iklan

Rabu, 13 November 2019

Backpacker jawa #2: Surabaya-Malang

Hari ke-2 liburan. Masih di daerah Surabaya. Rencananya setelah sarapan (gratisan di hotel) aku mau langsung ke stasiun Gubeng. Sarapannya ada roti bakar dan bisa milih mau sama sosis apa nugget. Aku pilih sosis. Dan teh. Pemandangan di rooftop-nya bagus banget. Kalau kalian nginep sini juga,jangan ngelewatin sarapan gratisnya ya.

Baiklah..Perut udah ke isi, waktunya check out. Ngeluarin semua barang-barang di capsule Dan di loker. Udah semua nih. Tutup pintu Capsule-nya, dan seketika merasa bodoh. Aku ga ngeluarin kunci Capsule-nya. Apa kabar aku check out. Untung tuh pintu keluar dari kamar ga pake kunci itu. Kalau pake kunci itu juga. Mateng aku. Buru-burulah bilang ke receptionist depan. Untung sama mas-nya bilang gak apa-apa. Deposit kemarin dibalikin Dan aku pake gojek ke Gubengnya. Kurang lebih 6 menit dengan tarif Rp 9.000,-

Aku ga gitu butuh waktu lama nunggu kereta. Udah ada pas aku check in. Aku dapat gerbong eksekutif padahal harga tiketnya cuma Rp 46.832 dengan estimasi waktu 2 jam 18 menit.

Sampainya di malang. Langsung keluar stasiun, nunggu gojek ke penginapanku. Hostel yg sudah aku pesan via aplikasi. Tapi sejujurnya agak mengherankan sih, soalnya hostelnya ga muncul di aplikasi gojek. Jadilah tujuannya ke jalan ikan tombro. Nah Makin aneh lagi tuh pas udah daerah ikan tombro, Dan ga ada yang tahu tempatnya. Padahal kita nanya ke orang sekitar. Baiklah,nyari nomornya dong. Nomornya 48. Ketemuuuuuu..tapi bukan yang kayak gini yang aku harapkan. Ga ada plang namanya, ga ada yang bisa ditanyain, lebih parah lagi tuh di cerminnya cuma ditempelin Kertas untuk ngehubungin penjaga. Aku telpon dong, sama orangnya disuruh wa aja. Asli,aku pengen nangis disitu. Takut banget aku. Aku sampe minta bapaknya nemenin aku nunggu. Tapi pas ku wa. Balasannya iya Ini no.48, bisa dibantu? Yasalam..mana koneksinya susah banget lagi. Asli aku ga bakalan nginep disini meski udah ku bayar 2 hari. Feeling aku jelek banget disitu. Aku pesan gojek lagi, tapi karena koneksinya benar-benar parah,bukan bapaknya yang dapat. Sekali lagi aku minta bapaknya nunggu sampe gojek yang satunya lagi datang. Asli, aku ga mau ditinggal sendiri disini.

Ketemu driver yang masih Muda. Mas-nya menawarkan untuk nyari hotelnya. Eh ga tahu si bapak ojek yang pertama ngikutin di belakang. Berhenti juga. Dan bener, aku udah ada di penginapan yang benar tadi. Dan mereka sama-sama menyarankan aku untuk pindah aja. Maka, aku pindah ke Hotel kapal garden. Ambil yang dormitory cewek, jam 11 sudah bisa check in dengan harga Rp 95.000,-/malam, Dan dapat sarapan. Lumayan banget kan.

Berhubung dormitory lagi kosong, aku doang yang nginep. Serasa 60an tempat tidur itu aku yang punya semua. Haha.

Urusan naroh barang beres, waktunya main. Aku nanya sewa motor ke receptionist-nya Dan di kasih kartu nama. Mbaknya baiiikkkk banget. Sediain 2 tanda pengenal ya kalau minjem Motornya. Seharinya Rp 75.000,- dianterin Dan dijemput juga. Recommended kalau mau jalan-jalan di malang. Nomornya +62 822-4040-1929. Fast respon mbak-nya. Kalau mau sekalian ke bromo bisa disitu juga.

Motor udah. Layar kan nih. Mampir makan di ayam lodho dekat penginapan. Enaaaakkkkk. Seger banget. Seporsi ayam lodho Dan jeruk anget seharga Rp 31.000,-

Urusan perut sudah..mari menjelajah malangggggg.. Nah, di jalan aku bawa motor Ini si bapak yang punya penginapan yang udah ku booking via aplikasi itu bolak-balik nelponin. Aku bales dong. Wa aja. Tapi bapaknya keukeh nelponin, akhirnya aku angkat. Kata bapaknya kan check-in jam 2. Pas aku telpon itu baru setengah 11. Permisi, bapak ga pernah denger yang namanya biaya tambahan? Sama bapaknya ngasih alasan kalau bilang biasanya orang naroh barang doang. Dia katanya ngojek dulu. Mohon maaf nih,pak. Mending aku rugi duit daripada aku kenapa-kenapa disitu. Feeling aku jelek banget disitu. Dan aku orang yang luar biasa percaya feeling. Bapaknya mengakhiri dengan berkali-kali minta maaf. Tapi ya sudahlah ya, show must go on.

Tempat pertama yang aku datengin di malang adalah Jatim Park II. Karena sedang weekday harga tiketnya Rp 90.000,- buat masuk ke Museum satwa Dan batu secret zoo. Untuk harga segitu sih menurutku worth it banget. Memori kameraku sampai penuh karena banyak banget hal bagusnya disini. Jarang foto, karena ga ada yang fotoin. Foto sendiri maksudnya.

Isinya museum satwa Ini kayak diorama-diorama hewan. Tulang jerapah. Arapaima. Nah kalau mau lihat yang hidup tinggal pindah ke batu secret zoo..lengkappppp banget hewannya. Aku paling suka bagian aquariumnya. Ikan-ikannya lucu-lucu banget warnanya.

Oh iya,Parkir Motornya Rp5.000,- ya

Nah..udah nih kan, baru mau jam 5. Pindahlah aku ke Museum angkut. Jangan takut ga punya foto bagus atau gadget lowbat. Yang jaga tuh sigap banget  bantuin kita foto Dan banyak tempat buat ngecharger. Dan FYI,mereka lumayan Jago nyambil fotonya.

Tiket masuk ke Museum angkut Ini Rp 100.000,-/ orangnya, Dan parkir motornya Rp 5.000,-

Kalau pas nyampe malang aku ngerasa agak kecewa karena ternyata ga se-adem ekspetasiku. Pas dari jalan pulang ke Hotel. Allah, aku nyesel jaketnya ditinggal hotel.

Nyampe hotel aku mandi Dan keluar nyari makan. Mau cwi mie, di Google maps sih 4 menit doang jalan kaki, tapi ga ketemu. Asliii. Saking malesnya nyari lagi, aku makan di mie galau depan hotel. Pesan chicken mentai rice Dan teh hangat. Harganya cuma Rp 27.000,-

Perut Kenyang. Hati senang. Persiapan untuk jalan-jalan besok Dan pindah ke Kota ke-3.