iklan

Rabu, 03 November 2021

Solo Backpacker ke Banjarmasin #3

 


            Hari ketiga di Banjarmasin..

Masih di Laksado. Setelah tidur dengan nyaman, aku kebangun karena suara air sungai pas di balakang penginapan. Karena berdasarkan jadwal baru jam 8 pagi kami akan ke air terjun, jadi aku masih bisalah nyeduh teh sambil menikmati sekitar. Jadwal? Pasti pada bertanya gitu, karena aku biasanya si main ngasal, ga pake-pake jadwal. Iyap, kali ini ada jadwalnya, biar ada patokannya. Yang bikin lagi-lagi Razma. Emanglah anak itu cocok banget bikin travel.



Lagi asyik ngeteh, Yudis ngajakin ke bukit katanya. Ga jauh dan ga lama. Aku sempat nanya dulu, cuma ke bukit aja kan? Ga main air? Katanya ga. Ya udah, tanpa mandi langsung siap-siap. Kan nanti main airnya bisa sekalian mandi. Sama ga pake sepatu, karena sepatuku basah di jalan semalam, yang kehujanan itu.

Kurang lebih setengah jam dari penginapan ke bukit yang kami tuju itu. Bukit ini ga masuk ke jadwal sih, tapi ya aku sih ayo aja. Namanya Bukit Langgara. Karena jalannya naik terus, namanya juga bukit ya, jadi beli air aja dulu sebelum naik, bawa snack atau gorengan atau apapun yang pengen kamu bawa untuk dinikmati di atas, karena diatas ga ada yang jualan. Yang jaga tiket aja ga ada. Senin soalnya. Siapa juga yang iseng banget senin-senin naik bukit kalau bukan aku ditemenin mereka berdua.

Satu yang jadi kesalahanku, aku tuh kan ga pake sepatu, pake sendal. Mampus, bukitnya tuh pas atas, ga landai gitu. Batu-batu yang tajam-tajam gitu. Harus hati-hati banget ngelangkah, perih soalnya kalau kena kaki. Tapiiiiii... pemandangannya sih juaraaaaaa banget. Mana masih pagi juga kan. Best pokoknya. Jadi kalau kalian kebetulan mau kesini juga, please pake sepatu. Jangan gaya-gayaan kayak aku.


           

            Kami lumayanlah agak lama disana. Sebelum panas benar-benar menyengat. Asli, berasa banget mataharinya. Saranku kalau kalian naik ke bukit Langgara ini juga, bawa kantong plastik yang agak sedikit besar. Bawa turun sampahmu, juga sampah-sampah yang ditinggalin pengunjung sebelumnya. Memang sedikit bikin repot, tapi ga akan membebanimu di jalan turun nanti kan.

Selanjutnya kami memutuskan untuk ke air terjun mandin mangapan. Di maps sih 28km aja. Sekitar 53 menit dari bukit langgara. Baiklah, rencana diubah lagi. Aku? Ya ikut-ikut aja. Hehe. Bukan aku ini yang bawa motor. Lagian kan ke tempat wisata, ya ayo aja.

 Awalnya seru tuh, sempat kita ketemu air terjun di pinggir jalan. Masih foto-foto juga. Tapi kok sejam udah lewat, tanda-tanda mendekat ke air terjun mandi mangapan tidak ada. Hampir 2 jam sebelum kita ketemu plang petunjuk jalan ke air terjun mandin mangapan-nya 28km lagi. Oke, masih bisalah. Mapsnya ngaco udah deh berarti. Udah 2 jam jalan, ga berkurang-kurang itu jaraknya. 28km mulu.


air terjun yang dipinggir jalan

         Tapi siapa sangka kalau 28km itu adalah jalan berbatu, jalan rusak, ngelewatin sungai beberapa kali. Masuk masuk ke dalam hutan pokoknya. Asli, kalau aku sendiri. Udah dari awal ketemu jalan jelek aku udah balik. Serius, jalannya nguji kesabaran banget. mana plang-nya ngaco. Masa’ ya udah jalan jauhhhhhhh banget ke dalam, ketemu plang-nya malah 21km lagi. Damn... yang ga kuat iman, mesti balik udah. Untung pas itu aku ga lihat, kalau lihat, ya nangis lah aku.  Kalau pake jeep atau motor trail sih, seruuuuu. Berkali-kali 28 km juga ku jabanin. Ini pake matic bos.

