iklan

Minggu, 14 November 2021

Backpacker ke Banjarmasin #5

Hari ke 5 di Banjarmasin...

Seperti yang sudah aku bilang di tulisan sebelumnya, kalau hari ini aku akan pindah ke daerah Banjarbaru. Harusnya aku sudah menyelesaikan explore Banjarmasin kemarin, tapi ingat ceritaku kalau aku baru dapat 3 tempat, yaitu Masjid Sabilal Muhtadin, Kampung Sasirangan dan Museum Wasaka. Masih ada beberapa tempat yang belum aku datangi, contohnya Siring Tendean. Jadi, tujuanku pagi itu adalah kesana, mana sebenarnya itu tempat dekattttt sekali dengan tempat aku nginep, harusnya lebih cepat beresnya.

Pagi-pagi aku udah nyampe sana. Pake gojek sudah tentu, ingat kan kalau aku udah balikin motornya kemarin. Banyak orang lagi olahraga, padahal bukan hari minggu. Mengingatkanku dengan Penang, Malaysia. Tempatnya sih lumayan adem dan enak banget emang dipake olahraga. Mana pemandangannya juga bagus.

Aku sekalian nyari foto dan olah raga, udah berhari-hari kerjaanku naik motor terus. Lumayan banget kan bisa menikmati jalan-jalan santai gitu. Cuma aku agak sedikit keganggu ketika menuju Rumah Anno 1925. Ada bapak-bapak ngikutin aku gitu, waktu aku berhenti jalan, dia juga berhenti. Aku jalan, dia ikutan jalan juga. Aku sibuk foto, dia kayak ngelihatin aku gitu. Terus tiba-tiba mendekat, astagfirullah...aku hampir teriak gara-gara tiba-tiba dia jalan ke arahku, mana senyam senyum mencurigakan lagi. Aku buru-buru mlipir, duduk di salah satu bangku yang ada cewek cowok pacaran. Bodo’ amatlah itu aku dianggap ganggu. Tapi aku merasa harus mengamankan diri aja pagi itu. Setelah memastikan si bapak pergi agak jauh, meski masih ngelihatin aku buru-buru nyelesain foto di Rumah Anno, kemudian ngambil arah yang berbeda dengan si bapak.

Tempatnya sebenarnya rame sih, tapi entah ku lagi sial apa bisa diikuti bapak-bapak gitu. Pagi-pagi pula. Jadi kalau kamu mau kesini juga, kebetulan sendiri, jangan pagi-pagi banget juga ya. Pilih waktu yang lebih rame. Sore hari mungkin.

Balik ke topik, di 0km ini, selain kamu bisa ke Tulisan Taman Siring 0km-nya yang jadi iconic banget itu, kamu bisa juga ke menara tampak siring, tapi lagi ga bisa naik, ditutup sementara karena pandemi, ke rumah Anno 1925 juga, tapi lagi-lagi ga bisa masuk karena pandemi, jadi cukup foto-foto di depan saja ya. Terus juga ke patung Bekantan Banjarmasin.

Sebenarnya dari sini kita juga bisa wisata sungai, bisa ke Pulau Kembang, ke Jembatan Antasan Bromo, tapi sayang.. aku waktunya tidak cukup. Harusnya kulakukan itu kemarin, tapi kan aku malah jalan-jalan di Martapura. Hehe.

Selanjutnya aku balik ke penginapan dan check out, dan menuju ke penginapan selanjutnya di daerah Banjarbaru, yang lagi-lagi sudah ku booking lewat traveloka. Kali ini aku memilih Oyo Kavana Syariah Guest House. Penginapan ini ada di lantai 2, lantai 1-nya toko elektronik, ada di depan jalan raya. Tapi belakangan aku baru tahu kalau itu tuh sudah hampir daerah Martapura.

Berdasarkan informasi yang dikasih tahu Razma, Banjarbaru dan Martapura itu bersebelahan tapi beda banget suasananya. Martapura itu lebih islami, sedangkan Banjarbaru lebih sedikit modern. Nah di Martapura ini banyak banget penginapan Syariah-nya. Kalau kamu kesini, kamu pasti bakalan ngerasain sendiri perbedaan atmosfer-nya.

Sebenarnya check in-nya minimal jam 12 di Kavana, tapi waktu itu aku udah nyampe di penginapannya setengah jam lebih awal. Ku bilang titip tas aja, tapi malah diizinin check in aja. Ya udah aku check in, emang cuma mau naroh ransel aja, soalnya Yudis ngajakin jalan yang agak jauh. Kalau bawa-bawa ransel lagi, berat. Satu kesalahanku karena check in buru-buru, aku jadi ga meriksa dengan jelas fasilitas kamarnya. Sesuatu yang akan aku ingat sebagai pelajaran di backpackeran aku selanjutnya.

Kembali ke topik jalan-jalannya, apakah sesuai jadwal? Tentu saja tidak. Hehe. Jadwalku sudah tidak menjadi patokan lagi sejak hari ke-3. Harusnya hari ini aku keliling kota Banjarbaru, eh kami malah ke daerah Pelaihari, yang kalau tidak salah itu harusnya ku lakukan di hari jumat. Ya udah sih ya, gaskeunlah. Aku tahu beres ini. Cuma ya itu, capek aja di jalan.

Jaraknya jauh emang, pantesan jarang ada yang mantai di cerita backpacker ke Banjarmasin, soalnya keburu capek di jalan kalau mau mantai aja. Eh, tapi sebelum ke pantai-nya kami mampir sebentar ke Rumah Jomblo. Kalau lihat foto-fotonya tuh dramatis banget itu rumah jomblo. Soalnya tinggal rumah kecil itu aja kan, sekelilingnya udah ga ada gitu. Tapi pas aku nyampe sana, sekelilinya tuh udah mulai dibangun perumahan gitu. Ada banyak banget sih perumahan yang dibangun di Banjarmasin, sepenglihatan aku sih.

Selanjutnya kami ke Taman Labirin dulu. Pas masuk diperiksa kartu vaksin dulu, tiket masuknya Rp 5.000,-. Pas kesini, lagi ga ada pengunjung yang lain. Ya namanya juga bukan weekend kan, mesti gitu. Kami ga gitu lama disini, panas banget soalnya, juga ke arah pantainya itu masih lumayan jauh.

Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke Pantainya. Tujuannya Pantai Batakan. Sepintas kalau kamu ga lihat tulisan super gede di tengah pesisir pantainya, kamu bakalan mikir lagi di Perangtriris pasti. Ada ATV-nya, pantai-nya yang tenang, orang-orang piknik, persis gitu. Cuma aku kan abis dari Labuan Bajo nih, abis dikasih lihat pantai-pantai yang bagussssss bangetttttt, jadi pantai ini terlihat biasa saja untukku, padahal yang piknik disini banyak loh. Jadi mungkin pantai ini emang bagus, cuma tidak untukku.

Nah, kemudian hampir sunset kami pindah ke pantai Tanjung Dewa. Pantai ini batu-nya mirip batu aspal gitu. Tapi yang jadi juara-nya adalah sunset-nya. Asli, aku kan candu banget tuh sama sunset. Di bus kemarin aja, hampir patah leherku gara-gara ngelihatin sunset dari jendela bus. Apalagi ini pas di depan mataku. Ya Allah. Sesaat aku sempat melupakan kalau harusnya aku dapat sunset juga di Jembatan Barito. Tapi kalau ingat itu lagi, jadi inget kalau jadwalku udah kacau. haha

Abis sunsetan. Pulanglah kami. Aku baru tiba di hotel sekitar pukul 11 malam, karena mampir makan malam juga di jalan. Jauh emang kan jaraknya. See, mana aku punya waktu untuk sekedar nyuci. Pergi pagi banget, pulang baru jam segitu. Kemudian cucian kotorku sudah banyak lagi. Besok aku harus laundry lagi.

Oh iya, karena tadi siang aku sekedar naroh barang, aku jadi tidak memperhatikan isi kamarku. Ternyata tidak ada selimutnya, peralatan mandinya juga tidak ada. Air mineralpun tidak. Mau protes, tapi resepsionisnya ga ada.

Belakangan aku baru tahu kalau penginapan ini Cuma di jaga oleh 2 orang cowok, satu sifth siang, satu sifht malam. Dua-dua-nya sibuk banget di meja resepsionist, entah main game di komputer atau apa. Tapi, daripada aku buang-buang tenaga mencet bel dan ternyata tidak ada yang keluar. Apalagi kalau yang keluar malah yang tidak aku harapkan, mending aku menyimpan tenaga buat besok. Kayaknya aku bakalan seharian lagi di atas motor.