iklan

Minggu, 15 Desember 2019

Backpacker Jawa #7: Jogjakarta - Jakarta

Hari ke-7 masih di Jogjakarta. Tapi siangnya udah harus naik kereta menuju Jakarta. Rencana awalnya, pembicaraan di alkid semalam kami udah ke Tebing Breksi, yang dekat-dekat aja, karena lagi-lagi jalanan Jogjakarta udah ga sama kayak waktu kami masih kuliah dulu.

Jam 10 rencananya pada mau jalan. Tapi akhirnya Ika bilang dia ga bisa karena ga ada yang gantiin dia jagain baby-nya. Tak masalah sih, setidaknya kami sudah ketemu semalam. Tri kemudian bilang aku dan Gita aja berdua yang berangkat. Dia masih ngurusin masalah adeknya. Ya ga asyiklah. Kan rencananya bertiga. Jadi kalau 1 ga berangkat, ya 2 juga ga jadi dong. Motto nih. Haha.

Jadi, aku dan Gita memutuskan untuk ke kontrakkan adeknya Tri aja. Sekalian aku bawa ranselku, biar nanti dari tempatnya Tri bisa langsung ke Stasiun. Oh iya, yang bakalan balik duluan ke Jakarta itu Cuma aku dan Tri. Gita besokannya, dia masih ada janji ketemu sama gank SMA-nya. Nanti juga kami bakalan ngumpul lagi di Jakarta. Kalau di Jogjakarta aku di tempatnya Gita, nah di Jakarta aku bakalan di tempatnya Tri. Aku nah dimana aja asal aman dan gratis.

Dari tempatnya Tri, kami memutuskan untuk ke Bakpia Wong (ini aku ga tahu sama sekali kalau punya-nya Baim Wong. Aku sudah sering terpapar kata Wong sejak kuliah dulu. Sebelah kampusku itu ada Gajah Wong. Tempat makan yang katanya mahaaallll sekali. Aku tak berani mencoba, karena sadar diri tak punya uang. Ngelewatin aja kalau pas makan lotek. Eh kok malah ngelindur. Lanjuuuutttt…

Mulai lagi kami panas-panasan naik motor. Yang mau beli oleh-oleh sih sebenanarnya Tri. Mau beliin bauat ibu kos-nya. Tapi harus ke bakpia wong. Adanya di belakang jalanan malioboro. Pake maps aja kalau mau kesana juga. Pada dasarnya aku tuh ga gitu suka bakpia Jogja. Lebih suka pia Gorontalo. Dulu jaman aku kuliah bakpia yang terkenal itu bakpia yang ada nomornya. Orang rumah juga ga begitu suka oleh-oleh dalam bentuk makanan. Jadi jarang beli makanan aku kalau pas travelling. Jadi sudah 5 kota dan belum beli oleh-oleh. Bodo amat dah. Nanti aja di Jakarta.

Nyampe bakpia wong, ka nada testernya tuh, yang masih hangat, dan aku nyoba yang durian. Astaga.. aku bolak-balik ngambilin testernya. Enaaaakkkk banget ya Allah. Pengen buka jastip. Tapo apa daya, aku ga bawa duit banyak. Ga punya juga sih sebenarnya. Akhirnya aku beli 1 durian yang isinya 15 seharga Rp45.000,- dan cokelat yang isi 10 seharga Rp30.000,- Isinya sih kecil-kecil. Ga kayak Pia Extra. Gedean pia Ramayana juga, tapi asli ini enak bangetttt. Pengen ku abisin semua testernya kalau ga dilihatin penjaganya. Haha

Abis beli oleh-oleh. Pulang ke kosan Tri dan langsung ke stasiun. Gita yang cetakin tiket kami gara-gara kami udah ga ngerti lagi dimana harus nyetak tiket. Sebegini ketinggalan kami berdua. Buru-buru naik kereta sampai ga beli makanan, dan ngos-ngosan. Pas ketemu tempat duduk kami, eh udah ditempatin emak-emak jekardah, yang minta kami ngalah. Udahlah ya. Sama aja ini. Aku dan Tri karena lari-lari kan pengen banget minum kan. Mau beli air. Tapi kata emak-emaknya tuh kereta udah mau berengkat, padahal di jadwalnya masih 15 menit lagi. Kami awalnya iyain aja, tapi akhirnya turun juga karena udah haus banget. Toh abis beli minum ternyata masih lumayan lama juga.

Drama kereta ini ternyata belum terhenti. Pas udah jalan. Salah satu emak-emak itu nanya kalau aku mau tukeran tempat duduk atau ga. Dia pusing kalau duduknya membelakangi arah jalan kereta. Maaf, tapi aku dan Tri udah ngalah untuk bagian dekat jendela yang dikuasai mereka. Sekarang kami diminta hadap-hadapan aja. Ya gal ah ya, bu.

Masih soal dram perjalanan lempuyangan – pasar senen ini. Seberang tempat duduk kami itu ada cewek Sumatra yang merasas segerbong ini punya dia sendiri. Pindah-pindah tempat duduklah. Ngobrol di speaker dan suara intonasinya gede banget. Astaga, sumpah aku tidurnya ga enak banget. Mana ibu-ibu bertiga ini kerjaan gonta-ganti keluar dari tempat duduknya. Temen-temenya  yang beda gerbong juga saling mengunjungi. Ya Allah.

Kami makan malam di kereta. Pengen ayam geprek, tapi kehabisan. Ketemunya malah soto ayam. Gak papa lah ya. Masih ada nasi ini. Lumayan sebagai pengganjal perut.

Kami sampai di pasar senen udah jam setengah 1 pagi. Memesan grab menuju kosan Tri, dan tidur. Aku butuh tidur. Tri apalagi.