iklan

Selasa, 17 November 2020

Backpackeran Ke Bitung #1

 Akhirnya... Backpackeran juga

 Setelah di bulan oktober ga jadi karena ga bisa pergi ke banjarmasin, sementara aku sudah mulai stress ga nenteng si backpack cokelatku. Akhirnya ku memutuskan untuk backpackeran tipis-tipis. Fyi, aku selama hidup tidak pernah ke bitung. Cukup tahu aja itu bitung, tapi ga pernah punya keinginan untuk menjelajahnya. Bahkan ada beberapa orang yang kuajakin yang bilang “Bitung? Ngapain sih?!” Ini komentar anak-anak daerah sini ya. Beda sama temen-temen luar daerahku yang kayaknya pengen banget kesana.

Setelah dapat temen main, yang adalah adik sepupuku. Akhirnya kami pergi di hari jumat sore. Rencananya emang Cuma di jumat sampai minggu. Bener-bener liburan tipis-tipis, dan ajaibnya kami sama-sama ga pernah ke bitung. Ke manado sih sering, ke bitung tuh sama sekali ga terpikirkan. Oh iya, kami naik motor. Pake Moti ^_^ dia kerja keras banget pas 3 hari itu, tapi aku seneng, ternyata dia masih kuat pergi jauh.

Balik ke topic backpackeran itu. Pas baru pergi, baru jalan 30 menitan, udah hujan deras. Untung adekku emang udah nyediain mantel hujan 2. Di moti ga ada mantel hujannya sama sekali, aku males pergi-pergi pake moti kalau pas hujan, kalaupun terpaksa, ya hujan-hujanan sekalian.

 Awalnya pake sepatu (udah pasti dong, fashion dong, backpackeran ini), karena hujan langsung alas kaki kita ganti pake sandal. Ya kan sendalnya mau dipake pas travelling, masa udah basah duluan.

Waktu itu kami pergi setengah empat sore, dan ngejar jam 7 adekku harus kelas online. Ternyata ke kejar, jam 7 kami udah tiba di hotel. Ini hotelnya senemunya pas di bitung, udah ga ada waktu pilih-pilih hotel, lihat kamar juga ga sama sekali, seadanya banget, biar dia bisa langsung kelas online. Kami ngambil yang Rp200.000 (dua ratus ribu)/ malamnya. Dan ajaibnya ini kamar lengkap banget, ada tv kecil (yg ga kecolok, entah berfungsi atau ga), ada kulkas kecil (ga kecolok juga, dan masih ga ngerti berfungsi atau ga), ada 2 kursi kayu buat nyantai-nyantai, dan bahkan ada bathtub. Coba ada bathtub. Seumur-umur aku backpackeran, mana pernah ketemu yang ada bathtub-nya, tapi airnya lamaaaaa bangetttt jalannya. Ya kali, nunggu bathtubnya keisi lama banget, ada sejam lebih Cuma buat ngisi bathtub. Kalau buat dua orang mandi, 3 jam buat ngisi bathtub doang, duh buang-buang waktu ya say, maka kami jadiin bak mandi biasa itu bathtub. Ah, dan flash toiletnya tidak berfungsi, jadi kudu pake gayung.

Nah, adekku masih kelas online jam 7 kan, nungguin dia kelas online dan mandi, kami baru keluar cari makan di jam setengah 10. Nyari kuliner khas, jam segitu, ya udah pada sepi, masih pandemic gini. Akhirnya kami memutuskan makan di ayam bakar Surabaya yang masih buka. Pesen ayam, nasi nambah 2, dan jeruk nipis hangat. Totalnya Rp 62.000,- (enam puluh dua ribu rupiah)

Oh iya, dari rumah ngisi bensin si moti sampai penuh Rp 21.000,- (dua puluh satu ribu rupiah). Sampai ke bitung masih ada sisa, tapi untuk jaga-jaga setelah makan, aku dan adekku nyari pompa buat ngisi. Sumpah, jam 10 pompa-nya udah pada tutup. Berhubung kami udah rada capek karena dihajar hujan, jadinya kami memutuskan untuk besok aja nyari bensinnya. Toh masih ada juga.

Sebelum balik penginapan, kami mampir indomaret, dan akhirnya kami sadar kalau belanja itu ga dikasih kantong plastic, sama sekali ga ditanyain, dan mbak-mbaknya juga ga peduli mau kamu apain belanjaanmu. Dua antrian depan kami, begitu selesai belanja, belanjaannya di kekep. Awalnya kami ga ngerti, sampai tiba giliran kami, dan mbak-nya ga ada tanda-tanda mau kantongin belanjaan kami, untung Cuma minuman kaleng doang, jadi bisa kami kekep juga. Di jalan balik, kami ngelewatin plang dengan lampu yang bertuliskan “BITUNG LESS PLACTIC” dan ngertilah aku. Kok keren banget sih, programnya. Ini bisa ngehemat sampah plastic banget ga sih. Bayangin perhari bisa hemat berapa banyak plastic.

Masih terkagum-kagum dengan program daerahnya, pas udah dekat penginapan, barulah kami menyadari satu hal. Penginapan yang kami pilih itu, sebelahnya adalah pub, yang di depan pintunya ada sekitar 5 cewek lagi nunggu, dan lampunya remang-remang. Aku dan sepupuku langsung lihat-lihatan, dan berjanji untuk pagi-pagi langsung check out, bawa barang-barang kita meski repot nantinya pas main, dan pindah penginapan. Kalau kalian memikirkan hal yang aneh, sudah jelas kami juga. Karena tempat sebelah itu baru mulai aktif di jam sebelas malam. Untuk jaga-jaga kami sampai memastikan bener-bener kalau kamar kami terkunci dengan baik.


ayam bakar surabaya

kamar penginapannya

bathtub yang ku maksud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar