iklan

Rabu, 28 Juni 2023

AlaFit: Sehari di Malaysia

Sebenarnya hari ini aku pindah ke Malaysia. Karena pesawatku balik ke Manado tuh dari Malaysia, tapi nanti aku balik Singapura lagi karena transit di Singapura, makanya aku belum ke Jewel. Lah kemarin aku nyampenya udah malam juga, mau buru-buru nyampe penginapan aja, mana sempat ke Jewel.

Oke lanjut..

Setelah sarapan, aku langsung check out dan menuju Golden Mile Tower. Aku nanti rencananya naik bus ke Malaysia-nya. Tiketnya bisa beli online, tapi berhubung aku takutnya nyasar lagi nyari lokasi Golden Mile Tower ini, jadi aku mending beli on the spot aja.

Inget kan kalau aku kemarin beli kartu transportnya Cuma untuk 3 hari. Jadinya aku harus top up kartu-ku biar bisa dipake ke Golden Mile Towernya. Aku nyoba di sevel sebelah hotel, katanya harus di stasiun. Ya udah, akhirnya aku ke stasiun buat top up doang, terus naik bus ke Opp St. John HQ.

Udah nih, udah turun di halte. Nanya-nanya dong aku, ini tuh Golden Mile Towernya dimana. Aku beberapa kali nanya petugas yang bersih-bersih, jawabnya ga tahu-lah, baru disinilah, yang paling top adalah jawabannya Golden Mile Tower tuh udah di tutup. Mampus.. aku ke Malaysia-nya gimana ceritanya.

Akhirnya aku mikir, itu ada jembatan penyeberangannya kan. Aku mau lihat dari atas aja, kali aja kelihatan gitu terminalnya, banyak bus-bus gitu kan pasti. Dan ternyata... aku udah depan-depanan sama Golden Mile Tower dari tadi. Tinggal nyebrang aja di jembatan penyeberangan itu dan nyampe.

Apakah aku lihat karena ada banyak bus? Tidak saudara-saudara... aku lihat nama restoran, Golden Mile Thien Kee Steamboat Restaurant.

Nah, di depan tuh banyak orang nunggu emang, bawa koper, tapi ga ada bus-bus gitu. Ga kayak terminal yang aku bayangkan, atau terminal yang aku tahu. Masuk aku ke dalam gedung kan, banyak tempat yang tutup, tapi ada satu yang rame. Nah, disitulah aku masuk pesan tiket. Harganya 35,00 SGD. Nanti dikasih tahu kursinya nomer berapa, terus plat nomer bus-nya.

Ah sebelum itu, ditanyain juga aku mau turun dimana. Aku memilih turun di Times Square. Kalau di TBS, jauh lagi ke penginapanku.

Tiket udah di tangan, saatnya nunggu bus-nya. Pas datang, langsung naik, nyari tempat dudukku. Bus berangkat. Ga berapa lama berselang, disuruh turun, di imigrasi. Lumayan lama juga disini, ngantri soalnya. Terus naik ke bus lagi. Jadi sebaiknya inget ya, plat bus-nya. aku ga foto suasananya, karena ya buat apa juga difoto. hehe.

Udah keluar dari Singapura, seketika paket internterku ga berfungsi. Aku emang Cuma beli yang buat singapura 7 hari kan, juga mikir, ah Malaysia ini. Aku udah pernah juga, ga usahlah beli paket internter, Cuma sehari ini, toh tujuannya Cuma mau ke Batu Caves sama KLCC doang. Bisalah aku tanpa bantuan internet.

Ternyata Singapura-Malaysia itu lumayan jauh juga. Sekitar 6 jam.

Ah iya, kamu akan turun sekali lagi buat cek di imigrasi pas mau masuk Malaysia. Disini prosesnya beneran lama. Karena masih manual, ditanyain petugasnya, ga kayak di Singapura yang tinggal scan aja. Tapi aku suka, karena passportku akhirnya nambah cap juga.

Satu kesalahanku yang akhirnya aku sesali, padahal tuh di perbatasan ini, ada money charger. Aku mikirnya ntar ajalah nuker duitnya di pasar seni aja. Toh aku masih ada sekitar 7 ringgit. Cukuplah Cuma buat transport.

Begitu nyampe di TSB. Aku langsung nyari stasiun RapidKL. Ada yang dekat situ. Stasiun Imbi namanya. Beli tiket di mesin. Sendiri. Karena aku udah pernah, dan tujuanku ke KL Sentral. Lumayan paham lah aku soal ini. Masih aman ga perlu internet dan banyak uang. Toh hotel di dekat KL Sentral juga udah ku bayar. Uang sisa jalan-jalanku dulu masih bisa dipake.

Kereta datang, naik, kemudian turun di KL sentral. Aku langsung turun, keluar, dan nyari penginapanku. Begitu nyampe penginapanku, aku harus deposit 50,00 RM dan bayar biaya turis sebesar 10,00 RM. Mereka ga nerima pembayaran pake kartu, jadi aku harus balik lagi nyari atm. Ga ada money charger dekat-dekat situ.

