalau di Tondano tuh ada gereja Yahudi, bahkan ada Romo-nya. Dia pernah lihat di (aku lupa) yang ikut lomba di Jogja dan menang, katanya.

Sampai pada akhirnya, aku dan adikku dapat waktu untuk melarikan diri dari rutinitas kami dan memutuskan untuk mencari si Gereja Yahudi ini. Biasalah, kami mengandalkan google Maps. Kalau keywordnya “Gereja Yahudi” ga bakalan ada, maka kami searching di google dulu namanya “Gereja Sinagoge Shaar HaShamayim” kemudian ke maps lagi, dan mulai mengikuti petunjuk ke Gerejanya.

Begitu sampai di titik, loh kok ga ada bangunan gereja, adanya bangunan yang sedang di pugar. Ga ada plang namanya juga kayak Gereja yang sering aku temuin. Tapi ada sih yang meyakinkan bahwa benar kami sudah tiba di Gereja Yahudi, yaitu tulisan di Tiang Pagar Gerejanya.




Tapi karena masih penasaran takut salah, kami bertanya ke anak kecil yang rumahnya tepat di belakang gereja, dan dia membenarkan kalau benar itu Gereja Sinagoge. Cuma sedang di renovasi saja. Semoga nanti kalau sudah selesai renovasinya, aku bisa punya kesempatan lagi untuk datang ke Gereja ini. Siapa tahu bisa kebetulan sedang misa atau bisa ketemu Romo-nya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar