iklan

Minggu, 14 Mei 2023

Solo Backpacker sehari di Pekanbaru

Hallo again...

Aku baru balik dari liburan 12 hariku. Ini bisa panjang banget liburannya karena kebetulan bertepatan dengan hari raya ketupat dan ada temenku yang nikah di Pekanbaru. Jadi, mari kita skip soal hari raya ketupat dan nikahan temenku ini.

Ah sebentar, harus ku informasikan kalau ada yang ingat terakhir kali aku ke Pekanbaru tahun kemarin, emang tujuannya mau ketemu temenku ini kan, tapi karena keburu capek abis jalan-jalan di Padang sama bukittinggi, jadi kami bikin janji kalau dia nikah aja baru kami kesana. Nah ini nikahannya. Gita ga bisa ikut karena ga dapat cuti. Ya udah, aku sendirilah perginya.

Tapi untuk detail cerita tentang nikahan itu, aku ceritakan belakangan aja ya. Aku mulai ceritanya sejak balik dari rumah temenku, dan nginep kembali di kota Pekanbaru.

Dengan pengalaman backpacker tahun kemarin, setidaknya aku sudah agak mengerti kemana aku harus pergi. Tapi.. kali ini aku ga ngambil Amaris lagi kayak kemarin, aku nginep di Cordex Oase Hotel. Harga per malamnya Rp 180.000,- (seratus delapan puluh ribu rupiah) kalau dibayar langsung di hotelnya, kalau di aplikasi traveloka, hampir mirip, Cuma ada angka unik di belakangnya aja.

Aku tahu ini karena aku pas nyampe Pekanbaru-nya langsung menuju sini, tapi udah aku booking duluan via traveloka, nah abis balik dari rumah Tri, baru aku bayar langsung. Ada depositnya Rp 100.000,-.

Harga segitu ga sama sarapan. Kalau Amaris kan harganya sedikit lebih mahal tapi udah termasuk sarapan, tapi sebenarnya ini sama sekali bukan masalah sih, ada banyak tempat makan di sekitar Cordex Oase. Jadi, sarapan tidak terlalu mendesak lah. Alasan kenapa aku milih hotel ini, tentu saja selain murah, juga karena hotel ini sejalur sama amaris, dan dekattt sekali dengan Radar. Aku kayaknya suka banget sama nasi goreng dan teh talua-nya. Aku langsung pesan itu pas nyampe soalnya.

Nah, selain soal dekat radar, hotel ini juga dekat dengan kimteng. Inget cerita kemarin aku pas ke kimteng dan tutup kan. Aku penasaran setengah mati sama si kimteng ini.

Tapi..sebelum ke kimteng, aku harus ngirim balik semua perintilan pesta yang aku bawa dari rumah, baju seragam yang di kasih tri, juga snack-snack yang dia bekali. Pergilah aku ke JNE Express, dan rasa-rasanya aku pengen bawa aja itu barang-barang ikut lanjut aku backpacker, karena aku harus bayar Rp 345.000,-. Bukan jumlah yang sedikit memang. Tapi ya sudahlah, aku masih harus lanjut backpacker dan males bawa barang yang ga bakalan aku pake lagi disana.

Habis dari ngirim paket, ke kimteng-lah aku pake gojek. Dan sekali lagi pemirsa...TUTUP. padahal belum ada jam 8 waktu aku kesitu. Kata bapak gojek-nya, kalau pengen tahu buka atau tutup, coba cek dulu pake go food, kalau masih bisa di order berarti masih buka, kalau ga bisa berarti udah tutup. Oke, akan aku coba besok.

Besoknya, karena jadwal penerbanganku baru jam 6 sore. Jadi aku punya rencana, mau ke museum dulu, perpus dulu, check out, terus makan siang sekalian ngecharger di kimteng, nah dari situ baru ke bandara.

Pagi-pagi jam 8-an, aku udah jalan menuju ke museum. Sepiiiiiii, ku pikir, masih pagi kali, enak berarti. Ternyata aku salah saudara-saudara, museumnya tutup tiap hari jumat. Dan aku pas itu kesitu hari jumat. Kata bapak yang jaga di depan, datang besok aja. Yaallah, aku udah ga di Pekanbaru lagi besok, jangankan besok, entar malam aja udah ga.

