iklan

Minggu, 07 November 2021

Backpacker ke Banjarmasin #4

 


Hari keempat di Banjarmasin...

Seperti yang sudah ada di jadwal, hari ini aku akan keliling Banjarmasin. Kota-nya. Karena sesuai permintaanku, aku mau sendiri aja. Jangan ditemenin. Toh kalau ga ngerti jalannya, aku bisa naik grab/gojek. Tapi aku harus balikin motor yang aku sewa di Osaka guest house itu dulu. Motornya tapi masih sama yudis. Semalam aku di drop-in aja kan ke penginapan. Ga mungkin tengah malam ku suruh motornya ditinggal aja, dan dia pulang entah dengan apa. Meski dia akamsi ya. Tapi ya kok kayak ga ada sopan santunnya aku itu.

Balik ke topik. Eh, belum topic deh. Tapi ini kayaknya harus aku ceritain. Udah 4 hari kan di Banjarmasin. Otomatis baju-baju yang aku bawa udah pada kotor nih, mana ada yang dipake buat rafting itu masih basah juga. Ku tanyain di resepsionis bawah, Mira Hotel tentunya, katanya laundry baru ada jam 9 pagi, dan keringnya bisa jadi besok, tergantung matahari. Oh tidak bisa. Aku butuh yang selesainya sore.

Iya tahu, aku biasanya nyuci sendiri. Tapi di Mira, tidak memungkinkan untuk acara jemur-jemur pakaian. Juga aku tidak sempat nyucinya. Gimana mau sempat, perginya pagi banget, pulang-pulang udah hampir tengah malam. Itulah salah satu alasanku ga milih-milih banget soal penginapan. Karena emang ku pake buat tidur, mandi, ngecharger, naroh barang. Itu aja fungsinya. Jadi ga perlu yang mahal-mahal banget. Sekali lagi, aku ini backpacker.

Setelah nanya-nanya resepsionis-nya, katanya ada laundry yang dekat sama Mira Hotel. Namanya Loundry House. Deket emang, bisa jalan kaki. Pake maps aja, susah soalnya kalau harus kujabarkan arahnya.

Dan serius, kalau bukan karena butuh-butuh banget untuk nyuci dan waktunya ga mepet, ga mau aku nyuci disitu. Aku ga tahu ya konsep laundry express di Banjarmasin itu kayak mana. Tapi serius, kok keterlaluan gitu loh naroh harganya. Jadi kan yang aku masukin loudry itu Cuma 2 potong baju dan satu celana, bukan jeans. Celana kain. Tahu ga dihitung berapa laundry expressnya? Rp 36.000,- (tiga puluh enam ribu) saudara-saudara. Kena Rp 12.000,- (dua belas ribu) per potongnya. Jiwa backpackerku langsung terluka.

Jadi cara ngitungnya gini kata si ibu-nya. Minimal laundry express tuh 3 kilo. Perkilo-nya Rp 18.000,- (delapan belas ribu) jadi harusnya Rp 54.000,- (lima puluh empat ribu), tapi karena emang bajuku dikiiiiiiiittt sekali, 2 kilo aja ngitungnya katanya. Serius deh, mending beli sabun cair Rp 1.000,- terus keringin pake AC di kamar hotel deh. Tapi pada akhirnya tetap ku bayar juga itu laundry ga masuk akal itu. Gimana dong. Aku perlu, juga aku ga punya waktu.

Mari kita tinggalkan soal Laundry itu. Kalau diingat-ingat, suka kesel sendiri aku. Hehe.

Udah nih kan, udah nganter laundry, waktunya jalan. Yudis bakalan mampir jam 11 gitu buat sama-sama balikin motor. Waktunya masih lumayan untuk dapat 2 tempat ya. Inget kan kalau aku pengen jalan-jalan sendiri aja di kotanya? Jadi.. berangkatlah aku pake gojek. Kalau berdasarkan jaraknya sih ke Masjid Sabilal Muhtadin, tapi kan udah ku datangin pas nyampe itu, maka tempat pertama yang aku tuju hari itu adalah kampung sasirangan.

Aku tuh ga gitu tahu apakah karena pandemi, atau emang dari dulu konsep kampungnya gitu. Jadi satu kampung ini kan jualan kain sasirangan, tapi beberapa toko tuh tutup gitu. Ga sederetan gitu kayak di imajinasiku. Kampungnya itu jadi ngingetin aku sama kampung Sadan yang di Toraja, yang kami datangi tapi ga ada kegiatannya juga.

Nah kebetulan aku dianterin ke toko yang agak rame pas di kampung sasirangan ini. Lumayan dapat oleh-oleh buat ibu dan juga ipar-ku. Aku juga sempat lihat kain-kain sasirangan yang dijemur di belakang rumah. Kalau kamu mau lihat prosesnya, bisa kok izin ke yang jaga. Insyaallah bakalan diizinin. Tapi ya seenggaknya beli apa kek gitu, jangan izin lihat aja tapi ga beli.

 

Jadi kain sasirangan itu awalnya kain putih, di motifin gitu. Hasilnya bagus banget. Dibandrol dengan harga mulai Rp 100.000,- sampai Rp 250.000,-/ Tapi jangan salah, yang harganya Rp 100.000,- itu kain ukuran 2 meter loh, bukan kain kecil gitu. Kain 2 meter, bisa buat bikin kaos ukuran aku, masih sisa lagi. Mana motifnya cantik-cantik lagi. Kalau ga inget ribet nanti bawanya, pengen ku borong itu kain. Murah banget sih.

