iklan

Selasa, 10 Desember 2019

Backpacker Jawa #6: Salatiga-Jogja



Hari ke-6. Sabtu, 9 November 2019. Tanggal merah. Maulid Nabi. Tapi aku tidak mendengar dzikir sama sekali seperti yang selalu aku dengarkan di Gorontalo sejak bada Isya sampai pagi hari. Gorontalo memang selalu beda kalau Maulid Nabi. Tapi aku berada jauh dari rumah. Aku ada di Salatiga. Jam 3 pagi sudah bangun dan bersiap untuk pindah ke Jogjakarta.

Aslinya, aku tidak merencanakan apapun di Jogjakarta. Aku Cuma mau bernostalgia dengan semua kenanganku tentang kota paling Romantis di Indonesia ini. Terakhir aku ke Jogja itu Januari 2015, dan baru balik lagi di November 2019. 4 tahun. Foto-foto tentang Jogjakarta itu berseliweran di berandaku. Hampir semua temanku sudah pernah ke Jogja, setelah aku wisuda pastinya. Tapi selalu ada bagian Jogja yang rasanya lain di mataku. Aku hanya ingin mengulang Jogja versi aku.

Kalau 4 kota sebelumnya aku solo. Di Jogja sendiri aku sudah janjian dengan Tri dan Gita. Teman kuliahku. Kebetulan waktu kita lagi bisa bareng, jadi rencananya 2 hari bakalan kita habiskan di Jogja. Aku berangkat dari jam 5 dari Salatiga.

Ada sedikit masalah pas aku mau naik. Namaku ga ada di daftar penumpang, tapi karena aku megang tiket, akhirnya supir Day Transnya minta aku duduk di depan saja yang kebetulan bangkunya kosong.

Mulai ngajakin aku cerita sejak Solo. Karena aku memilih tidur sepanjang jalan. Oh iya, Salatiga-Jogja itu butuh 2 jam perjalanan. Bapak supirnya mulai nanya-nanya aku dari mana, di jogja mau ngapain, dan berkali-kali bilang selamat menikmati liburannya ya, mbak. Mbaknya hebat banget. padahal mah biasa aja. Karena jarang ketemu temen yang waktunya pas aja makanya jadi terbiasa jalan sendiri.

Masih inget kalau Day Trans itu ga nurunin di tujuan kan? Jadi bapaknya nurunin aku di Tamsis. Terus aku naik gojek ke Lempuyangan. 4 tahun ga ngelewatin jalanan jogja sama sekali, tapi aku masih hapal mati kalau di lempuyangan itu jalanan 1 arah. Tapi abang gojeknya ngeyel, bilang gak apa-apa asal alon-alon.

Nah, karena Gita dan Tri udah nyampe duluan. Kenapa kita ketemunya di Lempuyangan? Karena Gita dan Tri naik kereta semalam dari Jakarta. Mereka udah nyampe ketika aku masih di daerah Prambanan, jadi mereka sarapan duluan. Mereka berdua sih masih sering balik Jogja. Gita emang asli Jogja, dan Tri yang ngurusin adeknya yang kuliah di Jogja. Nah, mereka berdua tuh ga nyangka kalau aku bakalan datang dari arah berlawanan.  Masalah teknis aja.

Setelah Andy (adiknya Tri) datang, kami memutuskan untuk pisah. Aku ikut Gita. Tri sama adeknya ke kontrakan Adeknya. Kami mau mandi dulu kemudian jalan-jalan.

Jam 10 lebih kami mulai jalan. Tempat yang kami tuju adalah The Lost World Castle. Asli aku ga ada gambaran apa-apa. Gita Cuma bilang kalau jalannya tuh di daerah Kaliurang. Dan aku rasanya pengen nangis, Ya Allah jalanan Jogja macet sekaliiiiiiiiii, dan dulu Kaliurang tuh ga semacet ini.

Setelah perjuangan, kami sampai juga. Bayar tiket Rp 30.000/org. Bisa milih yang paket terusan Rp 55.000,-. Tapi kami memutuskan untuk tidak kesana. Begitu masuk, kita ngelihat spot-spot foto dan sebuah menara. Itu tok. Kami berempat langsung menyesali. Ah elah, bayar Rp 30.000,- masa Cuma segini doang sih. Eman-eman banget duitnya. Untuk menghibur diri, kami naik ke menara itu. Dan voilaaaa.... ternyata masih ada lagi di dalamnya. Ga bakalan kelihatan dari luar gitu. Haha

Di dalam sih lumayan banyak tempat buat foto. Tapi masih dalam pembangunan yang lainnya. Cuma kalau mau cari foto, banyak banget spot-nya. Tahan aja sama panasnya. Gila sih. Aku sampe heran kenapa Jogja bisa sepanas itu.





Abis foto-foto disini, kami nyari makan. Ketemu di gubuk lor. Ada mushola-nya. Dan makanannya enaaaaakkkkk banget. aku lupa jalanannya. Abis makan, kami segera menuju gamplong. Iyes, studionya si Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca.

Begitu masuk, karena Gita pengen naik kereta, kami ngambil yang Rp 10.000,- kalau yang biasa bayar seikhlasnya. Kami disuruh masuk lewat pintu yang di sebalahnya, yang dikunci gitu dari dalam.





Nah...di situ ada rumah yang dipake buat syuting Bumi Manusia. Terus masuk ke studio alam Gamplong dari samping. Tapi pas keretanya datang katanya kami harus bayar lagi. Sedihhhhh. Bayar Rp 5.000,- aja sih. Tapi kok kayaknya kami eman-eman banget. padahal yang bayar sukarela itu Tri udah ngasih. Tambah malas lagi ketika di dalam, terlalu banyak anak-anak instagram yang memonopoli tempat. Mereka minta kami pindah karena mereka mau foto. Makin kesel lah kita. Jadinya, ayo pulang. Kami semua pulang ke tempatnya Andi.

Kami baru keluar lagi sekitar jam 9 malam. Kami janjian ketemu di Alun-alun kidul karena mau ketemu Ika. Teman kuliah kami yang masih stay di Jogja. Sumpaaaahhhh... Jogja tuh maceeeettttt parah. Aku ga pernah ngerasa Jogja separah ini kecuali pas tahun baruan.

Kami ngobrol sampai jam setengah 12-an. Pulang untuk istrihat. Besok kami masih punya agenda.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar