iklan

Senin, 22 November 2021

Backpacker ke Banjarmasin #7

Hari ketujuh di Kalimantan Selatan...

Masih dari daerah Martapura...

Hari ini aku rencananya mau PCR dulu sebelum jalan-jalan, biar besok ga ribet-ribet lagi. Aku udah beli tiket buat pulang lusa emang. Juga aku bakalan pindah penginapan (lagi) ke daerah deket bandara. Aku udah bayangin repotnya kayak apa besok, jadi akan ku cicil hari itu yang bisa kukerjakan.

Seperti di cerita sebelumnya kalau aku dapat info dari si kakak beradik Medan, kalau PCR-nya tuh di RS idaman. Maka tujuanku nanti kesana. Nanti, karena biasanya tempat PCR itu baru buka jam 9 kan, jadi aku masih ada waktu buat nyantai dulu, sekalian nunggu laundry-ku semalam.

Karena waktu PCR-nya ku pikir jam 9, jadi ku masih nyantai banget emang. Maskeran dulu. Hal yang tidak kulakukan selama di Kalsel, padahal tiap hari naik motor. Udahlah jangan tanya kek apa muka-ku, gosong sudah jelas. Untung ga ngelupas-ngelupas kayak di Toraja kemarin, aku udah belajar dari pengalaman, untuk pake sunscreen.

Lagi asyik maskeran, tiba-tiba Razma nanyain aku PCR dimana, ya aku bilang PCR di RS Idaman, aku masih yang nyantai banget balesin wa-nya sampe tiba-tiba dia bilang dia udah otw ke tempatku, mau nganterin ke tempat PCR-nya. Mampus, maskerku belum kering, belum mandi juga. Itu masih pagi banget soalnya, jam 7 lewat kalau ga salah. Karena ku pikir, kayaknya ga mungkin deh nganterin, kan bakalan bentrok sama waktu masuk kantornya. Ya masa’ nganterin aku dulu sebelum kerja, ga mungkinlah. Ribet. Lebih enak kalau aku jalan sendiri juga kan.

Eh ternyata, dia beneran ke tempatku. Udah ada di dekat penginapan. Maka dengan kecepatan cahaya, ku cuci masker-ku yang baru setengah kering itu, dan tanpa mandi pergilah kami ke tempat PCR. Tempat PCR yang pertama (yang bukan RS Idaman ya) buka-nya jam 11, yang harganya Rp 525.000,- sekali PCR itu, kalau mau ngambil yang pagi, bisa aja, tapi bayar Rp 800.000,- Aduh aku males banget harus nambahin bayar. Itu Rp525.000,- aja udah mahal cuy, apalagi yang Rp800.000,-. Rumah Sakit Nirwana namanya.

Ku pikir, udahlah ya, berarti aku tinggal balik lagi aja jam 11. Si Razma-nya lanjut kerja. Asli, ku ga mikirin ribet-nya PCR. Aku lebih mikirin baju-ku.

Eh ga dong, malah dianterin ke tempat PCR yang satunya lagi, Mutiara Bunda namanya, ditungguin, kemudian dianterin balik ke penginapan lagi. Untung tuh antriannya ga banyak, juga ga ribet-ribet banget prosesnya. Aku ga tahu ya, itu dia diomelin apa ga karena masuk kerjanya kesiangan, semoga sih tidak. Dia sempat bilang udah absen online sih, tapi aku ragu. Pas ke Laksado aja dia bilang udah cuti, tapi tetap aja ada kerjaan.

Lanjut...

Abis PCR, aku bakalan pergi sama Hisna. Ke Puncak Tahura. Berdua aja. Dia udah beli tiket online buat berdua, karena Razma-nya kerja, dan Yudis balik ke Banjarmasin kemarin.

Laundry-ku? Sampai aku dijemput Hisna, belum beres juga itu cucian. Jadi aku ke Puncak Tahura pake jaket rajut? Sudah tentu saudara-saudara. Mana cuaca tidak mendukung lagi. Panas banget sumpah. Jadilah aku kegerahan selama nanjak itu. Deket sih dari tempat parkir ke puncaknya, tapi ya parah banget aku rasa gerahnya. Mana lagi haid hari pertama. Bayangin aja gimana double sumuk-nya yang kurasakan. Tapi tenang, foto-foto tetap aman. Tidak akan ketahuan kalau aku ga ceritain. Tapi ku pengen aja cerita. Hehe.

Puncak Tahura sendiri masih menampilkan pemandangan Riam Kanan dari atas. Tapi kalau kata Hisna, puncak Tahura ini biasa dijadikan tempat camping. Sunrise-nya bagus, jadi lautan awan bakalan nutupin pemandangannya, dan itu aku lihat di foto juga bagus banget. sayangnya kami kesana siang-siang, sudah jelas tidak ada awan, adanya matahari di atas kepala. Tapi semilir angin dan pemandangan riam kanan di bawah terlihat menyejukkan sekali.

Pulangnya agak siangan, sudah pasti ya, perginya aja siang. Harusnya aku ke Museum Lambung Mangkurat dan ketemu Razma disana, tapi museumnya udah keburu tutup. Lupa waktu waktu di Puncak Tahura-nya.

Hisna ngedropin aku ngambil laundry dan dia ngelanjutin kerja. Udah telat juga dia. Hari itu kayaknya aku bikin orang-orang telat masuk kerja deh. Maafkan aku.

Hisna kerja, sedang aku nyari makan abis ngambil laundry. Kebetulan deket tempatnya. Ah aku sampe lupa bilang, pas dijemput Hisna itu aku udah check out. Jadi jelas ya kalau barang-barangku udah kubawa serta. Waktu di Puncak Tahura-nya bisa dititipn di pos, jadi ga gimana berasa. Pas pulang itu. Udahlah panas cuaca-nya, pake jaket rajut yang tebal, haid hari pertama, kram perut dan aku bawa-bawa backpackku. Yaallah, pengen nyebur ke air es rasanya

Yang cowok-cowok yang baca, maaf ya.. cuma cewek yang bakalan ngerti kenapa aku harus ceritain part ini. Karena rasanya tuh kesel banget sama diri sendiri. Aku tuh pengen ke penginapan aku selanjutnya aja, mandi dan tidur. Tapi sekali lagi, aku ga bawa motor sendiri selama di Kalsel. Makin ku kesel sama diriku sendiri.

Pokoknya abis makan, aku nyari tempat buat mandi aja. Seenggaknya perasaanku bisa lebih baik, abis mandi. Setelah ketemu. Perasaanku udah sedikit membaik. Meski masih nyesel juga karena ga bisa ke museum. Aku cuma dapat 1 museum selama 7 hari disini. Padahal museum Lambung Mangkurat itu hampir tiap hari aku lewatin.

Setelah moodku agak sedikit baik, aku minta Razma nemenin nyari kopi. Ke pasar martapura jelas bukan solusi, aku dan Yudis udah nyari tapi ga ketemu. Padahalkan aku tiap jalan-jalan oleh-olehnya mesti kopi. Jadilah aku dianterin ke daerah Astambul. Disana ketemu kopi asli, ga ada mereknya,ga ada tulisan dan pack proper gitu, tapi setidaknya ada oleh-oleh buat adikku.

Abis dapat kopi. Aku melanjutkan jalan-jalan lagi. Iya aku tahu, perutku masih kram, tapi ya tidak boleh menyia-nyiakan waktu. Lagian kan urusan oleh-oleh kopi sudah aman. Hehe. Jadi pas Razma nanyain apa aja di jadwal yang aku belum. Ya aku sebutin aja semua. Maka kesanalah kami. Tempat pertama adalah rumah banjar.

Pas nyampe tempatnya, banyak akamsi lagi main bola di halamannya. Beberapa foto yang aku lihat tuh, kebanyakan foto disitu. Rumah banjar-nya sendiri ketutup gitu. Mau foto disitu juga kayak orang-orang, tapi ya ga mungkin ngusurin mereka lagi main bola kan. Jadi sempat mikir, ya udah aku ga ada foto disitu kayak orang-orang.

Tapi Razma ngetuk-ngetuk pintu rumah banjar-nya, dibukain sama acil-nya dan dipersilahkan masuk. Dalamnya yaallah nyaman banget, asli..ga kedengeran itu suara akamsi lagi teriak-teriak main bola. Kayak ada di tempat berbeda aja.

Ukiran di pintu-nya cantiiiiiikkkkk luar biasa. Benda-benda peninggalan di dalamnya, tempat tidurnya, bahkan kami dipersilahkan masuk ke ruang pingit. Sumpah, aku suka banget tempatnya. Nyaman banget. Mana dari samping rumah bisa menikmati langit yang sore itu bagus bangetttt. Tapi aku bukan pengen di pingit ya. Suka aja sama konsep tempatnya.

Oh iya, tidak ada tiket masuk kalau ke tempat ini. Tapiii.. ada sudut rumah yang dijadikan tempat jualan barang-barang khas banjar disini. Jadi, setidaknya beli ya. Udahlah ganggu acil-nya, ga beli lagi. Jadi usahakan kalau kesini juga, beli ya. Meskipun cuma barang kecil, hitung-hitung buat melestarikan tempatnya.

Setelah puas keliling-keliling rumah banjar, kami bergegas pindah menuju Danau Seran. Sepanjang jalan, langitnya baguuuuusss banget. Untung Razma nih ngerti, jadi pas di Bundaran Trikora, dimana langitnya lagi luar biasa cantik berpadu dengan lampu-lampu di Tugu Trikora-nya, dia berhentiin motornya. Ngapain? Ya fotolah.

Meski cuma foto bentar kemudian lanjut lagi ke Danau Seran, ku merasa moodku udah balik bagus banget, meski sampe danau-nya udah gelap. Hehe, ga pake turun langsung balik lagi. Kecewa? Asliiiii ga sama sekali. Aku bahkan udah lupa sama kram perutku, kesel karena siang tadi bisa-bisanya nanjak pake jaket rajut, semua tuh ga ada apa-apanya sama perasaan senengku karena ngelihat sunset cantik banget sepanjang jalan. Apalagi Cuma soal gagal foto di Danau Serannya dan ga bisa ke Museum Lambung Mangkurat. Aku jadi punya alasan buat balik Kalsel lagi kan?

