iklan

Senin, 15 Mei 2023

Solo backpacker ke Singapura

Baiklah.. mari kita lanjutkan cerita backpackeranku.

Seperti sudah di spill di akhir blog soal sehari di pekanbaru. Aku memang melanjutkan perjalananku menuju Singapura. Sejak awal tahun emang aku ada rencana ke Singapura, tapi mengingat Tri nikah, jadi ku tahan-tahan nih. Takutnya pas aku udah beli tiket ke Singapura-nya, dia ngabarin tanggal nikahnya.

Jadi aku rencana awalnya gini, Tri kan di Pekanbaru. Pekanbaru tuh dekat batam, nah nanti dari batam aku nyebrang ke Singapura terus balik. Aku sampe udah nyari rekomendasi hotel murah dan harus kemana aja selama di Batam. Tapi entah ada moment apa, aku tiba-tiba ngecek aja harga tiket dari Pekanbaru langsung ke Singapura. Allahuakbar... ada, dan Cuma Rp 489.000,- (Empat ratus delapan puluh ribu rupiah), pokoknya ga pake mikir langsung booking. Terlupakan udah soal Batam itu.

Sejak itu aku mulai nyari-nyari info tentang singapura nih. Mulai dari penginapannya, makannya dan segala macam perintilan tentang Singapura, dan yang pasti yang harus harganya murah. Aku mulai booking satu persatu.

Aku rencananya 4 hari 3 malam di Singapura. Jadi harus booking kamar untuk 3 hari. Yaallah, rate-nya membuatku ingin menangis. Sekelas hostel aja paling murah tuh sekitar Rp 300.000,-. Hostel loh. Bukan hotel. Itu rate segitu udah dapat hotel lumayan aku. Tapi dengan kesabaran tingkat tinggi, tiap hari bolak-balik ngebuka Traveloka, aku dapat Rp 595.452 untuk dua malam. Tapi ini besoknya setelah aku nyampe Singapura. Lah yang pas nyampe, apa kabarnya.

Masih ku sabar-sabarin tuh bolak-balik ngecek di Traveloka. Di hostel yang sama yang aku booking, harganya udah 600 ribuan, jiwa backpackeranku sungguh tidak bisa menerima harga itu. Jadi aku mikir, nyari yang lain ah. Nah ketemulah di Beary Best Hostel Kampung Glam. Dari foto-fotonya sih lumayan, ada tirai penutup meski konsepnya mixed dorm. Yang lain aku lihat ada yang murah, tapi tidak ada tirai-nya. Mana aku bisa tidur dengan kondisi gitu.

Oke kita lanjut dulu sebelum ngomongin soal si hostelnya ini.

Aku berangkat dari Pekanbaru jam 6pm, tiba jam 8pm. Sejam aja penerbangannya, tapi karena waktunya mirip Gorontalo, jadi jam tanganku berfungsi sebagaimana mestinya.

Jam 8 malam landing. Nah, setelah aku ulik-ulik, si Beary Best Hostel itu waktu check in-nya mulai jam 3 sore sampe jam 9 malam. Kalau mau late check in, kabarin pihak hotelnya via Whatsapp sehari sebelum kedatangan. Aku kabarin kan hostelnya, aku mikirnya bisa jadi aku baru nyampe jam 11 malam. Sejam di imigrasi, perjalanan ke hostelnya sejam, dan sejam lagi aku nyasar nyari hostelnya. Aku emang tidak seahli itu dalam membaca peta. Tidak mungkin aku tidak nyasar dulu.

Jam 3 sore hari kedatanganku, aku diinfoin password pintu masuk. Aku ada di ruangan mana, kasur nomer berapa, dan password loker. Aman berarti.

FYI, aku ga beli kartu singapura. Aku beli paket rooaming. Seratus ribu rupiah dapat 100GB untuk 7 hari.

Nah sampai nih di bandara Changi. 3 hari sebelum kedatanganku, aku udah ngisi form di aplikasi MyICA. Ini wajib ngisi ya kalau kamu ke Singapura. Tapi ga harus 3 hari sebelum kedatangan kok, soalnya pas aku mau ngantri di imigrasi. Banyak yang belum ngisi dan baru mulai ngisi disitu. Siapin aja passport kalian.

Aku ngasih waktu sejam di imigrasi kan. Ternyata ga nyampe setengah jam, karena banyak petugasnya, dan tinggal scan aja passport kita. Tidak ada lagi kegiatan tanya jawab, bahkan nge-cap passport. Ini bolak-balik kalian masuk keluar Singapura, passport kalian ga bakalan ada cap-nya.

Udah nih, udah keluar imigrasi. Waktunya beli kartu transport. Pas depan pintu keluar kedatangan terminal 3, itu udah ada yang jualan kartu transport sama kartu SIM seandainya kamu mau beli kartu. Aku udah ngantri. Tapi 2 kali aku disalip antriannya. Bapak yang jualan, sadar aku di salip. Dia nyuruh aku duluan, karena aku yang udah antri, tapi karena aku merasa tidak terburu-buru, jadi aku mempersilahkan mereka duluan.

Tibalah giliranku. Aku beli kartu transport untuk 3 hari. Harganya S$48. Pas ngasih kartunya, bapaknya ngasih aku tas kecil dan beberapa kartu pos. Dia bilangnya itu gratis karena aku mau nunggu dengan sabar. Entah beneran dikasih untukku atau emang bawaannya.

Malam itu, aku tiba-tiba harus paham jalur MRT dan LRT. Disinilah internet sangat berguna. Untung udah paketan aku. Karena hostelku ada di daerah dekat bugis street. Jadi dari Changi, aku turun di tanah merah. Di tanah merah pindah peron, lalu turun di stasiun bugis. Ini prosesnya lancar. Nah, selanjutnya nyari hostelnya yang jadi masalah. Sebagai orang yang buta membaca arah. Aku bisa ketemu hostelnya kurang dari setengah jam tuh luar biasa Alhamdulillah masyaallah allahuakbar sekali, aku pengen sujud syukur. Aku ketemu hostelnya jam setengah 10pm. Lebih cepat satu setengah jam dari perkiraanku.

Masuk ke hostelnya. Kamarku itu ada di ruangan lantai 1. Langsung buka loker karena seprei,badcover,juga bantal ada di dalam locker. Emang konsep hostel ini self service. Jadi kamu ga akan ketemu penjaga-nya.

Setelah beres-beres dan bebersih. Aku naik ke rooftop, sekalian makan malam. Aku bawa makanan dari Pekanbaru. Besok siang aja baru nyari makan, karena aku juga bawa roti buat sarapan besok pagi. Hostel ini selain self service, juga tidak termasuk sarapan. Harganya lumayan banget kan untuk fasilitas yang ditawarkan. Tapi... pemandangan dari rooftopnya bolehlah, cukup menyenangkan hati.

Habis makan, duduk santai sebentar, kemudian aku turun. Menyetel alarm. Aku siap menjelajah Singapura besok, juga pindah penginapan.