iklan

Jumat, 22 Oktober 2021

Solo Backpacker ke Banjarmasin #1

Finally...

Sejak pandemi covid 19 ini di mulai, akhirnya aku punya cerita solo backpacker. Iya, iya, sebelum ini aku emang sempat backpackeran ke Bitung, juga backpackeran ke Labuan Bajo. Tapi kan ga sendiri. Ada temennya, nah ini yang benar-benar pergi sendiri. Beli tiket buat diri sendiri. Biaya-nya ga di share cost. Yah, kayak solo backpackeran yang seperti biasanya aku lakukan.

Seperti judulnya, tempat yang aku tuju untuk backpackeran kali ini adalah Banjarmasin. Hmm.. Banjarmasin sih sebenarnya bukan hal yang asing lagi buatku. Aku punya temen disana, yang aku lupa sejak kapan, tapi sejak kami mulai mengenal udah sering ngundang main ke banjarmasin. Ah, aku inget... sebelum Citra Kirana memutuskan pake jilbab. Soalnya dia pernah nandain foto yang Citra Kirana ke Banjarmasin, main ke pasar terapung. Kau hitung sendirilah kira-kira udah berapa tahun tuh. Rezekinya aku ke Banjarmasin eh baru bisa sekarang, pas Citra Kirana udah punya anak dan rumah tangganya lagi ada berita. Oke, itu informasi yang sudah sangat jauh dari backpackeranku. Fokus.

Karena udah sedikit ngebahas tentang pasar terapung, yah..mari kita lanjut. Sebenarnya di bucket list aku, salah satunya ya si pasar terapung ini. Kenapa? Semua karena iklan RCTI oke jaman dahulu kala. Sial, sampe aku gede itu iklan ibu-ibu ngacungin jempol lagi di salah satu jukung masih aja nempel di kepala. Kebetulan punya temen asli sana, kebetulan rencana ke Kupangku batal, kebetulan tiket lagi murah. Berangkatlah aku.

Sesuai regulasi penerbangan yang berlaku pas aku main itu, kudu PCR. Jadi aku PCR 2 hari sebelum tanggal keberangkatan. Aku kan perginya tanggal 9 Oktober nih, tapi karena jadwal pesawatnya jam 06.20, jadi aku PCR tanggal 7 Oktober. Ku pikir hasilnya baru akan keluar tanggal 8 sesuai jam aku PCR. Eh, jam 00.30 di 8 oktober udah di whatsapp hasilnya. Untung berlaku 2 hari. PR banget ya, bun, kalo Cuma berlaku sehari. Mana mahal pula.

Ah, iya, harga tiketnya udah sama PCR-nya Rp 1.613.869 (satu juta enam ratus tiga belas ribu delapan ratus enam puluh sembilan rupiah) PCR-nya sendiri Rp 355.000,-, bisa kalau kamu ambil maskapai lain dan tetap mau harga lebih murah dari pada yang ditetapkan pemerintah yaitu R 525.000,-. Lumayan banget kan. Di bandara ada juga sih test PCR-nya, tapi Rp500.000,- (lima ratus ribu rupiah), bedanya bisa buat beli 2 lusin J.co. Oh iya, aku pake lion. Biasalah, aku ini backpackeran, bukan sultan. Kalaupun punya uang, aku kayaknya paling barter milih Citilink deh. Duitnya kan bisa buat yang lain.

Jam setengah 6 aku udah nyampe bandara. Oh iya, jangan lupa download aplikasi peduli lindungi, buat ngelihat hasil pcr dan sertifikat vaksin. Meski pas nyampe bandara, ga di priksa itu peduli lindungi juga, disuruh masukin aja tujuan kita sama NIK, terus foto kelayakan terbang yang bakalan muncul di layar. Itu aja yang di periksa. Tapi meski gitu, jujur ya, jauh lebih ribet dibanding masih pake antigen waktu ke Labuan Bajo kemarin.

Udah nih, udah selesai berkas-berkas, cetak tiket, udah nunggu di ruang tunggu, dan mulailah perjalanku. Transit Makassar 45 menit, transit Surabaya 3 jam. Lumayan waktunya buat sarapan di Makassar, kemudian makan siang di Surabaya. Gila, gaya banget ga tuh. Jam setengah 2 waktu Surabaya berangkatlah aku menuju Banjarmasin. Bandara Syamsudin Noor i'm coming.

Pas nyampe, untung aku udah diingetin berkali-kali sama temenku untuk ngisi e-hac. Jadi aku ga gimana ribet pas nyampe, juga karena ku cuma pake ransel satu jadi bisa lebih cepat keluar. Kasian temenku yang nungguin di luar.

Fyi, aku belum pernah sekalipun ketemu temenku ini. Kami saling komen di IG, punya kontak masing-masing, tapi ya emang ngobrolnya cuma soal wisata Banjarmasin. Itu bisa dibilang temen ga sih? Temen aja ya. Biar gampang. Hehe. Oh iya, namanya Razma. Kamu bisa menemukannya di IG, namanya @razma_razma, dan di youtube, Razma Channel kalo aku ga salah, kalau salah, kau langsung lihat aja di profil IG-nya. Salah satu manusia baik yang kutemui selama jadi backpacker.

Pas ketemuan pertama kali, ga ada sapa-sapaan, kenalan dan basa-basi lainnya. Langsung menuju parkiran motor. Emang aku nih, ga ada sopan-sopannya sama orang baru. Maaf ya. Lain kali akan ku perbaiki. Lanjut... Bandara Syamsudin Noor tuh kan di Banjarbaru, sementara penginapan yang aku booking itu di Banjarmasin. Lumayan jaraknya sejam. Awalnya aku bersikeras ga usah di jemput, bisa sendiri ceunah, kan tinggal pake ojek online. Belakangan baru aku tahu, transportasi umumnya agak susah. Pas aku keluar bandara aja tuh, ga dikerubungin bapak-bapak nawarin taksi kayak di bandara-bandara lainnya. Bandaranya cenderung lenggang. Untung Razma mau aja ngejemput. Kalau aku tetap kekeuh pergi sendiri, entahlah ya apa kabar nasibku ini.

Di tengah perjalanan menuju Banjarmasin, baru aja ngelewatin gapura bertulisan Banjarmasin itu, hujan gedeeeee... neduh dong kita. Razma cuma punya 1 mantol. Agak lama neduh, kok ya makin deres. Dia nyaranin aku untuk naik grab aja. Dia bisa naik motor. Udah ku pesen, eh lama karena kami neduh di jalanan yang emang lagi macet... sampe hujannya rada reda dikit itu grab ga datang-datang. Ku cancel akhirnya itu pesanan grab. Maaf ya pak, waktu itu macet dan sepatuku juga becek, kasian mobil bapak.

Lanjutlah aku dianterin ke penginapan. Penginapan yang aku pilih adalah Mira Hotel. Kebetulan aku dapat promo, semalamnya Cuma Rp 19.000,-. Asli, Sembilan belas ribu rupiah doang, tapi ya resiko ya... aku dapat kamar lantai 4. Gempor kaki awak naik turun tangga. Untung Cuma semalam. Harga normalnya Rp 120.000,-/ malamnya. Jauh banget kan itu perbedaannya. Jadi aku tidak ingin protes. Satu aja yang ganggu sih, kamar sebelah kedengeran aktivitasnya.

Pas check in, aku diminta deposite Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah). Setahuku deposite itu Cuma kalo kita ngerusakin barang kan, belakangan ku tahu kalau konsep deposite di Mira Hotel itu lain. Di kamar disediakan macam-macam. Ya air mineral, ya snack, ada sabun cair, tisu, sikat gigi, dan lain sebagainya. Eh ternyata itu ada harganya. Nanti pas check out dipotong dari situ ceunah sesuai yang kita ambil. Aku iseng banget buka pepsodent kecil, males pake yang aku bawa. Ku tinggal, ternyata kepotong duit deposito-ku. Dan yah, itu tidak dijelaskan oleh receptionist-nya ketika check in.

Lanjuttt....

Setelah membersihkan diri.  Karena waktunya masih lumayan kosong, aku jalan kaki ke Masjid Sabilal Muhtadin, yang kebetulan emang deket banget sama Mira Hotel. Aku tujuannya emang mau sholat ya, kemudian begitu masuk masjid. Astagfirullah, ku merasa saltum seada-adanya. Celana jeans yang banyak sobek-sobekannya, ga nerawang sih yang emang biasa ku pake, kok kayaknya saltum banget malam itu. Biasanya sih aku PD aja dengan celana itu kalau masuk masjid. Yang jadi permasalahnnya adalah, di masjid itu lagi ada acara. Sumpaaahhhh mesjid itu kan gede banget, banyak banget orang disana. Semuanya rapi. Yang cewek-cewek pake gamis cantik-cantik. Lah aku? Astaga... bener-bener dilihatin aku tuh. Pokoknya begitu beres sholat, aku langsung balik ke penginapan.

Tak berapa lama berselang, kemudian Razma dan dua temennya ngejemput. Ngajakin makan, di Pondok Bahari namanya, yang buka 24 jam. Tempat makan ini selain menjual makanan khas banjar, juga bangunannya berbentuk rumah khas banjar. Jadi yah menurutku harus banget kalau nyobain makan disini. Konsepnya lesehan, jadi ku sarankan kalau kesini, pakelah sendal biar ga perlu ribet lepas-lepas sepatu.

Salah satu temennya itu, udah ku kenal juga. Namanya Yudis, sama kayak Razma, kenal di IG. Eh, Razma ga kenal di IG ding. Di Blog, dia baca yang Solo Backpacker ke Belitung. Sama satu lagi namanya Hisna. Mereka bertiga ini temenan. Tapi belakangan, ku mempertanyakan jenis pertemanan mereka ini. Hehe. Kayaknya temen main aja. Diluar itu, mereka ga terlalu saling tahu satu sama lain. Aku yang baru saja kenal mereka, malah dapat informasi lebih banyak. Ku emang tingkat keponya kadang suka ga kira-kira sih. Hehe.

Oke, balik ke topic. Jadi selama makan itu, kami membahas tentang jadwalku selama di Banjarmasin. Aku harus kemana aja. Berapa hari, dan lain-lain sebagainya. Untuk pertama kalinya di hidupku, aku Solo backpackeran, dan ga ngatur sendiri jadwalku, diatur Razma. Meski ku minta untuk biarin aku main sendiri kalau yang pas di kota-kotanya aja. Dan mereka menyanggupi. Jadi beneran, jangan nanyain jalan. Asli, buta sama sekali aku.

Makanan pertama sekali yang aku makan di Banjarmasin adalah Lontong Haruan. Mirip sama Lontong Orari katanya, tapi porsinya lebih dikit. Padahal itu aja aku ga habisin, gimana yang Orari. Aku nih kadang-kadang suka sotoy emang. Harga seporsinya aku ga tahu kalau berapa. Dibayarin soalnya. Hehe. Maaf ya manteman, infonya jadi kurang lengkap. Rasanya hampir mirip lontong sayur, cums tampilannya kelihatan berminyak banget. Ah dan untuk yang ga tahu Haruan itu apa, itu tuh ikan gabus. Jenis ikan umum yang akan kamu temui di Banjarmasin. Kamu bisa kok ganti haruannya pake ayam ataupun pake telur. tergantung selera.

Abis makan dan ngobrol santai. Diputuskan besok aku dan ditemenin mereka bertiga ke Lok baintan. Pasar Terapung. Tujuan utamaku ke Banjarmasin. Si pasar ibu RCTI Oke.