Selanjutnya aku kulineran lagi.. nyobain nasi sop di Warung Soto Banjar Arjuna. Seperti biasa, disini tempat makannya mesti ada sate-nya, jadi kamu bakalan ditanyain pake sate apa ga. Kalau ga suka, ga harus sih, tapi rata-rata kalau makan tuh pake sate. Menu disini banyak, tapi karena aku belum nyobain nasi sop, jadi aku nyobain. Porsinya? Banyaakkk banget. Sudah jelas punyaku tidak habis. Mana sok-sokan pula ditambah sate 10 tusuk, ya makin ga habis lah. Harganya aku ga tahu kalau berapaan, hehe.

Abis makan kami mampir ke tempat kerjanya Hisna. Ngobrolin rencana besok. Besok rencana-nya kami mau ke Waduk Riam Kanan. Naik Kapal. Masa’ ngelihat dari atas terus kan. Jadi harus keliling riam kanan-nya juga. Lumayan lama kami ngobrol disitu, sebelum kami lanjut nyari penginapanku yang dekat bandara.

Sedikit saran, kalau kalian ngikutin jadwalku. Sebaiknya ngambil penginapan di Martapura-nya 3 hari. Biar ga bolak-balik. Aku sampe kasian ke yang ngater jemput aku. Jaraknya jauhhhhhh banget. Mereka sih ga ngeluh, eh tapi ga tahu ding, mungkin ngeluh juga, tapi ga enak sama aku karena udah jauh-jauh datang. Tapi serius, jadwalku itu kacau banget susunan-nya, padahal udah disusun jadwal yang bagus sama Razma. Tapi ya gitu, realita tidak sesuai expektasi. Hehe. Entahr aku masukin jadwalnya di part opini aku ya. Biar kalian ngikutin jadwal yang itu aja, jangan jadwalku.

Lanjut...

Sebelum nyari penginapan, kami masih mampir ngopi dulu. Ini lagi 1 hal yang ga kulakukan sama sekali selama di Kalsel. Ga ada waktu chill buat ngopi. Diatas motor terus, jadi pas ditawarin mau ngopi dulu ga, ya aku dengan senang hati, mau banget. Kebetulan Razma juga suka ngopi.

Kebetulan kami ketemu tempat ngopi yang sepi. Pelayannya cuma 2. Kami berdua sibuk ngobrol sampe salah satu pelayannya matiin lampu di bagian depan. Aku lihat. Ku bilang ke Razma, ini kayaknya kode deh biar kita pulang, udah mau tutup kali. Tapi karena baru jam 9, Razma pikir itu emang mau dimatiin aja lampunya. Lanjut ngobrol lagi. Ada kali 15 menit kemudian, si pelayan tadi narik pintu pagar. Nah loh, kurang kode apa itu kalau dia bakalan tutup.

Ya udahlah ya, akhirnya kami buru-buru bayar dan pergi. Kami masih harus nyari penginapanku yang entah dimana tempatnya.

Setelah dikasih sunset bagus, perut terisi, sempat ngopi juga, ternyata sial-ku masih berlanjut hari ini. Hotel yang kupesan lewat aplikasi Reddoorz itu ga ada. Jangankan kamarnya. Gedungnya pun tak ada. Kami 2 kali ngelewatin tempatnya, bahkan sempat nanya orang, ga ada yang tahu, padahal aku pesannya di aplikasi resminya Reddoorz. Namanya Reddoorz near Syamsudin Noor 4. Harusnya sih aku udah curiga dari awal, kenapa ada yang ke-4, tapi ga ada yang ke-3. Tapi ya, gitu... waktu itu aku mesennya pas sambil makan siang. Ya random gitu jadi milihnya. hehe

Razma sendiri masih pengen nyari. Penasaran dia dimana letak hotelnya. Mana aku booking dan udah bayar buat 2 malam juga kan, tapi asli... aku-nya udah capek, juga ngerasa sampai kapanpun nyari. Hotel itu ga bakalan pernah ada. Jadi aku minta ke dia nyari yang paling dekat aja. Itupun masih sempat-sempatnya nyari perbandingan harga. Dasar backpacker. Di situasi kayak gitu masih bisa nyari yang murah. Ga ingat yang nganterin harus nempuh perjalanan jauh lagi buat balik ke rumah.

Akhirnya aku ketemu hotelnya. Namanya Wwnny Angkasa Hotel lumayan Rp 200.000,-/ malamnya, ga sama sarapan. Kalau mau yang sama sarapan bisa, harganya Rp 250.000,-.Aku sih ga masalah, toh aku bisa sarapan pake roti dan beli susu kalengan. Aku cuma butuh rebahan malam ini. Hari ini energiku terkuras sangaattttt banyak.

Setelah menerima kunci, dan berterima kasih karena udah merepotkan Razma seharian ini, aku langsung menuju ke kamarku dan tidur. Itu adalah tidur paling nyenyakku selama di Banjarmasin.