iklan

Senin, 30 Desember 2019

Backpacker Jawa #10: Jakarta-Surabaya via kereta

Pagi-pagi aku sudah naik Gojek dari OYO dekat Binus menuju stasiun Pasar senen. Pagi gitu jam masuk kerja, jalanan Jakarta bisa macet banget. oh iya, aku ga kena charge tambahan karena nginep sekamar ber-tiga.

Sampai di Stasiun, aku beli nasi uduk dulu. Rp 12.000,- buat makan di kereta nanti. Ngomong soal makanan, makananku banyak banget. cemilan tuh macam-macam. Pia,salak,chiki, amanlah menghadapi 15 jam lebih di kereta. 15 jam? Iyes..aku bakalan 15 jam duduk di kereta. Ngelewatin lagi Jogja menuju ke Stasiun Gubeng

Kalau ada yang nanya kenapa aku tidak naik pesawat saja dari Cengkareng. Hmmm, akan aku jelaskan dulu alasannya sebelum lanjutin cerita. Seperti sudah jadi kebiasaanku, beli tiket itu udah pergi sama pulang, jadi kalau izin ke bapak udah pasti kapan pergi dan pulangnya, biar yang jemput juga enak.

Nah pas nyari-nyari harga tiket tuh, kalau dari Soetha tuh dikisaran Rp2.100.000,- langsung. Sementara dari Surabaya Cuma Rp 1.800.000,- transit Bali selama 6 jam. Ya aku ambil yang Surabayalah. Mana tiket kereta Cuma seratusan juga. Beda jauh banget lah. Tapi ternyata capeknya minta ampun.

Baik, lanjut lagi...

Tempat dudukku yang 2-2. Aku dan ibu-ibu di sebelahku. Di depanku ada ibu-ibu tegal. Kursi kosong. Seberangku, sekeluarga yang ada bayinya. Mereka pake 6 tempat duduk itu, tapi demi kenyamana si ibu yang punya bayi, salah satu ibu-nya pindah ke tempat duduk kami. Jadilah kursi kami terisi penuh.

Aku dan ibu yang sebangku denganku sama-sama turun di Gubeng. Sampai di Gubeng jam setengah 2 pagi, karena ibunya kasian ke aku yang harus ke bandara jam segitu dan kemungkinan tidak aman, dia ngajakin aku ke rumahnya dulu. Dibikinin soto dan teh hangat dulu, lalu sekitar jam 4-an baru dibolehin ke bandara.

Kalau ditanyain apakah aku mau naik kereta lagi dari Jakarta ke Surabaya, aku bakalan nolak. Sumpah, ga enak banget efeknya. Seminggu setelah naik kereta kurang lebih 15 jam itu, kalau lagi rebahan, aku berasa lagi di kereta. Tapi pengalamannya sih enak banget.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar