iklan

Senin, 25 Oktober 2021

Solo Backpacker Ke Banjarmasin #2

Hari kedua di Banjarmasin.

Seperti yang sudah diputuskan di Warung Pondok Bahari dihari sebelumnya. Aku ditemani mereka bertiga akan ke pasar terapung. Tujuan utamaku ke Banjarmasin. Berdasarkan informasi yang sering dibilang Razma, Pasar terapung di Banjarmasin tuh ada 3. 1 buatan dan 2 lagi yang alami. Nah, aku tujuannya sudah pasti yang alami dong, tapi waktunya tidak mungkin bisa dua, satu saja ku rasa sudah cukup. Jadi aku memilih yang di Lok Baintan, tiap hari ada, tapi paling rame di sabtu dan minggu. Dibuka sejak subuh sampai jam 8 atau jam 9 pagi.

Dua tempat yang lainnya itu ada di sekitar Mira Hotel, di Siring Tendean 0km Banjarmasin. Itu yang buatan. Yang satu lagi, yang alami ada di Muara sungai kuin Banjarmasin, tapi katanya tempatnya sudah tidak terlalu rame. Jadi aku akan sangat menyarankan untuk ke Lok Baintain aja, cukup kosongkan waktu di sabtu atau minggu pagi kalau emang mau pas rame-nya. Kalau hari biasa bisa juga, tapi mungkin yang interaksinya ga kayak di weekend.

Kami berangkatnya sekitar pukul 6 lebih 15 menit, di jalan tuh kamu bisa sambil menikmati matahari. Bagus banget sumpah. Kalau kamu tidak punya temen dan berencana solo. Bisa pake grab/gojek, sekitaran tiga puluh ribuan biayanya, itu dari Mira Hotel ya. Aku sempat ngecek karena takut kesiangan soalnya.

Pemandangan waktu menuju pasar terapung

Untung aja pas nyampe sana, pasarnya belum bubar. Masih rame. Banget. Biasanya orang-orang tuh naik dari dermaga. Tapi karena bareng mereka bertiga, kami ga naik di dermaga. Deal-deal-annya kayaknya ga sesuai, aku juga ga gitu ngerti sih. Hehe. Jadi kami naik lewat rumah warga gitu. Manggilin paman yang lewat sama kelotoknya. Terus dianterin deh ke pasar terapungnya.

Serius deh, pas nyampe pasarnya tuh brambang aku beneran. Yaallah, ini tuh cita-cita aku banget pengen ke pasar terapung ini. Terus tiba-tiba pasarnya udah ada di depan mataku.  Ngelihat interaksi acil-acilnya dan pembeli pasar terapung tuh rasanya puas banget. Biasanya cuma bisa ngelihatin foto-foto Razma dan Yudis. Akhirnya aku punya fotoku sendiri. Gak masalah kan sedikit lebay?

Oke lanjut...

Di pasar ini dijual berbagai macam jenis jualan. Ada banyak pedagang buah, kopi, teh, air mineral, soto, sate, bahkan mainan anak kecil berbentuk perahu juga ada. Kami berempat memutuskan untuk sarapan soto banjar dan sate. Kapan lagi kan bisa sarapan soto banjar, di pasar terapung. Meski sebenarnya punyaku ga habis karena porsinya terlalu besar. Seporsi soto banjar + sate 3 tusuk tuh Rp 19.000,- (Sembilan belas ribu rupiah) Orang banjar kayaknya emang punya kebiasaan makan soto sama sate. Tapi enak kok, serius.

Soto Banjar + Sate

Oh iya, saranku, bawa topi, atau apapun yang bisa melindungi kepala. Matahari pagi emang enak banget buat berjemur, tapi lama-lama panas juga, cuy. Kalau udah di pasar terapung, percaya deh, bakalan lebih dari sejam badan kena matahari terus.

Selesai berinteraksi di pasar terapung, kami diantarkan ke dermaga Lok Baintan-nya. Dari situ soalnya parkir motor kami lebih dekat. Ah iya, bayar kelotok Rp100.000,-. Aku ga gitu tahu harga sebenarnya berapa, mungkin lebih mahal, karena yang nawar pake bahasa Banjar, coba aja aku, mungkin harganya bisa lebih lagi. Jadi, harga segitu worth it sih menurutku. Toh kelotoknya muat buat 4 orang. Jadi kalau pas bareng-bareng perginya, bisa di share cost.

Selanjutnya aku diantarkan Hisna ke penginapan buat ngambil ranselku sekalian check Out. Sebenarnya aku udah packing sejak subuh, karena ku pikir aku udah harus check out sejak subuh, ternyata agak siangan. Biasanya kan aku yang ngatur jadwal kalau Solo, jadi aku tahu. Kali ini benar-benar aku ga tahu. Hehe

Ah, sampe lupa.. untuk yang pengen lihat keseruan di pasar terapung. Ga cuma foto aja, bisa loh jalan-jalan virtual lewat vlog-nya Razma. aku sertakan link-nya ya, biar bisa langsung di klik aja :) kalau ga bisa di klik coba aja bisa langsung ke https://www.youtube.com/watch?v=DXAXuOjbg_k&t=37s

Oke Lanjut...

Kemudian aku dan Hisna kembali ketemu dengan Yudis dan Razma di taman Van Der Pijl. Van Der Pijl sendiri adalah orang Jerman yang membangun kota Banjarbaru. Makanya, namanya diabadikan sebagai nama salah satu taman kota. Tamannya udah ada di daerah Banjarbaru. Sedang tujuan kami masih kesana lagi.

Rencananya kami akan ke Laksado. Mau rafting dan ke air terjun haratai. Di jadwal yang disusun sih gitu. Oh iya, Hisna ga ikut. Jadi aku, razma dan yudis aja yang berangkat. Pake 2 motor. Aku bareng yudis dan Razma sendiri.  Berhubung yudis motornya katanya udah ga bisa dipake jauh dan konon jalannya terlalu nanjak, jadi aku nyewa motor. Perhari-nya Rp 100.000,- . Sewa di Osaka Guest House di daerah Banjarbaru. Disini selain bisa buat nyewa motor, bisa juga buat nginep. Permalamnya dipatok harga Rp 250.000,-, aku sempat lihat kamarnya. Bagus, ada poolnya juga di depan. Tapi sekali lagi, mohon maaf, aku ini backpacker, kalau ada yang lebih murah, aku ambil yang murah itulah. Toh Cuma buat tidur dan mandi ini. Kalau emang mau nyari yang nyaman, mending aku di rumah. Atau kalau gaya liburanku sudah tidak lagi backpackeran mungkin akan aku pertimbangan nginep di tempat seperti ini.

Dari Banjarmasin ke Laksado sendiri dengan motor bisa ditempuh paling cepat selama 4 jam. Tergantung kecepatan kamu bawa kendaraan. Jadi persiapkan diri aja buat nempuh perjalanan rada jauh. Sebelum berangkat kami makan siang dulu di Warung Sederhana. Mereka menyebutnya gitu, ga ada plang namanya. Tapi beneran sederhana tempatnya. Dan murah. Tapi sekali lagi, aku ga ngerti tempatnya. Bisa dicari via maps aja kalau kebetulan ke Banjarmasin juga.

Hampir magrib kami udah sampai di Laksadonya, tujuan pertama adalah air panas tahuni. Di dekat air panas tahuni ini ada cottage-nya. Range harganya mulai Rp 165.000,- sampai Rp Rp250.000,-. Harusnya kami nginep disini selama di Laksado. Tapi lagi tutup karena pandemi. Padahal abis capek di jalan, mana kehujanan pula, berendam pake air panas alami tuh mesti nikmat banget. Apa daya, tutup. Maka kami memutuskan untuk nyari penginapan yang lain aja.

Setelah beberapa kali nanya, akhirnya kami ketemu penginapan di dekat tempat Rafting. Namanya Wisma Alya. Disini harga semalamnya Rp 150.000,-. Tapi ku tawar jadi Rp 250.000,- buat 2 kamar. Aku sendiri, Yudis dan Razma di kamar lainnya. Tapi karena emang lagi sepi banget tempatnya, dan itu kebetulan hari minggu malam. Ga lagi waktunya orang liburan kan, jadi berasa nyewa serumah kami. Hehe.

Menurutku Wisma Alya ini bagus tempatnya. Nyaman sumpah. Deket banget sama sungai yang buat rafting. Belakangnya banget. Tapi yang paling juara sih, tempat tidurnya. Enak banget. Suasananya pula. Tapi maaf aku ga sempat foto tempat dan juga tempat tidurnya.

Wisma Alya sendiri punya 5 kamar. Satu di bawah, dan 4 di atas. Kamar mandinya ada 2, jadi ga perlu antri. Ga ada air hangat, jangan manja deh... lagian airnya segar sekali buat mandi. Di bawah ada dispenser, disediain gula, kopi dan teh. Jadi suka-suka mau bikin apa, dan berapa gelas. Selain itu, ibu-nya baiiiikkk banget. Ku tanyain bisa Loundry, bisa ternyata. Malam dimasukin, besok pagi udah bisa diambil. Murah juga.

Sama tujuan ke Laksado kami kan tuh Rafting. Nah, bisa sekalian ditanyain sama Ibu ini. Aku ga tahu ibu-nya yang ngelola, atau gimana. Tapi pas kami nyari, ada orang yang dirumah situ juga yang nawarin.

Normalnya Rafting tuh 3 jam, harganya Rp 300.000,-. 3 orang maximal. Lucu ya, 3 semua. Kalau mau yang 2 jam bisa, sejam juga bisa, setengah jam juga bisa. Kalau mau ngambil yang 1 atau 2 jam, harganya sama aja kayak yang 3 jam. Kalau ngambil yang setengah jam tuh Rp 200.000,-. Jadi disesuaikan aja mau ngambil yang berapa jam.

Abis dapat info itu, kamipun membersihkan diri. Abis ujan-ujanan di jalan. Plus ngelewatin jalan trans yang banyak truknya.  Bersih-bersih adalah suatu keharusan.

Selesai beres-beres. Kami bertiga memutuskan untuk makan malam. Sekali lagi, karena tempatnya sepi dan waktu itu bukan weekend, jadi tempat makan yang buka hanya 1. Itupun harus nunggu setengah jam dulu karena nasi-nya kehabisan. Jadi kalau yang rada susah dan pilih-pilih makanan, ku sarankan bawa aja bekal.

Perut sudah terisi, waktunya menyiapkan tenaga untuk main air besok. Ke air terjun dan rafting.