Ya udah, aku cukup foto di plang namanya, terus pindah ke Perpustakaan Daerah. Sumpahhh ya, perpus-nya bagusss banget, dan lengkap. Aku secara ajaib menemukan rak komik, dan ada 1 komik onepiece. Kayaknya emang jalan hidupku ketemu-ketemu yang beginian. Padahal aku ga nyari loh. Sekedar naik, keliling 1 lantai, eh ketemu. Itu masih ada lantai lagi di atas padahal.

Lumayan lama aku di perpus, karena nyelesain 1 komik itu dulu. Terus balik ke hotel, mau mandi dan check out. Sesuai rencana, aku mau makan di kimteng. Packing lagi, kemudian check out. Uang deposite-nya dibalikin.

Di Lobby hotel, aku ngikutin saran si bapak Gojek semalam. Ngecek Go Food dulu. Mampus... pemesanan di Kimteng baru ada besok jam 7. Yaallah, mau nangis aku. Udah 2 kali ke Pekanbaru, ya masa’ ga bisa nyoba ngopi di kimteng. Terus aku makan dimana. Radar juga belum buka. Jadilah aku nitip tasku dulu di resepsionis, dan makan di sebelah penginapan. Soto Medan. Kalau boleh jujur, aku lebih suka Soto Padang. Harganya Rp 18.000,-, nasinya Rp 3.000,- dan es teh Rp 5.000,-.

Abis makan, aku nyoba ke Kimteng yang ada di mall dekat penginapan. Dan sama aja, tutup juga. Yaallah, udah 3 kali percobaan nih. Udahlah, aku emang ga berjodoh dengan kimteng. Jadi aku balik ke hotel, duduk di lobby, nyari kedai kopi yang lain selain kimteng.

Ketemu Kedai Kopi Laris. Pergilah aku kesitu pake grab. Kedai kopi-nya tuh kedai kopi biasa. Selama aku disini, isinya didominasi bapak-bapak yang pada ngomongin politik. Ya namanya juga kedai kopi ya. Tapi aku suka sekali teh tariknya, enak. Juga roti bakar-nya. Kedua menu itu dibanrol dengan harga Rp 20.000,- (dua puluh ribu rupiah).

Sekitar jam 3-an, aku pesan grab lagi menuju bandara. Ga apa-apalah datang duluan, kan aku mau nuker duit dulu. Kenapa nukar duit? Karena backpackerku selanjutnya adalah Singapura. Aku nukar S$ 150. Waktu itu kurs-nya Rp 11.700,-/ S$.

Selama proses penukaran uang itu, ada nomor baru yang nelpon, tapi aku cuekin, aku lagi ribet juga nih. Sampai aku masuk ke ruang tunggu. Sejam sebelum waktu penerbangan.

Duduk-duduk santai, bikin konten, eh..telpon masuk lagi. Kali ini aku terdorong untuk ngangkat aja, toh udah selow ini. Tahu itu telpon dari mana? Dari CS Grab, ngasih kabar kalau bapak Grab yang aku tumpangin tadi ga bisa keluar bandara, karena tadi pas masuk, pake Brizzy-ku. Yaallah, itu artinya udah 1 jam lebih.

Jadi aku izin ke imigrasinya buat keluar lagi, diizinin, tapi tinggalin paspor-ku. Dan disuruh cepat, karena pas aku izin itu, pesawat yang mau aku tumpangin itu, baru aja mendarat.

Untung aja bandara Sultan Syarif Kasim ini ga gede-gede banget. 2 lantai aja. Jadi aku turun ke bawah, dan bapaknya masih ada di tempat dia nurunin aku tadi. Kami berdua lantas keluar menuju pintu keluar. SIAL.. brizzy-ku ga ada saldo. Balik lagi ke tempat tadi karena ada indomaret, dan SIAL SIAL lagi, ga bisa top up brizzy. Yaallah, pengen nangis aku.

Keluarlah aku dari indomaret dan bilang ke bapaknya, ayo coba keluar, kalau emang harus bayar denda, aku aja yang bayar. Tapi Alhamdulillah ga perlu bayar denda, bayar manual, aku dianterin bapaknya lagi ke dalam, dan aku ngasih semua sisa ovo-ku sebagai tip ke bapaknya yang dah nungguin aku selama sejam lebih.

Aku nih kayaknya tiap kali pergi-pergi, ga mungkin ga ada drama di bandara. Adaaa aja.

Mari kita tutup cerita tentang backpacker ke Pekanbaru ini. Tulisan selanjutnya sudah soal Solo backpacker-ku ke Singapura. Kota ke-26.