 Tapi sebenarnya, plangnya tuh salah cetak kayaknya. Soalnya ga berapa lama, ketemu plang lagi tinggal 2km. Jadi kayaknya itu 12km deh, typo yang cetak. Hehe. Bisa-bisanya loh. Ah, sama perhatiin minyak motormu. Bakalan susaaahhh banget nyari bensin dari plang 28km itu. Makin bikin ciut nyali kan kalau mau kesini kalau persiapannya ga matang.

Sebenarnya kalau aku solo. Aku benar-benar menjauhi yang namanya Air terjun. Kenapa? Air terjun itu hampir jarang ada di pinggir jalan. Jaranggggg banget kejadian. Biasanya masuk-masuk ke dalam-dalam hutan gitu kan. Makanya aku ga pernah mau kalau sendiri. Kalau ada temennya sih mau aja. Waktu di sabang kemarin aja sama Gita, ada cowok berdua yang kebetulan tiba sebelum kami, ngelarang kami ke air terjunnya. Disaranin ke tempat wisata yang lain aja. Kasian ke kami berdua soalnya. Tapi serius, yang mandi mangapan ini, kalau kamu ga pengen-pengen banget, masih banyak air terjun yang lain. Perjuangannya untuk nyampe tuh, subhanallah sekali.

Tapi... apapun yang dilalui dengan susah payah, selalu menghasilkan hasil yang luar biasa kan. Begitu juga dengan Air Terjun Mandin Mangapan ini. Kereeeeeennnn banget. Mana Cuma kita bertiga pula. Puas banget ga tuh menikmati. Tapi tolong ya, sikapnya di jaga kalau kesini, soalnya aku sempat lihat ada tempat sesajen gitu. Jangan cari masalah. Udahlah masuk hutan banget, ga ada warga. Bahaya kalau sampe kenapa-kenapa.





video Mandin Mangapan

Air terjun Mandi Mangapan ini konon adalah air terjun tertinggi di Kalimantan Selatan. Airnya jernih. Jadi mending kalau mau kesini, sekalian bawa baju ganti. Enak banget airnya. Cuma, aku tuh abis lihat video yang orang-orang lagi di air terjun terus pada hanyut gara-gara ada banjir bandang di atasnya. Mana waktu itu langit gelap pula. Jadi aku ngeri terlalu dekat sama air terjunnya. Sekedar foto dan buru-buru menjauh. Cemen ya. Hehe.

Karena perasaan udah happy abis ketemu tempat bagus, baru aku menyadari kalau beberapa kampung yang aku lewati sebelum ketemu air terjun itu tuh kayaknya orang-orang dayak gitu. Kenapa aku bisa langsung bikin kesimpulan itu, wajah mereka sih. Aku malah ketemu adik kecil yang cantiiiiiiiikkk banget. Matanya sipit, kulitnya kuning langsat terus rambutnya kayak rambut iklan shampoo gitu. Asli, langsung kelihatan gitu kalau dia cewek dayak. Senyumnya manis banget pula. Aku ga foto, karena ga sopan foto-foto orang. Harus berhenti dulu pasti dan minta izin, waktunya mepet, sementara kami ngejar waktu. Lagian aku tipe orang yang benci difoto diam-diam, jadi aku pasti tidak akan melakukannya ke orang lain.

Nah, balik ke masalah jadwal. Di jadwal kan ke air terjun Haratai jam 8, karena udah ke air terjun Mandi Mangapan, maka yang haratai di skip. Tinggal bamboo rafting nih. Susur sungai pake bambu. Salah satu alasan aku ke Banjarmasin. Kenapa aku bisa tahu ada yang beginian di Banjarmasin? Siapa lagi kalau bukan karena Razma. Itu anak emang cocok jadi duta pariwisata kalimantan selatan.

Inget kalau tempat bamboo rafting itu pas sebelahan sama penginapan kami? Nah berhubung kami dari pagi sama sekali belum makan, sedang itu udah hampir jam 5 sore. Maka kami makan dulu, dan memutuskan untuk ngambil rafting yang setengah jam aja. Aku kasihan juga ke mereka berdua, bawa motor lagi 4 jam bahkan lebih ke Banjarmasin. Mana Razma kerja juga besoknya.

Tahu ga, jujur aja. Rafting pake bambu di Laksado adalah salah satu pengalaman paling seru di hidupku. Asli, nagih. Agak nyesel kenapa cuma setengah jam. Kayaknya aku harus balik ke Banjarmasin lagi, ke Laksado lagi dan ngambil yang 3 jam. Karena senagih itu seru-nya. Untuk yang pengen tahu kenapa aku bilang itu seru. Bisa lihat di vlog-nya Razma. Ku cantumkan link-nya ya.

video Bamboo rafting

 


            Pas aku rafting itu, udah hampir magrib, mendung parah, malah selama rafting hujan. Bisa kamu lihat di vlog-nya Razma kan, tapi serius. Nagihhhhh banget. aku ga tahu ya rasanya kalau rafting pas cerah, pas ujan kok kayaknya klop banget gitu. Seru abis.

Setelah setengah jam nyusurin sungai, pulangnya kami jalan kaki hujan-hujanan, dan aku baru sadar kalau ternyata ada banyak lagi wisata di Laksado. Insyaallah nanti kalau ada rezeki lagi, ku tuntasin itu Laksado. Beneran. Ah iya, kalau kamu ngambil yang 3 jam. Nanti kamu harus naik ojek menuju ke tempat awal kamu mulai rafting itu. Biaya-nya Rp 100.000,-/ ojek. Sekitar sejam jaraknya. Jadi harus mulai rafting dari pagi atau paling ga jangan udah dekat magrib ya. Seru sih seru, tapi gelap cuy.

Udah mandi hujan, udah basah-basahan sama air sungai. Bersih-bersih lagi. Pagi ga mandi, begitu kena air, bisa 3 kali gitu. Hehe. Abis bersih-bersih dan nunggu hujan rada reda dikit, kamipun mengembalikan kunci penginapan ke ibu-nya dan bersiap kembali ke Banjarmasin.

Sekitar setengah sembilan malam, kami mampir makan. Aku si pengen kulineran, jadi mereka nyuruh aku nyoba ketupat kandangan. Enaaakkkkkkkkkk. Ga berminyak kayak lontong haruan kemarin. Ini pas banget di lidahku. Seporsinya Rp 15.000,-. Di sepanjang jalan banyak yang jualan. Wajib banget kalian cobain.


            Perut udah terisi, dan agak sedikit hangat abis minum yang hangat-hangat. Mari melanjutkan perjalanan. Razma yang tinggal di Banjarbaru, mampir duluan. Sedang aku diantarkan Yudis ke Banjarmasin lagi. Yudis kebetulan rumahnya emang di Banjarmasin.

Aku nginep dimana? Di Mira Hotel lagi. Tapi kali ini aku ga ngambil yang lantai 4. Aku ambil yang VIP. Berharap itu di lantai 1, karena aku nyampe penginapannya hampir tengah malam. Ternyata tidak saudara-saudara, lantai 2 tetap. Aku sampe mempertanyakan yang lantai 1 itu untuk apa? VVIP gitu? Pengen protes, tapi rasaku untuk lurusin belakang lebih besar. Jadi tanpa ba bi bu, langsung ngambil kunci, dan nyari kamarku.

Hampir kelupaan, kali ini karena aku kamarnya VIP. Deposit-nya jelas bukan lagi Rp50.000,- ya, tapi naik jadi Rp100.000,-. Soalnya di dalam kamar, cemilannya jauh lebih banyak, ada yang dalam kulkas portable juga. Cuma bedanya, di kamar VIP tuh ditulisin harganya. Ada pemberitahuan juga itu tiap item ada harganya, jadi bisa lebih waspada. Maka belajar dari kejadian kemarin, tidak ku sentuh sama sekali itu apa aja yang ada di atas meja. Air mineral yang kayaknya gratis aja ga ku sentuh. Maaf, aku ga mungkin ngulang kesalahan yang sama. Hehe.


         

Kamarnya sih enak. Jujur, lebih lega juga. Harganya sih Rp 260.000,-/ malam, tapi lagi-lagi karena ku lagi beruntung, jadi dapat seharga Rp150.000,-/ malam lewat traveloka. Aku langsung ngambil 2 malam. Karena besok, berdasarkan jadwal, aku keliling Banjarmasin dulu, lusanya baru pindah ke banjarbaru. 

           

 

3 komentar:

  1. Wah seru ini hehe... Ditunggu ke Bjm lagi ya. Next pake bus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaappp..aku insyaallah bakalan balik ke bjm lagi. Masih banyak tempat yg harus aku datangi

      Hapus
    2. Iya banyak. Wah Terima kasih mau kesini lagi. Ditunggu... Hehe..

      Hapus