iklan

Selasa, 23 Maret 2021

Backpacker ke Labuan Bajo #1

Hallo...

Sudah lama sekali rasanya aku tidak menulis blog, meski sebenarnya sih di bulan November kemarin aku backpackeran juga, tapi ga ada yang mengalahkan perasaan backpackeran yang ada acara ke Bandara terus naik pesawatnya dulu. Terakhir tuh aku backpackeran via naik pesawat tuh yang keliling jawa November 2019 kemarin. Januari 2020 emang masih naik pesawat sih, tapi ya ga backpackeran. Jadi kalau di total selama 1 tahun 5 bulan sebelum aku punya bahan gini lagi.

Seperti judulnya, aku emang backpackeran ke Labuan Bajo. Itu artinya Labuan Bajo menjadi kota ke-21 yang aku datangi. Tak usah ku sebutkan ya 20 tempat sebelumnya, pokoknya gitulah. Baca aja tulisanku yang dulu-dulu dan kamu bakalan tahu 20 kota yang ku maksud.

Nah, selain jadi kota ke-21, Labuan Bajo ini sebenarnya emang udah ada di 100 daftar hal yang harus aku lakukan. Urutan ke 89, ketemu komodo. Ini memang ada di urutan akhir-akhir karena aku sadar diri bahwa tiket ke Indonesia Timur tuh lebih mahal daripada ke luar negeri atau bahkan ke jawa. Tapi masa’ aku mainnya jawa sama sumatera doang. Kalimantan kan udah pernah sekali. Tinggal yang bagian timur nih yang belum pernah masuk daftar nih.

Kebetulan banget, setelah setahunan pandemi, budget main yang harusnya tahun kemarin kan belum kesentuh tuh, jadi memberanikan diri untuk main ke Indonesia Timur. Hajar aja deh seberapa aja tiketnya. Eh... ga tahunya tiket Manado-Labuan Bajo ada yang Rp 1.264.000 (Satu juta dua ratus enam puluh empat ribu rupiah), yang normalnya adalah Rp 2.000.000,- ke atas. Dan lebih gila-nya lagi, itu pake transit sehari di Bali. Ya kali aku melewatkan kesempatan langka ini. Gaskeun-lah. Oh iya, di backpackeran kali ini aku ga solo ya. Bertiga, sama Ririn (yang waktu itu ke Toraja bareng, dan nambah 1 orang lagi. Vian)

Oh iya, sesuai prokes kita kudu rapid kan tuh kalau mau naik pesawat. Aku belum di vaksin, siapalah aku yang bakalan di vaksin di tahap awal, kerjaan juga ga jelas, mana mungkin diprioritaskan. Jadi kudu di rapid. Agak khawatir sih kalau hasilnya reaktif, jadi sebagai plan B, ku bakalan ke Gorontalo, keliling pulau juga disana kalau semisal hasil rapid-ku reaktif. Tapi Alhamdulillah hasilnya non reaktif. Untuk rapid antibody harganya Rp 85.000,- (delapan puluh lima ribu rupiah) dan antigen Rp 170.000,- (seratus tujuh puluh ribu rupiah). Untuk jiwa backpackeranku sih harusnya ngambil yang antibody, tapi seperti yang aku sebutkan sebelumnya, kalau aku bakalan sehari di Bali jadi ambil yang antigen. Konon kabarnya di Bali memang tidak menerima hasil rapid antibody.

Saking antusiasnya udah lama ga naik pesawat, jadwal pesawatnya 06.45, jam 5 udah nyampe bandara aku dan Ririn. Sumpah, rasanya kek baru pertama kali naik pesawat banget. Kalau ada yang nanyain Vian, dia nyusul pas kita udah di Labuan Bajo ya.

10.30 udah nyampe Denpasar. Nah, satu hal yang aku baru tahu juga, kalau naik pesawat sekarang tuh kudu ngisi e-HAC sebelum keluar bandara. Data-data gitu kayak kita dari mana, tujuannya kemana, pake pesawat apa, bahkan nomor kursi. Sebenarnya ini sama kayak formulir yang dibagiin di pesawat ketika kamu mengambil penerbangan luar negeri. Formulir ini bakalan diperiksa di bagian imigrasi selain passport tentunya, Cuma bedanya di Indo tuh pake aplikasi, ga manual, jadi bisa di scan barcode gitu. Tapi ga tahu ya penerbangan luar negeri sekarang. Aku kan terakhir terbang ke luar negeri tuh 2017.

Kalau kalian transit aja dan ada niatan untuk keluar bandara, kalau emang punya tujuan kek mau nginep di penginapan mana tuh, ya pake alamat hotel aja, kalau muter-muter doang, cukup isi bandara tempat kamu nyampe itu aja. Tapi soal keliling bali itu aku skip dlu ya ceritanya, focus ke Labuan Bajo-nya dulu. Tenang, pasti kuceritain di Bali aku kemana aja kok, nginep dimana, sewa motornya berapaan, makan dimana juga. Aman.

Oke Lanjut...

Keesokan harinya jam 11.00 aku udah nyampe di Bandara Komodo. Sumpah brambang seketika aku, ya Allah udah lama ga backpackeran, pas dikasih rezeki, berlebihan sekali. Tapi brambang-ku itu seketika digantikan perasaan gerah. Jam 11 ya, tapi panasnya Ya Allah, mana pas itu aku pake sweater, outer-an jaket rajut pula. Gimana ga panas di dalam, panas diluar ga tuh.

Selama di Labuan Bajo, aku nginep di The Teuz Hotel. Kalau kamu pesan via aplikasi traveloka, namanya The Teuz B&B, nah itu sudah tempatnya. Jaraknya dekat dengan bandara, bisa jalan kaki, bisa naik ojek konvensional atau grab. Satu-satunya transportasi online yang ada di Labuan Bajo Cuma grab bike. Jangan berharap yang lain. Kalau naik grab dari bandara ke The Teuz Hotel tuh harganya Rp11.000,- (sebelas ribu rupiah) kalau jalan kaki via maps, sekitar 18 menit, tapi percayalah ga selama itu, sekitar 10 menit aja. Ga jauh kok, matahari di atas kepala aja yang bikin jalan segitu rasanya jauh dan lama banget.

Kalau kebetulan kamu juga mau nginep disana, dari pintu keluar bandara, ambillah arah kanan. Lurus aja ikutin jalan itu sampai akhirnya kamu lihat ada jalan buntu, nah sebelum jalan buntu itu sebelah kiri ada gang yang jalannya masih tanah dan batu, juga ada plang nama The Teuz Hotel, nah itu kamu sudah berada di jalan yang benar. Mintalah kamar atas kalau nginep disini juga, selain bisa jemur pakaian dengan leluasa, di atas juga enak buat nyantai depan kamar, karena ada 2 kursi yang disediakan. Semua kamar sih disediain, tapi jujur lebih enak yang di atas.

Kalau kau pesan kamar disini via aplikasi harganya Rp 174.000,- tapi ketika aku extance dan bayar langsung harganya Cuma Rp 160.000,-. Jadi saranku kalau kesini, bayar ditempat aja. Tempatnya jauh lebih enak daripada harus dorm yang yah meskipun harganya 2x lipat dorm sih. Tapi dengan harga segitu kamu udah dapat kamar AC, single bad, kamar mandi dalam, sarapan dan tempat buat jemur baju. Aku tiap hari nyuci disini. Haha

Selain itu, kakak Stenly, yang jaga penginapan ini (yang namanya baru ku tahu setelah aku check out dan minta nomornya buat masukin blog karena sepertinya tidak ada nomor telpon penginapannya) baik, ramah dan sopan banget sumpah. Selama nginep disini, aku pinjam ember buat nyuci, pinjem gunting, gelas, minjem peralatan makan pas grab food, bahkan minjem jarum sama benang 2 kali gegera tasku selama disana 2 kali putus. Sendal juga, tapi ku terlalu malu untuk minta lem, toh kejadian putus sandal itu juga udah hari terakhir banget.

kamar di The Teuz Hotel

Kurangnya penginapan ini Cuma 1 menurutku, ga ada petunjuk arah kiblatnya. Tapi sebenarnya itu bisa diatasi dengan download aplikasi kan, jadi yah..bisa dibilang kekurangan yang ga kurang-kurang banget. untuk harga segitu udah dapat banyak banget.

Eh.. kok kayaknya malah review penginapan ya aku. Yok lanjut yok

Sorenya aku turun ke pelabuhan, naik grab lagi, bayarnya Rp 12.000,-. Pokoknya tulis aja tujuannya pelabuhan komodo gitu. Nanti disana tinggal deh dipilih mau ngapain, sewa motor kah, nyari info hopping island-nya, nyari makan, sholat, nongkrong juga bisa. Pelabuhan tuh kayak pusat kotanya gitu.

Kalau kamu clueless, Tanya-tanya aja ke kakak grabnya. Sumpah mereka bakalan dengan senang hati membantu. Disuruh mampir-mampir aja tuh mereka ga masalah, ga nambah tarif juga. Juara pokoknya deh orang-orang Labuan Bajo tuh.

Tujuan aku turun ke Pelabuhan kali ini adalah minjem motor. Ada 2 tempat yang buka. Pandemi bos, banyak yang tutup. Pizza Hut aja sampe turun ke jalanan, apalagi sector pariwisata gini. Pipoes ada di depan masjid dan Uereka ada di sebelah Kulos Store. Di Pipoes kita diminta nunjukin ktp dan sim sebelum dipinjemin motor, kudu punya SIM ya, ga bisa ga. Atau ga bakalan di pinjemin. Kalau di Uereka, cukup KTP aja, soalnya ini bakalan dijadikan jaminan.

Intermezo dikit ya, aku lupa banget kalau KTP-ku tuh dijadiin jaminan. Soalnya aku sempat antri di atm kan, dan aku ngeluarin dompetku, aku takutnya KTP-nya tercecer gitu, sampe satpam di Banknya ku suruh periksain CCTV besok kalau emang tercecer dan ada yang ngambil. Haha. Ternyata aku yang lupa kalau KTP-ku buat jaminan motor.

Balik lagi, sewa motonrnya Rp 75.000,-/motor untuk 1x24 jam. Pipoes dan Uereka harganya sama. Tapi di Pipoes motornya jauh lebih banyak. Ada nmax malahan. Jadi, kalau mau bergaya selama keliling Labuan Bajo, bisa juga. Ah, aku lupa bilang kalau akhirnya kami ngambil yang di Uereka, soalnya diantara kami bertiga yang bawa SIM motor Cuma aku, yang lainnya ga. Jadi daripada kita cabe-cabean ye kan di 1 motor, cari yang bisa 2 motor aja.

Habis sewa motor, kalau mau main, aku nyaranin untuk langsung ke Bukit Amelia / Bukit Silvia. Aku ga tahu yang mana yang Amelia dan mana yang Silvia disini. Pilih aja yang mana yang sekiranya bisa kamu naikkin. Soalnya itu bukit kan. Motornya diparkir pinggir jalan aja, dan sumpah kalian ga bakalan nyesel, pemandangan dari atasnya bagus banget. Dijadikan tempat nongkrong sore-sore warga local, sambil nunggu sunset. Sebenarnya si sepanjang jalan kesini, mata udah dimanjain banget sih. Bagus banget.

Tak ada petunjuk jalan kesini, plang atau apapun itu, bahkan di tempatnya ga ada petunjuk juga, itulah alasan kenapa aku ga tahu yang mana Amelia dan mana Silvia. Pake maps kalau emang mau kesini, begitu lihat banyak motor parkir di bawah bukit, kamu sudah berada di tempat yang tepat.

Sedikit tambahan informasi lagi. Waktu sewa motor, bensinnya langsung diisi ya. Naik naik soalnya jalannya, takutnya kamu kehabisan minyak dijalan. Kalau ngisi eceran di pinggir jalan, harganya Rp 20.000,- per botolnya. Eits, jangan buru-buru bilang mahal ya, soalnya botolnya pake botol air mineral yang isinya 1500ml. Jadi wajar ya, kalau mau isi seliter pas, bisa isi di pertamini, standarnya Rp 9.500,- per liter.

Selama disini aku baru ketemu pertamina ketika menuju ruteng, jadi aku ga tahu harga normalnya berapa seliternya. Mungkin kalau nanti kau kesana juga, pertamina-nya bakalan ada 2, soalnya pas aku ada pertamina juga yang sedang dibangun, tapi letaknya juga di jalan menuju ruteng.

Untuk makan pertama di Labuan Bajo, aku kembali ke Pelabuhan. Maunya sih langsung makan se’i sapi di Warung Mama yang harganya bersahabat, tapi karena sepanjang disana tempatnya tutup, jadi aku ga makan disitu. Aku makan di Artomoro. Ayam Goreng ATM udah sama nasinya seharga Rp 45.000,- nanti disediain air mineral di botol kaca. Jadi kalau kamu lagi mau hemat, dan emang ga pengen pesen minum, aman aman aja, ga bakalan seret. Tempatnya enak banget buat nyantai sore-sore.

Ah, nomor kak Stenly 082236827383. Bisa kau hubungi kalau butuh penginapan murah pas main ke Labuan Bajo