iklan

Jumat, 08 November 2019

backpacker jawa #1: Surabaya

Hallo again..

Ceritanya aku kembali solo. Setelah 2 perjalanan terakhir aku Ada temennya. Maka kali Ini semacam misi balas dendam. Aku akan pergi ke 5 atau 6 kota sekaligus. Juga Ada misi menantang diri sendiri untuk Benar-Benar budget dengan hanya Rp5.000.000,- udah included semua 6 kota Ini. Jadi Mari kita mulai dengan kota yang pertama dari journey to the west alafia.

1.      Surabaya

Yap..perjalanan Ini akan bermula dari Surabaya. Bukan tanpa alasan. Harga tiket yang sepertinya tidak akan seperti dulu Lagi (kek sayangnya Kamu ke aku ðŸ˜…) maka aku Benar-Benar harus mempertimbangkan setiap sen uang yang aku keluarkan. Waktu aku cek harga tiket ke Jakarta tuh Ada di angka 2jtan. Sedang Surabaya cuma di 1,5jt. Ya tanpa pikir panjang ambillah Surabaya. Dan sekalian nyari hotel. Dan pilihan jatuh ke Tab Capsule Kayoon (dibaca kayun).

Semuanya Rp1.671.719,- (sorry to say,aku anak akuntansi dan setiap sen itu harus dicatat). Nah..cara yg murah untuk ke penginapan ya dengan Goride. Tapi ga ada yg mau ngambil. Ojol masih tidak bisa masuk Juanda saudara-saudara. Kenapa sih orang-orang Ini tidak bisa percaya dengan konsep "semua orang punya rezeki"

Halah..balik Lagi ke topik...

Udah sejam aku di bandara. Dan udah jam 3 sore. Kemungkinan aku ga bakalan bisa kemana-mana kalau nungguin Ojol ada yg ngambil dan ga di cancel,jadilah naik taksi gelap yg banyaaaakkkk sekali di depan kedatangan. Awalnya bapaknya minta Rp135.000,- Karena di Grab tarifnya 112rb kalo aku ga salah inget (padahal pake Gojek cuma 30rban, iya jauh banget bedanya). Kata bapaknya itu udah sama tarif tol dan parkir. Rp100.000,- sewa mobil, Rp 35.000,- tarif tolnya. Aku menawarkan untuk aku aja yg bayar tol,tarifnya Rp100.000,- aja. Bapaknya kekeh dong. Ga pengen dapat untung sedikit, Rp 125.000,- terus Rp105.000,-. Tapi aku juga keukeh. Inget, setiap sen itu berharga. Bapaknya ngalah. Rp 100.000,- aku yg bayar tol.

Jadi..tol itu cuma bayar sekali dan cuma Rp8.000,- kita tinggal kasih aja kartu e-money kita ke bapaknya. Ditap pas mau masuk tol,nanti Ada struknya. Jadi ga bakalan dikibulin. Bayangin dong mark up bapaknya. Rp 8.000,- doang sama dia diminta Rp35.000,- yasalam. Hati-hati ya manteman,kalau Kamu niatnya mau solo juga kayak aku. Jangan terlalu percaya sama harga yang dikasih di awal. Nawar aja. Sesuaikan dengan tarif ojol. Biar ga dikeplak kalau deal-dealan harga. Nawar boleh, tapi jangan bikin sakit hati nawarnya.

Perjalanannya sih lumayan. Jadi ya,ga masalah sih. Dulu dari Sutos pake taksi yang ada argonya dan aku habis Rp150.000,- tapi jangan tanya aku dimana sutos berada. Aku yo ra reti blas. Akhirnya nyampe di tab capsule. Pas pinggir jalan, plang namanya gede. Pelan-pelan aja pas di jalan Kayoon. Gampang banget kok ditemuin. Nanti pas check in, kita diminta untuk deposit Rp50.000,- buat jaga-jaga kali aja nanti Kamu tiba-tiba ngerusakin properti, nanti dikembalikan kok duitnya pas check out kalau ga Ada kerusakan apa-apa. Aman. Udah beres urusan check in, langsung nyimpan barang di loker. Karena konsepnya hotel kapsul, Jadi barang bawaan kita di simpan di loker, nyempit-nyempitin tempat tidur kalau mau di taruh di Capsule-nya, dan langsung keluar. Aku harus mengejar waktu.

Tempat pertama yang aku datangi adalah monumen kapal selam. Ga usah naik ojol kalau nginep di Tab Capsule Kayoon juga. Jalan kaki aja. Jadi dari pintu keluar hotel. Ambil jalan ke kanan, sampe ketemu belokan kanan (ga jauh. Sumpah!) nah tinggal nyebrang aja. Kapalnya udah kelihatan.

Tiket masuknya Rp 15.000,-. Jadi di dalam bakalan disuguhkan jeroannya kapal. Mesin-mesin gitu. Tapi aku ga gitu ngerti mesin juga sih. Foto doang. Haha.

Beres disini. Aku pindah ke Museum Of Sampoerna. Kalau kamu berpikiran Sampoerna itu rokok. Iyesss..aku memang akan ke museumnya. Tarif ojek kesini dari Monumen Kapal Selam hanya Rp 12.000,- aja. Dan jangan khawatir. Ternyata museumnya tutup jam 6 sore.  Aku pas itu masuk setengah 5-an. Aku malah sempat ke pameran di sebelah museumnya.

Tak ada tiket masuk untuk museum of Sampoerna Ini. Duh, aku suka banget nih yang gratis-gratis gini. Dan tempatnya bagussssss bangettt. Parah. Aku sampe ke toiletnya dan kaget karena wallpaper toiletnya tuh bungkus rokok jdi Sam soe. Tapi bagusssss,pengen aku contek konsepnya. Tapi nanti kalau udah punya rumah sendiri. Kalau masih rumah bapak ibu bisa dikeplak aku rumah dipakein wallpaper bekas rokok.

Seperti yang aku bilang. Aku sempat ke pameran di sebelah museumnya. Tapi aku lupa nama pameran apa dan sampai kapan waktunya. Tapi beneran keren sih. Dan berhubung aku anaknya ga artistik artistik amat, sekedar lihat dan foto-foto terus keluar. Hehe

Setelah dari situ kan udah magrib tuh. Aku memilih untuk sholat di mesjid Mohammad Cheng Hoo. Naik ojek lagi dari museum of Sampoerna. Tarifnya Rp5.000,-. Sempat khawatir salah pas udah nyampe depan masjid karena ada lapangan basket yang gede banget. Apa aku salah? Apa mesjidnya udah Pindah? Atau udah dialihfungsikan sebagai lapangan basket? Tapi untung aja ngelihat pagarnya yang ada tulisan-tulisan Cina gitu. Eh ga tahu juga ding,tulisan apa itu. Pokoknya bukan bahasa Indonesia aja gitu. Bismillah masuk, ya kalau salah tinggal keluar lagi aja kan. Pikirku waktu itu, tapi beneran kok, alhamdulillah tempatnya ga salah. Sholat magrib disitu dan sempat numpang ngecharger. Ada colokan listrik di bagian depan. Lumayan kan pas batrei hpku udah merah.

Setelah batreiku sedikit terisi. Ga sampai full sih. Ijo dikit aja trus aku cabut. Isin,cuk. Di mesjid kok malah numpang ngecharger. Sekali lagi aku memesan ojek untuk ke Sate Klopo Ondomohen. Menu makan malamku. Tarifnya cuma Rp4.000,-. Deket ya berarti. Sate klopo ondomohen tuh tempatya kecil. Sederhana. Tapi yang antri tumpah ruah. Segala gofood aja ikutan ngatri. Standart makanan beneran enak adalah ketika banyak gofood yang antri.

Berhubung aku sendiri doang,jadi gampang nyari tempat. Kalau rombongan, bisa duduk mencar-mencar saking susahnya tempat duduknya. Aku pesannya sate ayam. Dikasih 10 tusuk. Kalau mau pesan 15 juga bisa sih. Tapi seporsinya 10 tusuk aja. Unik rasanya. Efek kelapa sangrainya kali ya. Makanan yang ada kelapa sangrainya ini persis kayak di Palubassa Serigala. Tapi Kalian wajib kesini kalau ke Surabaya. Bahkan kulihat Ini adalah tempat anak-anak bahasa nyepikkin bule-bule.

Disini makannya ga boleh lama-lama. Kasian yang nunggu. Dan sedikit Saran. Kalau Ada janji ketemu pacar, jangan makan disini dulu, mending pulang pacaran baru kesini terus makan. Karena pulang-pulang pasti se badan bau asap. Ya kecuali kamu mau ngasih alasan kalau sebelum datang/diapelin pacar kamu, kamu konser dulu makanya bau asap. Kan kalau konser suka ada efek asap-asapnya gitu 😅

Aku disini habis uang Rp 36.000,- buat sate ayam, nasi dan 2 botol air mineral. Yesss, aku sedehidrasi itu sampe abis 2 botol air mineral. Sejak turun pesawat aku ga minum sama sekali. Begitu lihat air rasa-rasanya pengen ku abisin semua. Kalau ga lagi batuk, aku pasti pesan yang dingin.

Perut sudah terisi, stok foto sudah aman. Waktunya pulang. Ngutak-atik hotel kapsulnya menunggu. Dan batrei hp juga sudah kembali merah.

Sampai disini dulu cerita perjalanan ke barat hari pertama. Karena besok paginya aku harus segera ke Stasiun Gubeng dan Pindah ke Malang. Ngerti sendiri kan jalanan Surabaya kek apa. Nanti kalau aku ketinggalan kereta, bakalan kacau semua perjalanan ini.