iklan

Rabu, 17 Mei 2023

Solo Backpacker ke Singapura #3

Hari ke-3 di Singapura.

Tidak seperti kemarin yang aku bawa roti dari Indonesia, hari ini aku sarapan dulu di hostel. Sarapannya roti dan sereal. Cukup-cukup aja buat aku yang biasanya skip sarapan ini.  Setelah mengisi air di botol air-ku, akupun mulai jalan kaki.

Ya, jalan kaki. Aku ga pake bus, karena emang mau explore daerah bout quay yang dekat dengan Singapura river. Kebetulan itu hari minggu, jadi banyak yang olahraga, mana pada pamer roti sobek-nya lagi.

Sekalian melewati sungai, aku menuju marlion park. Landmark-nya Singapura. Seperti kejadian kemarin di Masjid Sultan, aku kesusahan foto sendiri sampai aku menemukan spot yang enak banget. Duduk dan ga diganggu sama turis yang lain. Puas banget aku foto disitu.

Beres foto, aku pindah ke dekat Esplanade. Ituloh yang bentuk bangunannya kayak durian. Disini juga enak banget buat foto. Dari sini kelihatan sih Singapore Flyer-nya, tapi nanti sore aja sekalian aku mau lihat lampu di Garden by the bay.

Karena masih siang, aku mau ke Orchard Road. Mau nyari es krim Singapura itu. Nah, berdasarkan maps, aku tuh harus ke halte Esplanade, masalahnya adalah aku entah udah di halte mana. Yaallah, ga mungkin banget aku ga nyasar. Ternyata halte-nya itu di belakang banget gedung Esplanade ini. Di samping soalnya ada halte juga.

Pemandangan dari halte Esplanade

Dari situ aku ke Orchard road. Sempat ngelewatin Singapura National Museum, dan mikir, entar sore aku kesitu ah. Tapi sekarang aku mau nyari es krim-nya dulu.

Pas aku ketemu gerobak es krimnya masih persiapan buka gitu. Jadi kutungguin buka dulu. Dan agak kaget sama harganya, ku pikir $1,00 aja, ternyata $1,50. Setara sebotol air mineral ya ternyata. Aku milih yang rasa cokelat. Enak juga ternyata, pantesan aja terkenal.

Abis minum es krim aku sempat lihat ada petunjuk ke Mesjid Al-Fallah. Kan aku penasaran, jadi aku kesana. Masjidnya bagus. Tapi aku ga sempat foto. Malu sama yang lagi ibadah.

Karena masih siang, dan ada di Orchard Road, aku sekalian belanja oleh-oleh di Lucky Plaza. Aku memilih beberapa cokelat dan gantungan kunci. Harganya sih masuk akal. Semisal kamu mau borong boleh banget.

Harusnya sih belanja oleh-olehnya di Mustafa Centre. Tapi karena aku ada di daerah ini. Sekalian aja. Masih ada banyak tempat yang harus ku datangi soalnya.

Abis belanja oleh-oleh. Pulang aku ke hostel. Ngecharger hp, mandi, sekalian ngisi botol air-ku lagi.

Seperti yang udah kupikirkan tadi pas lewat mau ke Orchard Road. Aku ke Singapura Museum Centre. Tapi aku ke daerah China Town dulu. Jalan kaki. Dari China Town-nya baru naik bus ke SMU.

Di depannya ada pertunjukan seni gratis, sempat ku dengar mereka nyanyi burung kakak tua. Aku langsung masuk ke dalam museum, dan mundur perlahan karena ternyata museumnya tidak gratis. Bayar lebih dari $10,00.

Aku mau nyari yang gratis-gratis aja untuk liburan ini. Kalau ada yang berbayar, nanti aja kalau aku punya rezeki datang lagi ke Singapura. Jadi aku langsung pindah tempat. Ke Garden By the Bay.

Pas aku disini, udah mau sunset. Aku langsung mikir, kamera hp-ku tuh ga gitu bagus kalau malam. Jadi aku harus buru-buru. Pas nyampe spot foto yang menurut aku bagus, mau siap-siap pasang tripod. Ada mbak-mbak yang minta tolong foto. Ku ladenin, sampe udah hampir gelap.

Dia menawarkan untuk fotoin aku karena ga enak mungkin daritadi fotoin dia mulu. Tapi sekali lagi aku menolak seperti ke bapak-bapak di depan Mesjid Sultan, aku pake tripodku aja. Yah, not bad lah fotonya. Meski aku yakin kalau masih agak terangan, fotonya bisa lebih bagus lagi.

Pas langit mulai gelap, aku bersiap untuk ngelihat pertunjukan lampu dari Garden by the bay-nya. Gratis ya. Setengah 8-an pertunjukannya udah berlangsung. Kayaknya sih udah daritadi, aku ga gitu ngerti waktunya.

Dari Garden By The Bay aku kembali ke daerah hostelku yang pertama. Aku penasaran sama dalamnya Mesjid Sultan. Mumpung aku udah bisa masuk mesjid, jadi aku kembali kesana. Mesjidnya 2 lantai. Lantai 1 untuk jamaah cowok, dan lantai 2 untuk jamaah cewek. Aku tidak foto juga, karena kebetulan pas aku nyampe, pas masuk waktu Isya. Jadi lagi pada sholat berjamaah.

Beres urusan di Mesjid Sultan. Aku kembali ke hostel. Ga makan dulu disitu, karena tiba-tiba aku pengen makan mie instan. Jadilah aku beli mie instan di sevel sebelah hostel. Aku lupa berapa harganya tapi waktu itu aku beli mie instan sama susu pisang. Aku bayar S$ 4,70.

Porsi mie instannya banyak banget. Sampe capek ngunyah aku. Habis makan, balik aku ke hostel. Bersih-bersih dan Packing lagi. Aku mau pindah lagi.