iklan

Selasa, 16 Mei 2023

Solo Backpacker ke Singapura #2

Mari kita lanjutkan cerita backpackeran ke Singapura-ku.

Jam 8 aku udah keluar hostel. Siap menjelajah Singapura. Kenapa masih pagi banget, karena selain tidak ada sarapan di hostel, juga karena waktu check outnya cuma sampai jam 11 siang. Beda sama Indonesia yang jam 12. Check in-nya juga beda sejam. Di Indonesia jam 2pm, disini jam 3pm.

Karena masih jam 8 pagi, jadi kawasan dekat hostel itu masih sepi. Padahal itu daerah turis. Tapi bukankah itu justru lebih baik, aku bisa bebas nyari spot foto.

Tempat pertama yang aku datangi adalah haji lane. Dekaaattt sekali dari penginapanku, sekitar 2-3 menit aja jalan kaki. Dan, pas toko-toko belum buka. Sepi? Tidak juga. Ada banyak turis disini. Tapi tidak padat. Masih enak buat foto. Haji lane tuh kayak kawasan pertokoan gitu. Ada banyak yang dijual, malah aku sempat lihat ada toko yang di etalase-nya kebaya. Mana cantik-cantik banget itu kebaya.

Tempat selanjutnya yang aku datangi adalah mesjid sultan. Aku tidak bisa masuk karena kondisiku tidak memungkinkan, jadi aku sarapan roti yang ku bawa dari pekanbaru di depan masjid.

Selanjutnya aku pindah ke Malay Heritage Centre. Tapi tempatnya tutup. Foto di depannya aja. Tapi satu yang baru ku sadari, foto dari depan Malay Heritage centre ini adalah spot paling ciamik untuk ngambil Mesjid Sultan. Tapi kudu rebutan sama semua turis. Aku malah lebih lama lagi karena ada yang syuting.

Ada bapak-bapak yang menawarkan untuk fotoin aku. Istrinya orang Jakarta, dan dia ngomong pake bahasa Indonesia fasih denganku. Padahal tampilannya arab banget. Dia merhatiin aku yang sibuk pasang tripod. Bolak balik ngecek hasil foto, kehalang orang lain yang sama rombongannya, malah sampe ada mobil makanan resto minang yang memang pas didepan situ. Ya namanya juga, solo ya pak. Itu udah jadi resiko. Dulu malah lebih parah lagi, harus pake timer. Sekarang udah ada remote-nya, jadi aman.

Selesai dapat foto disitu. Baliklah aku ke hostel. Beresin tempat tidurku, balikin semua barangnya ke locker, dan nge-wa nomer hostelnya, ngasih tahu kalo aku dah check out.

Karena hostelnya ga ada orang sama sekali, aku jadi ga bisa nitip backpack-ku buat makan bentar di depan masjid sultan. Jadi, siang itu, ku bawalah semua barang bawaanku, nyari makan.

Karena tadi pagi aku udah makan roti, dan aku orang Indonesia, yang minimal sehari sekali harus ketemu nasi. Pesanlah aku nasi goreng ayam dan es teh. Porsinya lumayan. Begitu bayar, aku langsung menangis dalam hati. Totalnya S$ 10,8. Yaallah, kalau pake kurs, aku makan nasi goreng sama teh aja seratus ribu lebih. Mana ga aku habiskan lagi nasinya. Makin menyesal-lah aku.

Harusnya aku berlama-lama di tempat makan tuh, seandainya ada tempat nge-charger. Masalahnya ga ada. Sementara batrei hp-ku sudah berkurang lebih dari setengah, ya gimana, dari jam 7 udah dipake kok. Jadi aku mikirnya, ya udah aku kan mau pindah hostel. Belum nyasarnya, dan lain-lain sebagainya. Nunggu di hostelnya ajalah kalau mau ngecharger lagi. Meski check in-nya baru bisa jam 3.

Setelah nyasar-nyasar nyari halte bus yang pas. Aku tiba di halte Bout Quay, tepat ketika batrei hp-ku sisa 3%. Hostel yang kedua ini. Letaknya pas sebelahan banget sama halte bus Bout Quay. Belakang halte tuh hotel yang ada finding machine jus Australia, sebelah kanannya 7 Eleven, nah sebelah kanannya sevel itu udah hostelnya.

Aku langsung proses check in, meskipun bilangnya baru bisa masuk jam 3. Iya gak apa-apa. Kebetulan lobby-nya tuh ada 4 meja, dan tiap meja, ada colokan listriknya. Aku terselamatkan. Jadi aku bisa nunggu waktu check in sambil nge-charger. Karena sorenya kan aku mau keluar lagi.

Jam setengah 3-an aku udah bisa dikasih kunci locker. Aku dapat lantai 1 lagi, tapi tempat tidur atas. Selain harga per malamnya jauh lebih murah, hostel ini terasa lebih nyaman daripada yang pertama. Juga hostel ini include breakfast. Yaallah aku bisa hemat S$20 untuk 2 kali sarapan.

Oh iya, hostelnya kebetulan aku dapatnya dengan harga dua ratus ribu sekian. Aku bayarnya Rp 595.452,- Sepertinya sudah kuceritakan di tulisan sebelumnya. Nama hostelnya 7 wonder. Aku di 7 wonder bout quay. Soalnya ada beberapa 7 wonder.

Disini ada penjaganya, malah mereka stand bye sampai jam 2 malam. Kalau aku ke Singapura lagi, kayaknya aku prepare nginep sini lagi. Meski ya konsepnya masih mixed dorm ya. Tapi better lah.

Oh iya, disini ga disediakan handuk. Di hostel sebelumnya juga tidak. Tapi kalau kamu mau pake handuk hostel ada biaya-nya S$2,00. Ada deposit S$10,00 kalau kamu mau pake locker, tapi kalau ga, ya tidak perlu bayar. Aku akan menyarankan untuk minta kamar bawah kalau nginep sini juga. PR banget kalau harus naik turun tangga itu ternyata.

Lanjut...

Batrei sudah terisi kembali, aku juga udah beberes. Udah ngisi botol airku. Harga 1 botol air soalnya S$ 1,50 – S$ 2,00. Yaallah kurs. Tapi kalau kamu mau hemat, bisa beli air di resepsionis hotel, ambil yang ukuran 1,5L aja, Cuma S$2,00. Atau kalau mau lebih hemat bin gratis, pastikan kamu bawa botol air, dan tinggal di tap aja di dekat resepsionis. Gratis. Dan emang air minum kok.

Tujuanku adalah Pulau Sentosa. Dari halte Bout Quay, menuju halte VivoCity. Masuk ke dalam mall-nya, lantai 3, kemudian naik kareta ke Pulau sentosa-nya. Kartu transport tidak berlaku disini, kecuali ada saldonya. Jadi kamu harus beli tiket sekali pake dengan harga S$4,00. Ada 3 pemberhentian disini. Tapi aku pergi paling jauh dulu. Ke pantai.

Jujur aja, aku ga terlalu suka pantainya. Biasa aja pantainya, meski banyak yang mandi, dan bersantai disini. Aku ga begitu lama disini. Naik kereta lagi menuju Universal Studio. Iya, Universal Studio itu ada di pulau ini. Aku tidak masuk ke Universalnya, Cuma foto di bola dunia-nya itu. Terus nunggu sunset, tapi tak kunjung ketemu.

Begitu langit mulai gelap, aku balik ke VivoCity lagi. Tujuannya adalah... aku penasaran sama perpustakaannya. Di mall ada perpustakaan. Keren banget. Tapi dasar aku manusia tidak tahu baca arah, aku ya nyasar dulu di dalam mall, sampai akhirnya ketemu si perpustakaan, setengah jam sebelum waktunya tutup.

Aku ga gitu lama disini, ngelihat koleksi buku-bukunya aja. Terus pulang. Pulangnya hujan. Nyasar dulu. Kemudian kelaparan dan akhirnya beli burger di sevel sebelah hostel. Tenang aja, aku memastikan apapun yang aku beli ada logo halalnya. Dan harganya Cuma S$ 3,4. Porsinya cukup besar juga. Jadi aku kenyang-kenyang saja makan burger ini.

Perut sudah kenyang. Hati senang karena puas jalan-jalan seharian. Mari istirahat untuk jalan-jalan besok. Aku mau explore yang dekat hostel.