Setelah urusan check in selesai, aku langsung naik ke kamarku. Anw, aku suka kamar-nya. Akhirnya aku dapat kamar privat, setelah 3 hari berturut-turut nginep di dorm. Akhirnya aku bisa sendiri. Harganya jauh lebih murah lagi daripada yang aku bayarkan untuk dorm pas di Singapura. Emang paling enak ke Malaysia aja deh kayaknya kalau ke luar negeri.

Setelah beres-beres, keluarlah aku. Balik ke KL sentral lagi, menuju Batu Caves. Masih mengandalkan diri sendiri dan ingatan 7 tahun yang lalu. Sumpah, kalau dipikir-pikir aku kok PD banget sih.

Eng ing eng.. Nah kan, ingetanku itu sudah sangat lawas, ke batu caves tuh ga bisa langsung masukin duit di mesin sama kayak yang aku inget, harus beli kartu. Beli lah aku tujuan batu caves sekali jalan. Ini aku kenapa ya? Kok bisa koneng banget hari itu.

Oh iya, harga ratunya 5,00 RM, sedangkan sekali jalannya 3,00 RM. Jadi kalau beli yang buat pulang pergi 11 RM aja. Katunya bisa di top up di stasiun, ini aku tahu belakangan karena ke sotoy-anku beli sekali jalan itu, terus ga bisa di scan lagi di pintu masuk. Sungguh pintar sekali kamu,fit.

Dan kartunya tuh ga sefungsional kartu transport di Singapura. Ini cuma bisa dipake untuk satu moda transport aja. itupun komuter aja. Monoral ga bisa. Kayaknya sih ga bisa, aku masih masukin duit cash kalau pas naik rapidKL.

Udah beli tiket, ke peron-nya lah aku. Tap.. nunggu kereta datang dan ke Batu Caves aku akhirnya. Aku mikirnya, di Batu Cavesnya setengah jam aja. Toh aku udah pernah sampai atasnya. Jam setengah 6 aku harus pindah ke KLCC. Biar masih dapat sunset, terus malamnya aku ke pasar seni, sekalian makan dan cari oleh-oleh disitu. Duitku udah ga perlu ditukar, toh aku udah ngambil di ATM. Duitnya entar aku setor tunai begitu nyampe Indonesia.

Udah nih, asyik foto-foto bikin konten, senang sama bangga, karena udah sampai sini lagi, ga pake internet pula. Bangga dong hamba. Tapi, sekali lagi, kayaknya ini memang hari tersial di hidupku. Aku harus inget hari ini, jangan pernah nyepelein paket data di luar negeri, kamu akan sangat butuh nyari info di Google. Asli!.

Jam 6-an, aku balik ke stasiun. Dan saudara-saudara, kereta-nya baru ada lagi jam 8 malam. Sumpah, mau nangis aku. Aku mau ngapain disini 2 jam. Yaallah. Akhirnya aku balik lagi ke Batu Caves-nya, mau ke atasnya tapi kok setengah hati. Jadi ga dilanjut, terus balik ke stasiun lagi jam 7. Itu aja masih sejam. Udahlah, jadinya aku nungguin bener-bener itu kereta.

Selama 3 hari yang lalu aku terbiasa dengan transportasi umum di Singapura yang selalu ada. banyak pilihan. aku lupa kalau aku sudah beda negara.

Nah, udah jam 8 malam kan. Aku masih yang sok sokan ga mau hidupin paket data. Balik lagi ke KL Sentral. Pindah tempat menuju KLCC. Aku masih mikir, yang udah sampai jam 9 aku di KLCC, cukuplah sejam perjalanan sama foto-foto di menara kembarnya itu. Trus ke Pasar Seni.

Udahlah ya, namanya juga fitri. Jam 9, aku baru ketemu menara kembarnya setelah muter-muter-muter sampe pusing di dalam mall. Aku sempat nyoba foto sendiri, tapi ga bagus, karena kamera hp-ku memang tidak sebagus itu kalau malam, dan objek yang bakal diambil kan tinggi banget nih, susah ngatur tripodnya.

Akhirnya pakai jasa tukang foto. Sekali foto 5,00 RM. Aku ditawari 3 kali foto 10,00 RM aja, tapi kan aku Cuma butuh satu. Jadi aku foto sekali aja. Itupun udah bagus banget menurutku hasilnya. Dibanding hasil fotoku sendiri.

Nah, setengah 10-an baru aku keluar dari menara petronasnya dan menuju pasar Seni.. Tau apa yang terjadi? Pasar seni-nya udah tutuppppp.. sepiiiiii bangett banget banget. Jadi, ya udahlah ya, pulang akhirnya aku. Bahkan KL Sentralnya aja udah tutup. Tinggal satpamnya yang masih jaga. Untung aman.

Akhirnya aku makan dekat hotel. Nasi Ayam dan Teh O panas. Seharga 7,00 RM. Aku agak menyesal, kenapa tidak memilih telur saja. Karena aku tidak terlalu suka nasi ayamnya. Sampai ditanyain kasirnya, kok ga diabisin? Ga enak ya? Aku alasan aja udah kenyang.

Aku balik ke penginapan dengan perasaaan yang campur aduk. aku nih bisa ga pake internet ternyata selama di Malaysia, tapiii.. aku jadi banyak buang waktu. besok-besok kalau ke Malaysia lagi, aku harus menghidupkan dataku. entah meskipun hanya sehari. wajib beli.