Abis dari kampung sasirangan itu, aku pindah ke Museum Wasaka. Jadi ku pikir awalnya Wasaka itu emang namanya, belakangan aku baru tahu kalau Wasaka itu tuh ternyata singkatan dari Waja Sampai Kaputing, yang merupakan motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Ini nih kalau ga searching dulu sebelum datang. Jadi clueless gitu.


Isi museum ini tuh alat-alat perang gitu. Tapi yang paling menarik menurutku tuh yang Jimat Babatsal. Cantik-cantik banget bentuknya. Mana orang tahu kalau itu jimat. Sedikit informasi, pas aku kesini tuh Museumnya sebenarnya lagi tutup. Tapi isi-nya lagi dibersihin gitu di luar, tapi tertata. Aku cuma tidak masuk ke dalam museum-nya. Tapi aku lihat isi museumnya. Sama aja kan berarti? Lucky me











Selanjutnya aku tinggal balik ke penginapan dan nunggu Yudis. Sebelum balikin motor, kami mampir ke warung 41 dulu. Warung 41 ini konon katanya dinamakan gitu, karena jenis jualannya tuh ada 41. Makanan khas banjar gitu. Aku tahu darimana? Ya lagi lagi sudah pasti dari Razma. Makanya Banjarmasin nih kayak ga asing lagi bagiku, aku dapat informasi yang banyak banget.

Di warung 41 ini aku nyobain makan laksa, ketupat betumis dan bingka. Semuanya enak. Aku suka. Tapi paling suka yang lagsa sih. Lebih pas di lidahku, kalau ketupat betumis tuh agak manis. Kalau bingka tuh enak banget buat teman ngopi. Abis itu, lanjut balikin motor.

 

Laksa

Ketupat betumis












Bingka

Inget kalau aku cuma sewa sehari kan motornya, karena rencananya kan pulang masih sore, siapa sangka pulangnya tengah malam, dipake buat makan dulu juga. Jadi aku bayar lagi sehari dan kena charger sejam, totalnya Rp 110.000,- (seratus sepuluh ribu).

Abis balikin motor, Yudis nanya. Mau ke CBS dulu ga? Ya karena ku pikir udah disini. Ayoklah, toh yang di Banjarmasin, aku udah ke 3 tempat. Tinggal beberapa lah, sempat insyaallah kalau cepat baliknya.

Tempat pertama yang aku datangi adalah Masjid Al-Karomah, kemudian pasar martapura dan kemudian CBS. Sempat nyobain Manday + sambal Acan di CBS. Yang ga terlalu suka asin, boleh dicobain dikit aja Mandai ini. Tapi kalau yang senang pedas, wajib sih sambal acan. perpaduannya pas menurutku. Tapi sebenarnya manday itu emang kulit cempedak yang diasinkan sih. 

 

Nyari kopi banjar juga , yang saking ga pernah ada yang nyari kopi, si cewek yang jaga sempat ngulang pertanyaan “kopi?” dengan wajah ga percaya gitu. Padahal kan aku oleh-olehnya biasanya kopi. Apa orang banjar emang ga gitu suka kopi ya? Entahlah. Tapi kalau kata Razma, orang luar kalsel tuh suka nanya kopi juga ke dia, tapi dia juga ga ngerti. Berarti emang budaya ngopi-nya ga kayak di Belitung atau Labuan bajo ya.

Mandai dan sambal acan

Kemudian kami menuju terminal Bus. Mau naik damri. Dari Banjarbaru ke Banjarmasin, Cuma Rp 6.000,- (enam ribu rupiah). Tapi agak lama ternyata. Sejam lebih deh. Busnya mulai berangkat jam 5, jam 6 lewat hampir magrib aku baru nyampe penginapan. Tujuan akhir damri-nya di Siring Tendean.


Malamnya karena ga tahu mau ngapain. Jadwal yang udah disusun itu ga bakalan bisa kulakukan malam, karena tempatnya emang bukannya pas pagi sampai sore aja. Jadi Yudis ngajakin ke jembatan alalak. Jembatan yang lagi viral di Kalimantan Selatan. 

Sebenarnya ya, aku tuh ga gitu suka jembatan. Karena, ya menurutku jembatan, ya jembatan aja. Ga ada istimewa-nya. Ini juga yang aku bilang ke Razma waktu dia nyusun jadwalku. Makanya ga dimasukin yang itu. Tapi jembatan yang satu ini unik. Jembatan di Indonesia tuh semua-nya kan lurusssssss aja, udah kek jalan hidupku, ga ada tantangannya, lempeng aja gitu. Hehe.

Nah, si jembatan Alalak ini beda sendiri, ada belokannya gitu. Terus dipakeiin lampu-lampu jalan gitu, warnanya cantik. Tapi jam setengah 10 malam, lampu-nya dipadamkan.

 

Abis lihat jembatan itu. Akupun diantarkan pulang Yudis. Besok aku pindah penginapan ke daerah Banjarbaru. Di jadwalnya sih gitu. Mari kita lihat besok apakah jadwalnya berubah lagi atau tidak. Tapi kan aku belum ke 0km. Masa’ iya udah nyampe Banjarmasin ga ke 0km. Maka akan ku lakukan besok, sebelum pindah ke Banjarbaru.


4 komentar: