iklan

Sabtu, 20 November 2021

Backpacker ke Banjarmasin #6

Hari ke-enam di Kalimantan Selatan...

Aku memulai hari dengan mikirin baju kotorku apa kabarnya. Jadi ku nyari Loundry terdekat dari penginapanku di google, ketemu yang bisa diatar jemput. Tapi pas ku telpon, ga diangkat-angkat. Masih pagi juga sih, sekitar jam 8-an. Aku kudu buru-buru karena hari ini ku masih keliling, ga enak kan kalau minta dianterin ke Loundry dulu sebelum jalan-jalan, lagian waktu aku ngambilnya juga ga tentu. Tapi mungkin tidak apa-apa, toh yang jalan-jalan itu aku ga minta dianterin juga, emang inisiatif Yudis. Tapi ya masa' karena itu, aku jadi bebas nyuruh-nyuruh mampir sini, mampir situ. Benar-benar bukan tipe-ku yang kayak gitu.

Anw, maaf ya... awal tulisan malah ngebahas drama loundry lagi. Tapi ini beneran harus ku ceritain. Nah, karena di telpon-telpon ga diangkat itu laundry, dan aku ga pengen minta dianterin kesananya, juga ga nanya-nanya ke Razma yang rumahnya udah deket sama penginapanku itu, jadilah aku langsung nyari tempatnya aja. Aku sempat nanya resepsionis sih, tapi ya jawabannya sudah jelas dia bilang ga ada, dan jaraknya lumayan jauh.

Begitu nyampe tempat laundry-nya, buka sih buka tapi ga ada orangnya. Ga enak juga aku manggil-manggil terus, dan ga ada yang keluar juga. Keluar dari tempat laundry itu, ada 2 cewek yang lewat. Ya aku tanyain ke mereka laundry yang dekat sini tuh sebelah mana. Kali aja kan mereka tahu. Kebetulan katanya, semalam mereka abis nganterin laundry juga, dan mau nunjukin arahnya. Karena arahnya sama, mereka berdua mau nganterin.

Sepanjang jalan menuju laudry-nya kami sempat ngobrol. Dari obrolan itu aku tahu kalau si cewek berdua ini kakak adik, Kakaknya nganterin si adik yang kuliah di Banjarmasin. Si Kakak ini kerjaannya di hotel, dan sempat mempertanyakan kenapa aku repot-repot nyari laundry, biasanya kan ada dari hotelnya. Mari kita kesampingkan itu, karena aku ini backpacker, dan selalu nyari hotel yang murah meriah, pada akhirnya layanan kayak laundry itu jarang ada. Tapi biasanya jarak Loundry dan penginapan tuh deket, aku aja lagi sial ketemu penginapan yang ga dekat laundry kali ini.

Balik ke cerita soal si Kakak beradik ini, karena kami banyak ngobrol, bahkan aku tahu kalau si Kakak adik ini asalnya dari Medan, besok mau balik. Dan hari ini bakalan PCR di RS. Idaman. Nah, itu informasi yang penting, kan aku harus PCR juga untuk pulang nanti. Tapi aku ga sempat nanya nama si kakak beradik ini, jarak dari laundry pertama ke yang kedua tuh sekitar 100 meteran aja.

Setelah dianterin ke Laundry-nya eh ternyata laundrynya masih tutup, jam 9 baru buka. Sementara aku mulai mainnya jam 9. Yudis sih bilangnya gitu, bakalan di jemput jam 9. Ya udahlah aku terpaksa balik ke penginapan lagi dengan pakaian kotorku. Aku kayaknya emang harus minta tolong anterin ke Laundry deh. Tapiiiii... Kebetulan pas nyampe penginapan, si Loundry yang bisa antar jemput itu ngehubungin. Ya udah, deal nih. Udah ku share location, hitungannya pun oke. Rp 15.000,-/kg-nya. Ga kayak pas di Banjarmasin kemarin.

Tapi sampai aku dijemput jam 9, yang ngambil laundrynya ga muncul-muncul, jadi ku titip receptionist. Aku ngabarin Laundrynya, juga minta tolong ke receptionistnya juga. Maka mulailah aku keliling lagi...

Tempat pertama yang aku datangi adalah Danau Sari Embun. Sepanjang jalan menuju tempat ini aku ngelewatin perkebunan karet. Di Danau Sari Embun ini ga ada tiket masuknya, letaknya di pinggir jalan. Tenang banget Danau-nya, tapi menurutku jangan solo ya kalau mau datang kesini kalau kamu cewek. Tempatnya sepi menurutku. Tapi mungkin karena bukan weekend juga ya.

Pas aku disini, ada bapak-bapak warga sekitar bawa anak cewek kecil dan bilang kalau tempat itu sebenarnya rada angker. Suka ada yang manggil katanya dari sungai-nya, tapi korbannya biasanya anak cowok. Tapi entah ya, aku tidak bisa memvalidasi berita itu. Kata bapaknya gitu. Tapi sepanjang aku disitu, sejak bapaknya datang sampe pergi lagi, bau melati-nya tuh kuat banget, tapi aku ga bilang juga sih. Ga berani aku. Jadi begitu ditanya pindah atau ga, aku langsung iya.

Abis itu aku pindah tempat. Sebenarnya mau lihat proses pendulangan intan, tapi pas nyampe sana ga ada aktivitasnya. Jadi aku langsung pindah tempat lagi. Tapi karena tempat kulineran, satu arah sama pendulangan intan itu, jadi aku kulineran dulu. Kebetulan lewat ini. Kemarin di warung 41 itu kan cuma dapat beberapa menu, jadi mau coba menu yang lain. Kalimantan punya banyak sekali makanan khas. Tapi kali ini bukan di warung 41, di Warung asam bawah.

Disini aku nyobain putu mayang dan pundut nasi. Putu mayang ini agak mirip laksa, tapi lebih tipis dan kuahnya lebih manis, mirip kolak gitu kuahnya. Kalau pundut nasi ini, porsinya kicil banget, hampir-hampir kayak nasi kucing. Tapi dia tuh ada santan-nya juga pake sambal.

putu mayang

nasi pundut

Juga sempat nyobain Pare. Tapi aku lupa banget buat foto. Kue pare ini, tentu saja rasanya tidak mirip sayur pare ya. Meskipun aku juga ga pernah tahu rasa sayur pare tuh kayak apa, tapi kue Pare ini manis. Mirip Kue Kuk kalau di Manado atau Gorontalo, cuma bedanya di warna. Kalau kue pare tuh hijau, kalau Kue Kuk tuh warnanya pink gonjreng kan. Haha, pink-nya tuh yang mencolok gitu. Sama isiannya beda, kalau Pare yang aku makan tuh isinya kelapa, kalau Kue Kuk isinya kacang hijau.

Kue Pare

Kue Kuk

Abis nyoba kulineran itu, aku lanjut jalan-jalan lagi. Tujuannya adalah Danau Biru. Danau Biru ini bisa dibilang versi mini-nya Danau Kaolin di Belitung, tapi lebih biru yang Kaolin sih, terus yang bikin dramatis di Danau Kaolin itu kan pasirnya putih, nah kamu bayangin kan warna biru danau, tanahnya putih. Luassss banget pula. Gimana itu tempat ga keren coba.

Fotoku dari blogku di Danau Kaolin

Eh maaf, kok malah jadi ngebahas Danau Kaolin, harusnya ngomongin Danau Biru. Di Danau biru ini aku tidak tahu ya tiket masuknya berapa, ada yang nyodorin tiket. Rp 5.000,- gitu. Udah bayar. Tapi pas dicek tiketnya tuh bukan tiket masuk, tiket nyewa property koboy gitu. Tapi ya tidak ku pakai juga propertinya.

Sebenarnya menurutku tempat ini keren. Karena kita bisa ngelihat langsung danau-nya dari atas. Kalau yang Kaolin kan ga ada, langsung lihat gitu. Cumaaa... Danau Kaolin emang alami tempatnya, ga diapa-apaain. Kalau Danau Biru itu udah di kelola. Tapi to much sih menurutku. Menurutku loh ya, aku ga usah diserang. Kan menurutku, ga harus sama sama menurut orang lain.

Ngerti kan kalau tempat wisata alami sekarang suka ditambah spot foto ini, spot foto itu. Nah, aku kan bukan tipe yang suka foto-foto kayak gitu. Jadi mungkin sebenarnya banyak yang datang kesini, karena spot spot foto itu. Kalau aku lebih suka yang alami-alami aja. Itulah alasan kenapa aku ga masalah kalau backpackeran itu harus di kampung, yang masuk-masuk hutan, yang kadang ga ada sinyalnya. Asalkan urusan ngabarin orang rumah senantiasa aman. Susah kali dapat izin backpackeran.

Lanjutttt...

Abis dari Danau Kaolin, aku pindah ke Matang kaladan. Kali ini akhirnya Hisna ikut. Harusnya sama Razma juga, tapi dia abis vaksin. Jadi bertiga aja kami. Ga aku tanyain Razma juga jadi ikut atau ga, ga enak ganggu orang kerja.

Matang Kaladan itu salah satu tempat yang jadi tujuan wisata. Harus mendaki bukit gitu, jalannya udah di beton, jadi enak. Tapi kalau yang ga kuat jalan, bisa kok sewa ojek. Tapi aku ga tahu harganya, kami jalan kaki soalnya. Biar lebih menikmati.

Tempat ini menyajikan pemandangan waduk riam kanan dari atas bukit. Spot foto-nya banyak yang tentu saja diatur sedemikian rupa agar menghadap ke waduk riam kanan. Fasilitasnya mumpuni menurutku, mungkin karena emang tujuan wisata banget ya. Sama ga ada quote-quote galau di spot fotonya, adanya tulisan matang kaladan aja. Ada mushola-nya, kamar mandi, harusnya sih ada yang jualan juga, tapi pas kami disini lagi ga ada. Jadi bawa air minum dari bawah ya.

Selanjutnya kami pulang. Agak cepat ya dari hari-hari sebelumnya, tapi aku bersyukur, aku bisa jadi ngambil laundry-ku kan. Ternyata oh ternyata... laundry-ku ga diambil orangnya padahal udah ku share location, jadi belum ada pakaianku yang dicuci. Yaallah, bajuku tinggal jaket rajut. Ya kalau jalannya malam sih ga apa-apa, siang-siang ini masalahnya. Aku ga kebayang gerahnya kek apa.

Jadi malam itu aku nyari laundry dulu. Ketemu , dan pas dia bilang harganya Rp 36.000,- ya udahlahlah, ga banyak protes aku, langsung iya. Soalnya yang ini tuh rada banyak baju-nya, meski ga nyampe sekilo sih. Tapi ya ga 3 potong juga kayak kemarin. Baru bisa diambil besok jam 11. Ya udahlah ya, daripada pake baju kotor.

Emanglah ya, kayaknya aku ada masalah deh dengan Loundry selama liburanku ini. Satu-satunya Loundry yang cocok untukku itu cuma yang di Laksado.

Abis itu, nyari makan malam. Aku harus cerita ini, karena ini bagian penting dari cerita backpackeranku kali ini. Karena searah sama arah pulang, jadi aku nyobain makan di tempat makan mie goreng Rp 6.000,-, gitu kalau kata Yudis namanya. Aku sih ayo aja, udah lama aku ga makan mie goreng ini. Uniknya tempat ini tuh, menunya bukan cuma mie goreng, ada lalapannya juga, dan banyaaakkkk sekali menu. Aku aja pas itu mesannya mie goreng + otak-otak + ayam. Aku lupa persis harganya berapa, tapi murah kok. Dan rasanya enak. Cuma pengamennya rada banyak yang silih berganti. Selama di Kalimantan, baru makan disitu aku ketemu banyak pengamen, biasanya ga pernah ada.

Udah beres makan, pulang dong ke penginapan. Beresin barang-barang dan aku inget kalau harus ngabarin orang rumah. Dan disinilah ceritanya.. ya Allah handpone-ku ga ada. Aku udah panik setengah mati. Yaallah kalau sampe hilang, kayaknya izin backpackerku bakalan dicabut deh. Kemarin pas hilang hp di Jakarta kan sama ibu dan bapak kejadiannya, jadi masih diampuni. Yang ini. Ya Allah...

Dan disinilah aku merutuki diriku sendiri kenapa ga bawa motor sejak awal, kenapa  selalu duduk di boncengan, jadinya kan aku ga tahu itu tempat makan itu arahnya kemana, apalagi tempatnya. Pas aku tanyain receptionist, dia ga tahu itu tempat makan mie goreng Rp 6.000,- sebelah mana, baru dengar juga namanya kata dia. Makin paniklah aku.

Ya udah dengan modal nekat, karena diingatanku tempatnya ga gitu jauh dari penginapan, jalan kakilah aku. Alhamdulillah, masih rezekiku, hp-ku disimpan kasir-nya. Yaallah pengen sujud syukur aku rasanya. Dia sempat nanya, kalau rumahku jauh atau dekat, karena kenapa lama sekali hp-nya baru diambil. Dia ga tahu aja aku sempat ga nyadar kalau itu hp ga ada. Untung ingat kalau perlu ngabarin orang rumah. Kalau ga ngabarin orang rumah, bisa-bisa besok pagi baru aku sadar hp-ku ga ada.

Nah karena ada kejadian itu, aku juga jadi tahu kalau tempat makan itu tepat bersebelahan dengan Utopia Bistro n Caffe. Jadi semisal kamu mau nyobain makan di tempat ini juga, patokannya Utopia aja. Plek sebelahnya.

Pulangnya ke penginapan, aku pake Gojek. Udah terlalu banyak energiku hilang gegara ngeri hp-ku ketinggalan. Juga mikir besok aku akan jalan ke Puncak dengan Hisna, bakalan pake jaket rajutkku. Semoga cuaca besok sedikit membantu, atau kalau ga, loundryku bisa cepat beresnya.