iklan

Sabtu, 30 November 2019

Backpacker Jawa #4: Semarang

Hari ke-4

Cerita terakhir tuh aku udah naik bus kan? Dari terminal di Malang. Nah..ceritanya mulai dari bus juga. Sampai di kudus, tinggal 2 penumpang yang tersisa. Aku dan bapak-bapak di bangku sederet denganku. Tujuannya Semarang. Ini kalau sisa aku doang entahlah apa kabarnya? Karena alasan bus-nya mau di servis, kami berdua disuruh pindah ke bus yang lainnya. Aku ga tahu ya ini emang prosedurnya apa gimana. Tapi alhamdulillahnya tuh ga Cuma aku sendiri yang tujuannya semarang. Masih ada si bapak juga.

Sampai di Semarang, sekitar jam 5, dan kami diturunkan di pinggiran Jalan. Benar-benar di pinggir jalan dekat lampu merah. Aku dan si bapak sama-sama keheranan, kami kan minta diturunin di Terminal, kenapa di pinggir jalan. Dan menurut si kondektur bus-nya, ga ada terminal di Semarang. Aku ga tahu benar atau tidak. Tapi sekali lagi aku bersyukur karena ada temennya.

Jam 5 di semarang itu udah terang benderang. Matahari udah ada banget. Dan aku sempat ngobrol sama si bapaknya, yang baru pertama kali juga ke Semarang kayak aku. Bedanya dia ada yang ngejemput. Aku? Direcokin ojek pengkolan.

Aku sudah booking hotel sih, di airy peterongan. Tapi aku tahu pasti kalau ga bisa check in sebelum jam 2. Kecuali aku mau bayar biaya tambahan. Aku masih mau ngobrol sama si bapaknya nunggu jemputan, tapi ojek pengkolannya benar-benar ganggu. Kalau harga via aplikasi ojek sih Rp18.000,-, aku mau kalau Rp 20.000,-. Entah tuh bapak ada kali setengah jam ngerecokin terus, tapi akhirnya mau juga kalau bayarnya Rp 20.000,- Bapaknya mulai harga di Rp 50.000,-

Ga enaknya ojek pengkolan nih, dia ga ngerti arahnya. Ngasal banget. aku minta anterin ke Nasi Ayam Bu Wido. Entah berapa kali dia nanya orang di jalan. Aku sampe batin. Kok bisa-bisanya abang ojek ga ngerti nasi ayam bu wido, apa ga enak? Padahal salah satu makanan wajib coba di Semarang kan nasi Ayam bu wido.

Setelah usaha tanya sana sini. Akhirnya ketemu tempatnya Bu wido. Dan itu masih belum jam 6. Belum buka dong tempatnya. Bu Wido baru buka jam 4 sore. Mampuslah aku, check in baru boleh jam 2. Di bu Wido baru buka jam 4. Aku harus kemana sama ranselku ini. Mana belum cuci muka. Ya sudahlah diputuskan untuk anterin ke penginapan aja sama si bapak ojek ini. Sekali lagi bapaknya ngeyel banget ya Allah. Aku hidupin maps kan nih, kata mapsnya udah nyampe, sama bapaknya tuh yang ngeyel banget bilang kalau dia tahu arahnya. Dibawalah aku masuk ke pasar peterongan. Yaallah, sampe harus masuk gang lagi karena nyari lagi. Akhirnya hotelnya benar-benar ada di pinggir jalan. sebelum kompleks pasar peterongan. Duh.

Setelah bayar. Masuk nih ke hotelnya. Di bawahnya itu, cafe. Hotelnya di lantai 2-nya. Pas aku tanya udah boleh check in belum, katanya ga bisa karena kamarnya lagi penuh. Mungkin bisa kalau ga lagi penuh. Ya udah deh, aku nanya kalau boleh nitip tas. Katanya boleh. Ahhhh... itu sudah lebih dari cukup. Jadilah setelah naroh ransel, aku keluar nyari indomaret terdekat, beli sarapan dan numpang cuci muka.

Masih pagi banget kan di Semarang, tapi Ya Allah dalam hati entah berapa kali aku bilang kalau Semarang itu jauh lebih panas dari Gorontalo. Matahari pagi-nya nusuk banget. Sumpah. Tapi show must go on.

Tempat pertama yang aku datangi adalah Mesjid Raya Jawa Tengah. Guedeeeeeeeeeeeeeee banget. Ga rame sih meski aku lihat ada perkemahan, orang olahraga, bahkan ada cewek cowok pacaran. Sumpah, jam 8 pagi ada yang pacaran di mesjid.

Aku mau masuk masjidnya, tapi ditutup. Ga bisa masuk. Tapi bagian luarnya juga bagus kok. Lagipula aku ga tahan panasnya Ya allah, pengen buru-buru pindah tempat. Tempat ke-2 yang aku datangi adalah Lawang Sewu.

Tiket masuk

Sesuai namanya, lawang sewu ini punya banyak sekali pintu. Yah menurutku sih ga gitu angker sih. Tapi entah ya kalau malam. Segitu banyak pintunya, ya bikin jiper juga kalau Cuma sendiri. Yang paling iconic disini ya jendela kacanya itu. Ga disarankan untuk foto sendiri kecuali selfie. Karena kacanya tuh di bagian hampir loteng, dan harus naik tangga, jadi kayak ga ada tempat buat naroh hp yang pas. Aku sempat nyoba sih, tapi rasanya ga terlalu bagus.

Aku sempat nge-carger disini. Ada colokan-colokan gratis di beberapa sudut. Ya asal kuat aja nunggu sendiri. Karena tempat yang buat colakan itu ada di bagian belakang yang sepi.

Oh iya, tiket masuknya Rp 10.000,- dan disini juga ada museum lokomotifnya.

Habis dari Lawang sewu. Aku ke kota lama-nya Semarang. Ada banyak banget bangunan tua yang dialihfungsikan tapi masih mempertahankan keaslian bangunannya. Kayak Marba, gereja. Buat spot foto sih ini keren banget. tapi aku ga tahan panasnya. Aku keliling-keliling bentar, ketemu kotak telpon berwarna merah yang fungsinya untuk nge-charger gratis, aku memilih duduk disitu, sambil nge-charger. Memperhatikan kesibukan orang-orang yang senyam senyum bahagia pas di foto, tapi begitu selesai foto langsung mengeluh panas. Gila ya, orang-orang bisa berkorban gitu Cuma buat foto medsos.

Abis ngecharger aku pindah ke Klenteng Sam Poo Kong. Disini ada 2 jenis tiket, yang Cuma halamannya Rp 10.000,- kalau mau terusan yang masuk ke dalam klentengnya nambah Rp 17.000,-. Totalnya Rp 27.000,-. Disini lebih gila lagi panasnya. Ya allah aku sampe ga mau foto saking panasnya. Aku langsung ke klentengnya yang agak adem. Disini ada 3 klenteng. Klenteng yang paling ujung yang boleh dimasuki umum. Kalau yang pertama sama kedua khusus kalau mau sembayang.

Di bagian belakang klenteng ke-3 tuh ada relief. Bagian depan dan sampingnya dipenuhi lampion warna merah yang kalau kamu pengen nama kamu ada disana, boleh aja. Tinggal bayar Rp 200.000,- namamu bakal ada di salah satu lampion itu selama 6 bulan.

Beres dari sini, aku pindah ke Soto Bangkong. Sempat melewati simpang 5. Kalau panasnya ga gila, asli aku turun situ. Tapi beneran panasnya minta ampun dan aku udah lapar.

Dan adalah pilihan yang luar biasa pas ketika makan siang di Soto Bangkong. Awalnya aku agak khawatir kalau bakalan salah banget makan soto siang-siang. Tapi asli, rasanya segaaarrrr sekaliiiiiii.

Sudah kenyang. Dan sudah hampir jam 2. Waktunya check in. Sampai hotel langsung mandi, kena AC dan sudah malas untuk keluar lagi. Cukuplah aku memulai hari ini dari jam 3 pagi dan panas-panasan di teriknya Semarang. Aku tinggal makan di Nasi Ayam Bu wido aja nanti malam.

Malamnya, aku masih mager. Untung banget Nasi ayam Bu Wido itu bisa di Go-food. 17.000,- aja. Sudah selesai semua urusanku di Semarang. Besok tinggal pindah ke kota ke-4