iklan

Sabtu, 07 Desember 2019

nyobain hotel capsule

Kalau ada yang sering baca isi blog-ku, pasti tau kalau soal penginapan aku selalu nyari yang harganya murah, kan cuma buat tidur ini.  Lagian aku kalo travelling suka susah tidur.  Ancur banget waktu tidurnya. Baru bisa tidur di jam 1 atau jam 2 pagi, eh jam 4 kadang udah bangun aja dan udah ga bisa tidur lagi.  Jadi yah ga perlu lah nyari hotel yang mahal-mahal. Meski aku selalu mengaku backpacker, aku jarang dan hampir tidak pernah nyari hotel dengan konsep dorm atau capsule. Budget buat hotel biasanya Ku batesin di Rp250.000, - semalam. Tapi kadang nemu juga yang Rp55. 000,-/malam udah kamar mandi dalam. Tapi kalau ada yang gratis, kayak nginep rumah/kosan temen sih aku ga bakalan nolak. 

Nah.. Di cerita backpacker jawa ini. Kan aku udah masang target duluan untuk cuma ngabisin duit Rp5.000.000, - (Lima juta rupiah) buat ke 5 atau 6 Kota di Jawa.  Budget standart aku kalau travelling lah ya.  Tapi biasanya 2-3 tempat aja, jadi hotelnya bisa yang agak legaan.  Nah masalahnya adalah, untuk tiket travelling jawa ini aja aku udah ngabisin budget 3jutaan lebih. Jadi budget penginapan harus dikurangin dong. Nah jawabannya adalah hostel.  Hotelnya para backpacker. 

Aku adalah orang yang kalau travelling memastikan banget aku perginya kapan, nginepnya bakalan dimana, pulangnya kapan. Yah namanya juga anak cewek yang solo. Kudu nemastikan orang rumah merasa aman-aman aja ngelepasin aku jalan sendiri.  Ya caranya dengan itu, memastikan semuanya aman. Juga aku sedikit ngeri sih dengan konsep dorm itu, takut ga aman. Tapi harus nyoba sendiri, kan ga boleh berpatokan ke "katanya loh, kabarnya sih"

Nah..kota tujuan pertama aku kan surabaya tuh. Nyari tiket pesawat dong, terus ada fitur pilihan tiket+hotel kan. Nah, kebetulan ada yang lumayan mural. 1,6jutaan udah sama hotelnya.  Hotel capsule. Aku lihat foto dan review-nya sih lumayan. Ambillah yang itu. Kalaupun akhirnya ga nyaman, kan cuma semalam ini pikirku. Ambillah yang itu. 

Jadi.. Hotel capsule pertama yang pernah aku cobain itu ya si Tab Capsule Kayoon. Akses jalannya gampang, dan bagus sih menurutku. 



Jadi kalau kita udah booking duluan, sama kayak hotel-hotel biasanya sih.  Kita bakalan diminta untuk deposit Rp50.000,- (Lima puluh ribu rupiah),  Jadi pastikan kita punya uang cash ya. Kemudian kita bakalan dikasih kartu gitu. Aku lupa fotoin kartunya. Kayak ATM gitu sih kartunya.  Ini berfungsi untuk pintu kamar, pintu capsule, loker,  dan lift. Tapi ga semua lantai bisa kamu akses. Misalnya kamu dapat Kamarnya yang lantai 1,kamu cuma bisa pake kartu ini untuk ke lantai 1 sama lantai 5 aja.  Lantai 5 itu cafe-nya. Dapat sarapan biasanya, atau kalau malas makan diluar ya tinggal Naik ke lantai 5 aja.  Sedihnya tuh Mushola-nya ada di lantai 2. Aku bolak balik minta tolong receptionists-nya buat aku bisa ke lantai 2 pake lift buat sholat.  Perlengkapan sholatnya lengkap, Tapi agak kurang besar, kayaknya cuma muat untuk 2-3 orang sholat sekaligus. 

Balik ke soal kamar. Aku milih capsule yang di bawah.  Jadi dalam satu ruangan itu ada 4 capsule, 1 kamar Mandi bersama, Dan 4 locker. Sepatu ga boleh masuk capsule yah. Dan tiap Kali kita buat tutup pintu capsule atau locker itu bunyinya khas. Agak ganggu sih. Apalagi aku bisa bolak balik toilet cuma untuk pipis lah, cuci muka lah, dan urusan lainnya di kamar mandi.  Tiap Kali mau ke kamar mandi, pintunya capsule-nya kan aku kunci. Iyes, separno itu sih aku. Takut banget barang-barangnya hilang.  Udah susah banget buat beli lagi soalnya. 

Soal kamar mandinya, aku suka sih. Ada air hangatnya.  Ini penting banget sih buat traveller kayak aku.  Abis menjelajah seharian itu terus mandi pake air hangat tuh rasanya enak sekali.  Dikasih alat mandi yang bersih juga. 

Sarapannya lumayan menurutku. Untuk harga segitu dapat sarapan roti bakar, sosis/nugget, teh/kopi itu sih udah lebih dari cukup. Pemandangannya juga mantap banget. 

Secara keseluruhan sih, aku suka banget hotel capsule ini kecuali soal mushola-nya. Sepertinya tiap Kali ke Surabaya, aku bakalan nginep disini kalau emang cuma sendiri. Dan semoga aku ga meninggalkan kunci kamarku lagi di dalam kamar. 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar